Sport
Share this on:

Peluang Red Bull-Honda Semakin Besar

  • Peluang Red Bull-Honda Semakin Besar
  • Peluang Red Bull-Honda Semakin Besar

SHANGHAI - Seperti bangun dari tidur panjang Honda tampil mengagetkan di awal musim 2018. Pada seri kedua GP Bahrain Pierre Gasly sukses merebut posisi start kelima dan finis di urutan keempat saat balapan. Hasil tersebut memperbesar peluang pabrikan Jepang tersebut menjadi pemasok mesin bagi Red Bull musim depan.

Sampai saat ini, Red Bull belum memutuskan bakal menggunakan mesin apa musim depan. Padahal, Bos Renault Sport Cyril Abiteboul telah memberikan batas waktu kepada Red Bull untuk segera memutuskan status kerjasama keduanya musim depan.

''Lebih cepat lebih baik. Mei atau paling lambat Juni FIA memberikan deadline bagi pabrikan mesin untuk memastikan tim mana saja yang bakal dipasok,'' ucapnya.

Di Bahrain, kesuksesan Toro-Rosso, yang notabene adalah tim junior Red Bull memang sedikit “terbantu” gagal finisnya Max Verstappen dan Daniel Ricciardo. Yang lebih menyakitkan adalah mobil mesin Renault di mobil RB14 tunggangan Ricciardo mengalami kerusakan energy store. Ini memberikan sinyal bahwa faktor ketahanan mesin masih menjadi masalah di tubuh Red Bull.

Nah, performa bagus dari Toro Rosso membuka peluang bagi Red Bull untuk melirik Honda sebagai pemasok mesin. ''Sebelum kami memutuskan untuk bekerja sama dengan Honda kami yakin (paket mesin) bakal menjadi kompetitif. Itu kami yakini sejak pertama mereka menunjukkan rencana mereka di masa depan,'' terang Penasihat Red Bull Helmut Marko kepada Motorsport.

Yang dimaksud Marko adalah ketika Red Bull menyepakati kerjasama Honda dengan Toro Rosso tahun lalu. Marko juga menegaskan, Red Bull punya sejarah panjang dalam mengambil keputusan berani. Termasuk jika nanti bakal memakai mesin Honda untuk musim depan.

''Anda wartawan pasti tahu kalau kami berani,'' tandasnya. Saat ini, menurutnya, Red Bull masih memerlukan gambaran lebih luas dan menyeluruh tentang potensi mesin Honda.

Di tempat terpisah, Bos Red Bull Christian Horner menyatakan, timnya tidak ingin terburu-buru untuk mengambil keputusan. Menurutnya, deadline setelah jedah musim panas adalah rencana yang sudah dicanangkan sejak awal musim ini.

Bintang Red Bull yang sudah memperpanjang kontrak dua musim Max Verstappen mengatakan, Honda masih belum memberinya keyakinan bahwa mereka bakal tampil konsisten kompetitif musim ini. Apalagi jika mengingat keputusan terkait pemilihan mesin adalah kewenangan tim, bukan pembalap.

Meski begitu, penampilan Gasly langsung menjadi perhatian Verstappen. Terutama saat sesi kualifikasi GP Bahrain. ''Saya rasa paket mesin mereka (Honda) mengalami kemajuan pesat. Saya berdiri di samping Helmut (Marko) saat kualifikasi dan senang melihat Pierre sangat cepat,'' ungkap pembalap Belanda tersebut. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Rombongan Mayweather Ditembaki
Rombongan Mayweather Ditembaki

Berita Berikutnya

Suzuki Buru Tandatangan Lorenzo
Suzuki Buru Tandatangan Lorenzo

Berita Sejenis

Tantangan Besar buat Wakil Pelatnas

Tantangan Besar buat Wakil Pelatnas

Dari lima wakil ganda campuran pelatnas pratama, dua di antaranya harus rontok pada babak pertama Malaysia International Challenge (IC) 2018.


Ducati Belum Sempurna, Suzuki Percaya Diri

Ducati Belum Sempurna, Suzuki Percaya Diri

Insiden antara Valentino Rossi (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda) di GP Argentina (8/4) menjadi berkah bagi Andrea Dovizioso.


Dorna Turun Gunung Selesaikan Masalah Rossi-Marquez

Dorna Turun Gunung Selesaikan Masalah Rossi-Marquez

Perseteruan pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Repsol Honda Marc Marquez membuat CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta merasa harus turun gunung.


Ricciardo Semakin Santer Pindah ke Mercedes

Ricciardo Semakin Santer Pindah ke Mercedes

Perpanjangan kontrak beberapa pembalap top Formula 1 masih tertahan. Salah satunya bintang Aston Martin-Red Bull Daniel Ricciardo.


Ambil Tes Privat Agar Makin Solid

Ambil Tes Privat Agar Makin Solid

Posisi tertinggal 0-1 dari Ducati membuat Honda merasa perlu mempersiapkan diri lebih matang menghadapi seri-seri berikutnya.


Mercedes Belum Tersentuh, Red Bull Berharap Kualifikasi Basah

Mercedes Belum Tersentuh, Red Bull Berharap Kualifikasi Basah

Sesi latihan bebas hari pertama GP Australia langsung menunjukkan kekuatan sebenarnya tim-tim papan atas Formula 1.


Crutchlow Anggap Zarco Tak Layak ke Honda

Crutchlow Anggap Zarco Tak Layak ke Honda

Belum juga kosong, kursi balap milik Daniel Pedrosa di Repsol Honda sudah jadi buruan.


Honda Maju Pesat, Marquez Bisa Tidur Nyenyak

Honda Maju Pesat, Marquez Bisa Tidur Nyenyak

Andrea Dovizioso boleh menang pada MotoGP Qatar. Namun, Marquez yang finis hanya beberapa sentimeter di belakang bintang Ducati.


Red Bull Mulai Lirik Honda

Red Bull Mulai Lirik Honda

Performa apik Toro Rosso pada latihan bebas pra musim di Barcelona (26/2) bersama sang pemasok mesin anyar Honda membuat Red Bull terkesan.


Mending Celaka Ketimbang Kalah

Mending Celaka Ketimbang Kalah

Makin bersinarnya bintang muda Red Bull Max Verstappen berdampak pada terus meredupnya pamor rekan satu timnya yang lebih senior Daniel Ricciardo.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!