Sport
Share this on:

Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya

  • Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya
  • Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya

**JAKARTA ** - Sejumlah klub sepak bola Indonesia memilih untuk meliburkan para pemainnya pada 17 April 2019 hari ini. Keputusan itu untuk memberikan kesempatan kepada para pemain untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang jatuh pada, Rabu (17/4) hari ini.

Salah satunya adalah Persija Jakarta. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu meliburkan pemainnya selama dua hari usai menjalani laga uji coba kontra Persita Tangerang di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (15/5) kemarin. Manajer Persija Marsma TNI Ardhi Tjahjoko mengaku, waktu libur diberikan agar para pemain dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu hari ini.

"Ya tim diliburkan selama dua hari setelah uji coba kemarin. Kami memberikan kesempatan pemain untuk menggunakan hak suaranya pada 17 April," ungkap Ardhi kepada kantor berita Fajar Indonesia Network (FIN), Selasa (16/4) kemarin.

Dalam masa liburan itu, skuad Persija yang tidak bertempat tinggal atau tidak memiliki KTP DKI Jakarta juga diizinkan untuk pulang ke kampung halamannya. Beberapa pemain yang tidak ber-KTP Jakarta seperti Tony Sucipto, Sandi Sute, Nugroho Fatchur Rochman, Stefanus Alua (Papua) dan Danny Saputra (Depok).

Ardhi mengharapkan, pemain bisa berkumpul kembali pada Kamis (18/4) besok, guna memperiapkan diri jelang pertandingan Piala AFC Grup G melawan Ceres Nugros di Filipina, 23 April, mendatang. "Mereka bisa pulang ke kampung halamannya atau menggunakan hak suaranya di tempat tinggal masing-masing sesuai ketentuan KPU bagi pemain yang tidak berdomisili di Jakarta," terang Ardhi.

Selain Persija, klub lainnya Persib Bandung juga meliburkan para pemainnya pada 17 April 2019, hari ini. Sama hal-nya Persija, Persib juga meliburkan pemain agar menggunakan hak pilihnya. "Latihan kita liburkan (pada 17 April). Saya memang tidak mengerti politik. Namun, (pemain) tetap harus diliburkan karena mereka wajib untuk memilih," tutur Pelatih Persib, Miljan Radovic.

Liburnya skuad Persib ini disambut baik oleh salah satu pemain mudanya, Gian Zola. Gelandang muda itu mengaku bahwa dirinya baru pertama kali akan menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 kali ini. Ia juga berharap pemilu kali ini berjalan lancar dan aman.

"Untuk Pilpres baru kali ini memilih. Karena sebelumnya belum (miliki hak pilih). Semoga pemilu kali ni berjalan lancar, aman dan kondusif," harap Zola.

Hal senada juga diungkapkan penjaga gawang Persib M Natshir. Dia mengharapkan perbedaan pilihan dan pandangan tidak membuat masyarakat bercerai berai. "Ya, semoga pemilu kali ini berjalan lancar, dan memilih dengan hati kita sendiri. Perbedaan itu suatu hal yang biasa, namun jangan jadikan perbedaan itu membuat kita terpecah belah. Kita berdoa saja, kepada siapapun yang terpilih mampu membuat Indonesia menjadi lebih baik," ternag Natshir.

Meliburkan pemain juga dilakukan oleh klub Persis Solo dan Madura United. Kedua tim itu juga ingin memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

Pada pemilu 2019 ini pemilih nantinya menjalankan lima pemilihan bersamaan, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota, kecuali DKI Jakarta yang hanya empat kertas suara tanpa DPRD Kabupaten/Kota. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bali United Kalah Lagi

Bali United Kalah Lagi

Tim peringkat atas, Bali United kembali menelan hasil buruk dalam dua pekan Liga 1 Indonesia 2019.


PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS Semarang dan Bhayangkara FC sukses meraih kemenanga dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo berambisi untuk bisa meneruskan tren positifnya yang belum meraih kekalahan sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia musim ini.


Imbangi Madura United, Tira Persikabo Kudeta Bali United

Imbangi Madura United, Tira Persikabo Kudeta Bali United

Tim PS Tira Persikabo sukses menggeser Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019.


Kalah Lagi, Semen Padang Belum Pernah Menang di Liga 1

Kalah Lagi, Semen Padang Belum Pernah Menang di Liga 1

Semen Padang FC kembali menelan kekalahan pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019.


Tira Persikabo-Madura United Saling Berebut Pucuk Klasemen

Tira Persikabo-Madura United Saling Berebut Pucuk Klasemen

Tira Persikabo akan menjamu Madura United dalam laga perebutan posisi puncak klasemen sementara Liga 1, Jumat (12/7) hari ini.


Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Big match antara Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 berakhir imbang.


Persebaya Surabaya Tertahan Lagi di Kandangnya

Persebaya Surabaya Tertahan Lagi di Kandangnya

Persebaya Surabaya gagal meraih kemenangan dalam laga tunda pekan keempat Liga 1 Indonesia musim 2019 saat menghadapi Barito Putera.


Tira Persikabo Permalukan Semen Padang di Depan Suporternya

Tira Persikabo Permalukan Semen Padang di Depan Suporternya

Semen Padang harus mengakui keunggulan tamunya PS Tira Persikabo dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 di hadapan pendukungnya sendiri.


Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

Misi Persebaya Surabaya memburu hat-trick kemenangan di Liga 1 akhirnya terwujud.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!