Sport
Share this on:

Paruh Pertama Liga 1, Petaka Kartu Merah sang Top Skor

  • Paruh Pertama Liga 1, Petaka Kartu Merah sang Top Skor
  • Paruh Pertama Liga 1, Petaka Kartu Merah sang Top Skor

JAKARTA - Putaran pertama kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan segera berakhir. Bahkan, sudah ada beberapa peserta yang telah menyelesaikan 17 pertandingan di paruh pertama kompetisi kasta tertinggi di tanah air tersebut.

Melihat dari daftar, Bali United masih memimpin klasemen sementara Liga 1 2019 dengan mengoleksi 40 poin dari 16 pertandingan yang baru dijalaninya. Bali united baru akan menjalani laga terkahirnya di paruh pertama pada 14 September, mengahadapi tuan rumah Bhayangkara FC.

Raihan poin yang didapat oleh Bali Uited cukup jauh meninggalkan Tira-Persikabo yang menguntit di urutan kedua dengan kolek 33 angka. Tim berjuluk Laskar Padjajara itu sendiri sudah menyelesaikan 17 laga di paruh pertama Liga 1 2019.

Peringkat ketiga masih di pegang oleh Madura United yang mengumpulkan 30 poin dari 17 pertandingannya. Poin yang didapat Madura United sendiri tak lepas dari kemenangan yang didapat atas Kalteng Putra, Minggu (1/9) kemarin. Dalam laga tersebut, Madura United berhasil mengalahkan Kalteng Putra dengan skor tipis 2-1.

Persija Jakarta, Barito Putera dan Semen Padang belum beranjak dari zona degradasi klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Tiga tim ini tak terpaut jauh satu sama lain. Semen Padang yang ada di dasar klasemen baru mengumpulkan 11 poin.

Persija yang ada di atasnya saat ini mengumpulkan 14 poin dan Barito Putera menghimpun 15 poin. Di atas Barito tepatnya di peringkat 15 kalsemen sementara diisi oleh Persela Lamongan dengan 15 poin dari 16 pertandingan.

Sedangkan di papan tengah, PSM Makassar ada di posisi delapan klasemen sementara. Persipura Jayapura nangkring satu tingkat di bawahnya dengan 20 poin. Persib Bandung ada di posisi 10 dengan 19 poin yang dikumpulkan hasil 14 laga.

Disisi lain, top skor sementara Liga 1 Indonesia di paruh pertama ini masih di pegang oleh Alex Goncalves degan raihan 15 gol. Bahkan pemain asing itu terakhir mampu mencetak hatt-rick saat timnya menjamu Tira Persikabo di Stadion Surajaya, Minggu (25/8) lalu.

Namun, petaka bagi Goncalves hadir pada pertandingan menhadapi tuan rumah PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (1/9) kemarin, dimana ia harus menerima kartu merah seetelah dianggap melakukan pelanggaran terhadap Abdul Rahman.

Selain Goncalves terkena kartu merah, pada pertandingan tersebut juga Persela menelan kekalahan 1-2 atas tuan rumah, meski sebelumnya mereka sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Rafinha. Akan tetapi, pelatih Persela, Nil Maizar mempertanyakan keputusan wasit Thoriq Alkatiri yang memberi kartu merah kepada penyerang asal Brasil tersebut.

Bahkan, Nil Maizar menilai wasit Alkatiri memberikan keputusan yang keliru. "Seharusnya ada jumpa pers wasit, sehingga dia menjelaskan pertanyaan dari beberapa wartawan. Memang tadi timbul emosional saya karena saya mempertanyakan hal itu (kartu merah Alex)," ungkap Nilmaizar usai pertandingan tersebut.

"Kalau hasil, itu sudah tidak bisa diubah. Tapi cara berpikir wasit hari ini harus saya pertanyakan. Saya pikir wasit ini terlalu pintar memainkan itu, jadi apakah Persela tim kecil sehingga dia semena-mena juga? Perlakuan wasit tidak bagus hari ini," tambah Nil.

Kartu merah yang diterima Alex ini bukanlah yang pertama kalinya diterima, Sebelumnya di laga perdana perdana Liga 1 2019 menghadapi Madura United Mei 2019 lalu. Meski demikian, hingga kini ia masih pemain paling subur pada putaran pertama ini dengan mencetak 15 gol dari 15 pertandingannya.

Hal itu berarti Alex mencetak rataan satu gol setiap pertandingan. Jumlah tersebut cukup baik untuk pemain yang jadi pendatang baru di Liga 1 2019. Sementara itu, daftar pencetak gol terbanyak yang berada di urutan kedua diraih oleh striker asing Persija Jakarta, Marko Simic. Meski, Persija kini terdampar di zona degradasi namun, Simic mampu menorehkan 12 gol dalam 14 laga yang dimainkan bersama tim Macan Kemayoran.

Nama baru yang juga meramaikan papan atas klasemen pencetak gol adalah Ciro Alves. Striker milik Tira Persikabo itu mencetak 11 gol dalam 17 laga bersama skuat asuhan pelatih Rahmad Darmawan itu.

Sedangan di urutan keempat, diraih gelandang Arema FC, Makan Konate dengan jumlah 10 gol. Pemain asal Mali itu hanya unggul satu gol dari Yevhen Bokhashvili (PSS Sleman) dan Ilija Spasojevic (Bali United), yang sama-sama mencetak sembilan gol pada paruh pertama Liga 1 2019. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru
Hadapi Iran, Timnas U19 Tanpa Pemain Baru

Berita Sejenis

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.


Bawa Puilang Piala Suhandinata, Skuat Junior Diguyur Bonus Rp500 Juta

Bawa Puilang Piala Suhandinata, Skuat Junior Diguyur Bonus Rp500 Juta

Ajang Kejuaraan Bulutangkis Junior baru saja berlalu. Namun, cerita Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan tim Merah Putih junior merebut Piala Suhandinata belum


Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Arsenal Mulai Temukan Formulasi Terbaik

Arsenal Mulai Temukan Formulasi Terbaik

Arsenal baru saja menang dengan skor fantastis. Ya, The Gunners (julukan Arsenal) menang 4-0 atas Standard Liege di Emirates Stadium, Jumat (4/10) kemarin.



Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Nada pesimistis meluncur dari mulut Marco Giampaolo, kemarin. Sang juru taktik AC Milan itu mengakui skuatnya hanya membutuhkan waktu untuk kembali pada trek ke


Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan perlawanan yang begitu keras dalam duel kontra unggulan pertama Kento Momota di partai final tunggal putra Victor China Ope


Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!