Sport
Share this on:

Olahraga Satukan Dua Korea

  • Olahraga Satukan Dua Korea
  • Olahraga Satukan Dua Korea

PYEONGCHANG - Sejarah besar terukir pada opening ceremony Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel), tadi malam. Presiden Korsel Moon Jae-in bersalaman dengan adik perempuan pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang hadir sebagai ketua kontingen.

Beberapa menit menjelang seremoni pembukaan, Moon mendatangi dan menyambut sejumlah pemimpin dunia. Termasuk, Kim Yo-jong dan Presiden Presidium Dewan Rakyat Korut Kim Yong-nam.

Yo-jong adalah anggota dinasti penguasa Korut pertama yang mengunjungi Korsel sejak ''berakhirnya'' Perang Korea pada 1953. Bahkan, beberapa bulan lalu peristiwa seperti ini sama sekali tidak pernah terbayangkan.

Dua tokoh dari negara yang masih berseteru tersebut duduk berdekatan dan menyaksikan para atlet berbaris bersama di bawah naungan bendera unifikasi. Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, yang sangat vokal mengkritik kehadiran kontingen Korut, berdiri tak sampai tiga meter dari para pemimpin dua Korea.

Pada permukaan bendera unifikasi Korea ditampilkan siluet gambar semenanjung dan pulau-pulau teluar. Ini bukan kali pertama kontingen dari dua Korea disatukan dalam sebuah event. Yang pertama terjadi pada Kejuaraan Dunia Tenis Meja pada 1991. Kemudian, pada Olimpiade Musim Dingin di Turin, Italia, pada 2006.

''Ini adalah momen yang sudah kita tunggu-tunggu: Olimpiade di atas salju dan es pertama di Republik Korea. Ini adalah momen di mana komite penyelenggara, otoritas publik, dan begitu banyak pihak bekerja dengan dedikasi dan komitmen luar biasa. Anda akan sangat bangga malam ini. Sekarang saatnya untuk Pyeongchang,'' kata Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dalam sambutannya.

Pada akhir segmen pagelaran seni bertajuk “Damai Dalam Gerak”, lima bocah membawa lilin perdamaian berjalan di tengah alunan tembang legendaris Imagine karya John Lennon. Seperti digambarkan dalam susunan acara, sinar lilin menyimbolkan harapan yang disebarkan dari satu orang kepada lainnya.

Ketika kehangatan dari lilin itu memenuhi panggung, semua orang menjadi satu dan bernyanyi bersama. Berharap dan berdoa untuk perdamaian, lima bocah tadi melepaskan merpati ke udara.

Pada puncak seremoni, Kim Yuna, peraih medali emas seluncur es Olimpiade 2010, menerima obor dari sepasang atlet hoki kontingen Korea bersatu. Yuna kemudian menyalakan tungku di puncak tangga stadion. Menandai resminya Olimpiade Musim Dingin 2018 dibuka. Ratusan kembang api menghiasi langit Pyeongchang menjadi gemerlap. Olimpiade Musim Dingin 2018 berlangsung sampai 25 Februari. (cak/ca/jpg)

Berita Sebelumnya

Putri Tantang Jepang, Putra Ladeni Korsel
Putri Tantang Jepang, Putra Ladeni Korsel

Berita Berikutnya

Tak Tertunda karena Komitmen Sponsor
Tak Tertunda karena Komitmen Sponsor

Berita Sejenis

Korsel Dua Level di Atas Indonesia

Korsel Dua Level di Atas Indonesia

Seperti dugaan sebelumnya, center Korea Selatan (Korsel), Ricardo Preston Ratliffe menjadi monster yang menakutkan bagi timnas Indonesia.


Tiket Opening Ceremony Terjual 70 persen

Tiket Opening Ceremony Terjual 70 persen

Hari ini Asian Games sudah memulai geliatnya, melalui cabang olahraga sepak bola.


Filipina Batal Mundur

Filipina Batal Mundur

Filipina berubah pikiran. Setelah sempat menarik diri dari cabang olahraga basket putra Asian Games 2018.


Nasib Ricciardo Ditentukan di Spa

Nasib Ricciardo Ditentukan di Spa

Setelah Mercedes memastikan line up pembalabnya untuk 2019, bursa transfer pembalap top F1 tinggal menyisakan dua tempat.


Kejar Rekor Megah Di Brno

Kejar Rekor Megah Di Brno

Melanjutkan kembali musim balap MotoGP 2018 usai jeda musim panas, dua pembalap penghuni klasemen teratas memasuki satu fase sejarah dalam karir mereka.


Hadapi Lawan Berat di Babak Kedua

Hadapi Lawan Berat di Babak Kedua

Dua tunggal putri Indonesia sukses meraih kemenangan pada hari pertama Kejuaraan Dunia 2018 kemarin.


Hantu Doping Teror Kenya

Hantu Doping Teror Kenya

Pemegang rekor dunia Maraton putri asal Kenya Mary Keitany buka suara terkait kondisi olahraga atletik di negaranya.


Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Meski selalu dibantah, status pembalap nomor dua di sebuah tim Formula 1 nyata adanya.


Jepang Luncurkan Maskot Resmi Olimpiade 2020

Jepang Luncurkan Maskot Resmi Olimpiade 2020

Olimpiade Tokyo 2020 masih dua tahun lagi. Namun, denyut acara olahraga multievent terakbar sejagat tersebut sudah mulai terasa.


Target Realistis dari Dua Nomor

Target Realistis dari Dua Nomor

Performa pebulu tangkis Indonesia terus mendapatkan sorotan menjelang Asian Games.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!