Sport
Share this on:

Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya

  • Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya
  • Pemilu, Klub-klub Liga 1 Liburkan Pemainnya

**JAKARTA ** - Sejumlah klub sepak bola Indonesia memilih untuk meliburkan para pemainnya pada 17 April 2019 hari ini. Keputusan itu untuk memberikan kesempatan kepada para pemain untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang jatuh pada, Rabu (17/4) hari ini.

Salah satunya adalah Persija Jakarta. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu meliburkan pemainnya selama dua hari usai menjalani laga uji coba kontra Persita Tangerang di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (15/5) kemarin. Manajer Persija Marsma TNI Ardhi Tjahjoko mengaku, waktu libur diberikan agar para pemain dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu hari ini.

"Ya tim diliburkan selama dua hari setelah uji coba kemarin. Kami memberikan kesempatan pemain untuk menggunakan hak suaranya pada 17 April," ungkap Ardhi kepada kantor berita Fajar Indonesia Network (FIN), Selasa (16/4) kemarin.

Dalam masa liburan itu, skuad Persija yang tidak bertempat tinggal atau tidak memiliki KTP DKI Jakarta juga diizinkan untuk pulang ke kampung halamannya. Beberapa pemain yang tidak ber-KTP Jakarta seperti Tony Sucipto, Sandi Sute, Nugroho Fatchur Rochman, Stefanus Alua (Papua) dan Danny Saputra (Depok).

Ardhi mengharapkan, pemain bisa berkumpul kembali pada Kamis (18/4) besok, guna memperiapkan diri jelang pertandingan Piala AFC Grup G melawan Ceres Nugros di Filipina, 23 April, mendatang. "Mereka bisa pulang ke kampung halamannya atau menggunakan hak suaranya di tempat tinggal masing-masing sesuai ketentuan KPU bagi pemain yang tidak berdomisili di Jakarta," terang Ardhi.

Selain Persija, klub lainnya Persib Bandung juga meliburkan para pemainnya pada 17 April 2019, hari ini. Sama hal-nya Persija, Persib juga meliburkan pemain agar menggunakan hak pilihnya. "Latihan kita liburkan (pada 17 April). Saya memang tidak mengerti politik. Namun, (pemain) tetap harus diliburkan karena mereka wajib untuk memilih," tutur Pelatih Persib, Miljan Radovic.

Liburnya skuad Persib ini disambut baik oleh salah satu pemain mudanya, Gian Zola. Gelandang muda itu mengaku bahwa dirinya baru pertama kali akan menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 kali ini. Ia juga berharap pemilu kali ini berjalan lancar dan aman.

"Untuk Pilpres baru kali ini memilih. Karena sebelumnya belum (miliki hak pilih). Semoga pemilu kali ni berjalan lancar, aman dan kondusif," harap Zola.

Hal senada juga diungkapkan penjaga gawang Persib M Natshir. Dia mengharapkan perbedaan pilihan dan pandangan tidak membuat masyarakat bercerai berai. "Ya, semoga pemilu kali ini berjalan lancar, dan memilih dengan hati kita sendiri. Perbedaan itu suatu hal yang biasa, namun jangan jadikan perbedaan itu membuat kita terpecah belah. Kita berdoa saja, kepada siapapun yang terpilih mampu membuat Indonesia menjadi lebih baik," ternag Natshir.

Meliburkan pemain juga dilakukan oleh klub Persis Solo dan Madura United. Kedua tim itu juga ingin memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

Pada pemilu 2019 ini pemilih nantinya menjalankan lima pemilihan bersamaan, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota, kecuali DKI Jakarta yang hanya empat kertas suara tanpa DPRD Kabupaten/Kota. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

CLS Knight Sabet Gelar Juara ABL

Klub bola basket asal kota Surabaya BTN CLS Knights Indonesia berhasil menjadi juara Asean Basketball League (ABL) musim 2018-2019.


Bentrok Suporter Coreng Pembukaan Liga 1

Bentrok Suporter Coreng Pembukaan Liga 1

Sepak bola Indonesia kembali tercoreng atas ulah suporter yang rusuh di saat pertandingan berlangsung.


LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

LIB Wajib Lunasi Utang Musim Ini

Sponsor utama untuk Liga 1 sudah didapatkan oleh PT LIB. Salah satu perusahaan e-commerce digandeng untuk membiayai seluruh operasional kompetisi musim ini.


BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

BOPI Beri Lima Rekomendasi untuk Penyelenggaraan Liga 1

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menggelar pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), dua perwakilan klub, dan Asosisasi Pesepak Bola Indonesia (


Liga 1 Ditunda, Pendaftaran Pemain Diundur

Liga 1 Ditunda, Pendaftaran Pemain Diundur

Mundurnya jadwal Liga 1 ternyata tidak hanya menyisakan efek negatif, tapi juga menguntungkan bagi klub peserta.


Awal Ramadan, Sejumlah Klub Liga 1 Libur

Awal Ramadan, Sejumlah Klub Liga 1 Libur

Awal Bulan Suci Ramadan 1440 H, sejumlah klub Liga 1 meliburkan aktivitas program latihannya.


Miljan Radovic Dipecat Persib Bandung, Bobotoh Happy

Miljan Radovic Dipecat Persib Bandung, Bobotoh Happy

Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2019, Persib Bandung memberikan kejutan yang tak terduga.


Kick Off Liga 1 Mundur Sepekan

Kick Off Liga 1 Mundur Sepekan

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 Indonesia menetapkan kick off kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia musim 2019.


Persija Tersingkir dari Piala AFC, Kolev Bela Pemainnya

Persija Tersingkir dari Piala AFC, Kolev Bela Pemainnya

Persija Jakarta dipastikan tersigkir dari ajang Piala AFC 2019 setelah kembali menelan kekalahan di babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019


United Siap Jual Lukaku

United Siap Jual Lukaku

Manchester United terbuka untuk menjual Romelu Lukaku musim panas ini, jika menemukan klub cocok.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!