Sport
Share this on:

Pemain Asing Tingkatkan Gengsi Proliga

  • Pemain Asing Tingkatkan Gengsi Proliga
  • Pemain Asing Tingkatkan Gengsi Proliga

Ilustrasi.

JAKARTA - Proliga 2018 akan resmi akan resmi digelar besok di GOR Universitas Negeri Jogjakarta (UNY). Kompetisi voli professional tertinggi di Indonesia tersebut akan lebih kompetitif dengan hadirnya pemain asing kelas dunia yang dimiliki masing-masing klub peserta.

Tim voli putra Bekasi BVN akan diperkuat Kitsada Somkane dari Thailand. Dia merupakan salah satu pilar utama skuad Negeri Gajah Putih pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Pemain yang berposisi sebagai open spiker itu mengantarkan negaranya meraih medali emas dengan mengalahkan Indonesia di laga puncak.

Kitsada yang merupakan pemain senior itu sudah membela Timnas Voli Thailand sejak tahun 2007. ”Bersamanya Thailand merajai voli Asia Tenggara dengan selalu merebut emas SEA Games sejak tahun 2011,” ucap Pelatih Bekasi BVN Wilfridus Wahyu. Tak ayal, Wahyu langsung bergerak cepat merekrutnya untuk menambah daya gedor tim asuhannya.

Sebelumnya, Kitsada yang berkiprah di liga voli Thailand bergabung dengan Nakhon Ratchasima yang juga menjadi kampiun di tahun 2016. Pemain 27 tahun tersebut pernah meraih gelar Best Scorer di liga voli Thailand tahun 2011.

Target juara diusung Jakarta BNI Taplus dengan mendatangkan mantan pemain timnas Amerika Serikat Paul Michel Lotman. Pemain dengan tinggi 201 cm itu merupakan andalan Negeri Paman Sam merebut medali perak Olimpiade 2012 London.

Tak hanya itu, Paul juga mengantarkan Amerika menjadi jawara di FIVB World Cup 2015 dan lolos kualifikasi Olimpiade Rio 2016. Namun sayang, dirinya tersisih dari tim utama Amerika Serikat untuk berlaga di Brazil. Tiga musim terakhir, Paul tergabung dalam klub asal Jerman Berlin Recycling Volleys sebelum bergabung dengan Jakarta BNI Taplus di 2017.

Sang juara bertahan Jakarta Pertamina Energi mendatangkan wajah baru pemain asing. Yakni, Bogdan Olefir dari Rusia. Dia berposisi sebagai open spiker. Tahun 2016, dia merupakan pemain andalan Budvanska Rivijera BUDVA berlaga di Liga Voli Rusia. Bogdan akan mendampingi Alxander Minic yang dipertahankan tim asuhan Andri Widiyatmoko yang tampil perkasa di Proliga 2017.

Sementara Surabaya Bhayangkara Samator memilih Kuba untuk mengisi slot pemain asingnya. Pasalnya, menurut manajer Samator, Hadi Sampurno, mereka unggul perihal karakter dan kemudahan mereka dalam beradaptasi. Ia tak harus terganggu dengan jam latihan dan menu makan mereka.

“Kalau orang Amerika jam 8 belum bangun, mereka juga mana mau makan sayur lodeh,” ucapnya.

Dua pemain asing yang ditempatkan sebagai tosser ini adalah Yosvani Gonzalez Nicolas, dan Liosbel Mendez Iglesias. Uniknya, sebelumnya Mendez bermain untuk voli pantai. “Sebelum di Samator, sudah pernah di Kuba (bergabung di voli indoor), tapi hanya beberapa bulan saja,” ungkap Hadi tentang Mendez pasca voli pantai, namun ia tak tahu apa nama klubnya.

Di voli pantai, Mendez, pria kelahiran 13 Maret 1992 ini memberikan prestasi yang impresif meski tak keluar sebagai juara. Bersama pasangannya, Yendris Castillo, ia finis di nomor empat dalam Sirkuit Voli Pantai NORCECA (North America, Central America, dan Carribean) pada tahun 2015 dan 2016.

Sementara Yosvani Gonzalez Nicolas, yang lahir 18 April 1988 pernah menjadi anggota tim nasional Kuba. Ia merupakan kontingen voli dalam Olimpiade Rio 2016, meskipun Kuba kandas di fase grup sebagai juru kunci. Meskipun begitu, timnya meraih medali emas dalam Pan America Cup 2016, turnamen yang diorganisir NORCECA.

“Gonzalez juga pernah ikut World League,” kata Hadi. Saat itu, 2016, Kuba finis di nomor sepuluh.

Di sektor putri, pemain timnas Puerto Riko Karina Ocasio Clemente direkrut Jakarta BNI Taplus. Meski diusianya yang menginjak 32 tahun, dia masih dipercaya negaranya untuk tampil di Olimpiade Rio 2016. Puerto Riko saat itu berada di pool neraka bersama Amerika Serikat, Belanda, Serbia, Tiongkok, dan China. Alhasil, Puerto Riko hanya menjadi juru kunci.

Dengan pengalaman dan kedewasaannya di lapangan, Karina diharapkan bisa membimbing rekan-rekannya di Jakarta BNI Taplus. Posisi aslinya sebagai allround terpaksa harus diubah menjadi open spiker. ”Demi kebutuhan tim. Karena di posisi allround kami sudah punya Yolla Yuliana,” terang Pelatih Jakarta BNI Taplus Risco Herlambang.

Kuota dua pemain asing di ajang Proliga 2018 juga tak disia-siakan oleh Petrokimia Gresik. Tahun ini, mereka mendatangkan Yeliz Basa dari Turki dan Veronica Angeloni dari Italia.

Dua pemain itu memiliki kesamaan. Pertama, mereka berposisi sebagai open spiker. Keduanya juga anggota tim nasional voli di negaranya masing-masing. Bahkan, Yeliz Basa pernah menjadi kampiun European Volleyball League bersama timnas Turki pada 2014 lalu.

Bedanya, Yeliz Basa baru pertama kali bermain di Indonesia. Sementara Angeloni sudah menjadi bagian Petrokimia Gresik di ajang Proliga 2017. Kala itu, dia bertandem dengan Hayley Spelman asal Amerika Serikat. Hasilnya, pemain 31 tahun itu mampu mengantar Petrokimia Gresik ke final four.

Dengan prestasi mentereng, tentu butuh dana besar untuk mendatangkan dua pemain asing tersebut. Kabarnya, tim asal Gresik itu mengucurkan dana hingga Rp 1 miliar untuk menggaet dua pemain asing. “Ya, rata-rata harganya memang segitu,” ungkap Manajer Petro Sasono Handito.

Meski demikian, Sasono mengaku harga tersebut sebanding dengan kualitas pemain. “Kualitas kan bisa menentukan prestasi di lapangan,” tambahnya. Untuk itu, dia mematok target tinggi pada timnya. “Minimal mengulangi prestasi tahun lalu yang tembus final four,” tegasnya.

Dengan dana besar, dua pemain asing yang direkrut juga tak sembarangan. Pemain yang didatangkan harus sesuai kebutuhan tim. Bahkan, Petrokimia Gresik memiliki tujuh daftar pemain incaran sebelum akhirnya memilih Yeliz Basa.

“Dia pemain cepat. Bisa bermain di open spiker dan all round. Prestasinya juga bagus,” kata Sasono. Sementara untuk Angeloni, permainannya di Proliga tahun 2017 kadung membuat manajemen kepincut. “Dia pemain yang bagus dan bisa membimbing rekan-rekannya yang lain,” jelasnya.

Karena itu, pemain dengan tinggi 187 centimeter itu dipilih untuk menjadi kapten tim dalam Proliga 2018. pdahal, di Petrokimia Gresik masih ada punggawa senior macam Lailatul Aisyah atau Bunga Mitha Sari. “Tapi, pengalaman dan jiwa kepemimpinan Angeloni menjadi pertimbangan penting,” terang Sasono. (han/gus/amb/jpg)

Berita Sebelumnya

PGN Popsivo Polwan Optimis Juara
PGN Popsivo Polwan Optimis Juara

Berita Berikutnya

Banyak Ketegangan, NBA Mulai Panas
Banyak Ketegangan, NBA Mulai Panas

Berita Sejenis

Kejutan Keren sebelum Pulang

Kejutan Keren sebelum Pulang

Perjalanan tim Honda DBL Indonesia All-Star hampir berakhir. Selama enam hari di Los Angeles, California, para pemain dan pelatih telah menunjukkan kerja keras.


Petro Belum Panas, Bank BJB Mulus

Petro Belum Panas, Bank BJB Mulus

Tim voli putri Gresik Petrokimia mengawali seri ketiga Proliga 2018 dengan manis.


Seri Ketiga, Petro Ganti Pelatih

Seri Ketiga, Petro Ganti Pelatih

Seri ketiga putaran pertama Proliga 2018 siap digelar di GOR Tri Dharma, Gresik, mulai hari ini (2/2) hingga 4 Februari mendatang.


Mendez Pulang, Samator Panggil Toiran

Mendez Pulang, Samator Panggil Toiran

Proliga putaran pertama minggu kedua bergulir mulai besok di GOR Tumenggul Abdul Jamal, Batam.


PGN Popsivo Polwan Optimis Juara

PGN Popsivo Polwan Optimis Juara

PGN Popsivo Polwan melakukan seremoni peluncuran tim voli putri Proliga 2018 di Kantor Pusat PT. Perusahaan Gas Negara kemarin.


Jakarta BNI Taplus Optimis Kawinkan Gelar Proliga

Jakarta BNI Taplus Optimis Kawinkan Gelar Proliga

Jakarta BNI Taplus melakukan seremoni peluncuran tim voli putra dan putri Proliga 2018 di Kantor Pusat BNI 46 kemarin.


Tunggal Putri Pelatnas Mengkhawatirkan

Tunggal Putri Pelatnas Mengkhawatirkan

Dari delapan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia di Thailand Masters, hanya tersisa dua pemain saja.


Latihan Siang, Pemain Islandia Pakai Sunblock

Latihan Siang, Pemain Islandia Pakai Sunblock

Sebagai salah satu kontestan putaran final Piala Dunia 2018, timnas Islandia adalah tamu istimewa bagi Indonesia.


Angeloni Lengkapi Petrokimia Gresik

Angeloni Lengkapi Petrokimia Gresik

Skuat Petrokimia Gresik untuk ajang Proliga 2018 sudah lengkap.


Susy Tolak Sebut Tunggal Putra Gagal Total

Susy Tolak Sebut Tunggal Putra Gagal Total

Pebulu tangkis sektor tunggal Indonesia punya masalah penting yang harus diselesaikan. Yakni, konsisten dan daya juang dalam bertanding para pemain.



Berita Hari Ini

hari pers

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!