Sport
Share this on:

Pemerintah Dukung Program Djarum Foundation

  • Pemerintah Dukung Program Djarum Foundation
  • Pemerintah Dukung Program Djarum Foundation

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan dukungannya, terhadap program Djarum Foundation di bidang pendidikan vokasi. Pernyataan dukungan Kemendikbud tersebut, ketika dimintai tanggapannya terkait protes KPAI terkait bidang olahraga di sela-sela peresmian "Beauty and Spa Academy" SMK PGRI 1 Kudus.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan M. Bakrun mengatakan, dukungan utamanya pada bidang pendidikan vokasi, untuk mengembangkan keterampilan yang memang sangat dibutuhkan industri.

"Terkait dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia(KPAI), sebelumnya memang ada pertanyaan dari pihak luar. Khusus untuk Direktorat Pembinaan SMK, kami kira selain Djarum Foundation sumbernya juga dari berbagai perusahaan, seperti pengembangan 'Beauty and Spa Academy' SMK PGRI 1 Kudus melibatkan PT Mustika Ratu," katanya, Jumat (20/9) kemarin.

Menurut Bakrun, pengembangan jenis-jenis keterampilan dari Djarum Foundation memang sangat dibutuhkan oleh industri. "Untuk itu, saya sangat mendorong pengembangan keterampilan di bidang tata boga, kecantikan, dan busana karena bisa dikembangkan secara mandiri dan perkembangannya juga sangat pesat," tuturnya.

Bakrun berharap, dengan adanya program Djarum Foundation di bidang pendidikan vokasi, lulusan SMK nantinya juga siap menghadapi era revolusi industri 4.0. "Dalam rangka mendukung "soft skill", Kemendikbud juga akan memperkenalkan dan menginstruksikan ke semua sekolah untuk peningkatan budaya kerja," imbuhnya.

Adapun materi yang dikembangkan, meliputi kepemimpinan, kedisiplinan, ketarunaan, pengembangan minat dan bakat, serta religius. "Karena negara ini basisnya religius dan akan ada kontrak belajar antara orang tua, siswa dan sekolah. Karena sekolah ini dibangun tidak hanya sendiri, tetapi berdasarkan peran sekolah, orang tua dan siswa," terangnya.

Sementara itu, Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad mengatakan, untuk program tersebut, pihaknya telah menyiapkan kejuruan bidang tata kecantikan. "Karena kebutuhan akan kecantikan cukup tinggi, sedangkan yang terkenal selama ini dari luar negeri. Untuk itu, kami mencoba mengembangkannya di SMK Tamansiswa dan SMK PGRI 1 Kudus," katanya.

Primadi menyebutkan, bantuan fasilitas peralatan kecantikan yang dimiliki, nantinya bisa dimanfaatkan untuk menghidupi biaya operasional sekolah ini karena Djarum Foundation dan Sri Ratu tidak membantu biaya operasional pendidikan.

"Fasilitas peralatan perawatan kecantikan dan terapi spa dengan standar internasional yang diberikan, mulai dari alat makeup, facial hingga perlengkapan "massage" terbaik," ungkapnya.

Dengan fasilitas ini, katanya, para siswa akan mudah menyesuaikan diri ketika terjun ke industri kecantikan dan siap untuk bekerja. "Hal terpenting siswa bisa langsung melakukan praktik menghadapi pelanggan," pungkasnya. (mhf/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Iwan Bule: Ingat Kita Ada Roadmap Lho!

Iwan Bule: Ingat Kita Ada Roadmap Lho!

Menpora meminta pengurus PSSI periode 2019-2023 bergerak cepat dalam penataan organisasi dan prioritas program kerja menghadapai Piala Dunia U-20.


Audisi PB Djarum Berubah Nama

Audisi PB Djarum Berubah Nama

PB Djarum akhirnya merubahanama audisi yang semula Audisi Umum Beasiswa PB Djarum 2019 menjadi Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis.


Tegur KPAI Lewat Video Medsos

Tegur KPAI Lewat Video Medsos

Kekecewaan terhadap putusan KPAI yang meminta audisi Djarum Foundation dihentikan tidak hanya dirasakan oleh pencinta badminton.


Soal Audisi Djarum, Hari Ini Menpora Beri Keputusan

Soal Audisi Djarum, Hari Ini Menpora Beri Keputusan

Polemik kelangsungan audisi bea siswa bulutangkis Djarum belum juga mereda.


Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Penghentian pencarian bakat atlet bulu tangkis oleh Djarum Foundation pada 2020 disesalkan Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati.


Bukan Hentikan Audisi, Tapi Hapus Logo Djarum

Bukan Hentikan Audisi, Tapi Hapus Logo Djarum

Djarum Foundation memutuskan menghentikan program pembinaan atlet bulutangkis usia muda.


Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Program Olahraga Djarum Foundation dengan terpaksa mengehentikan audisi beasiswa bulu tangkis pada 2020.


Sepeda Wdnsdy Resmi Dukung Tim UCI Continental

Sepeda Wdnsdy Resmi Dukung Tim UCI Continental

Merek sepeda performance Indonesia, Wdnsdy (baca: Wednesday), terus melebarkan kiprah di arena balap internasional.


Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

Kucurkan Rp936,8 Miliar untuk Empat Vanue PON Papua

Pemerintah Provinsi Papua mendapatkan gelontoran dana segar dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.


Cabor Tak Populer Kesulitan Sponsor

Cabor Tak Populer Kesulitan Sponsor

Pemerintah memang membebaskan setiap cabor untuk mencari dana dari mana saja.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!