Sport
Share this on:

Persaingan F1 2018 Dimulai

  • Persaingan F1 2018 Dimulai
  • Persaingan F1 2018 Dimulai

SAO PAULA - Dua gelar juara Formula 1 musim ini sudah ada digenggaman Mercedes. Untuk dua seri terakhir musim ini, tim pabrikan Jerman itu menegaskan, tidak akan mengendorkan gas. Mereka bahkan sudah berpikir tentang mempertahankan gelar juara ini musim depan.

Mercedes sudah mengunci gelar juara konstruktor F1 2017 sejak GP Amerika Serikat. Sedangkan, gelar juara pembalap berhasil disegel Lewis Hamilton di GP Meksiko. Ini adalah empat tahun beruntun Mercedes mempertahankan dua gelar juara tersebut.

Beban sudah lepas dari Mercedes, setelah sepanjang musim bergulat dengan Ferrari yang memberikan perlawanan sengit. Namun Bos Mercedes TotoWolff menegaskan, dua seri terakhir akan dianggap sebagai awal persaingan dengan Ferrari dan Red Bull di musim depan.

''Di dalam tim, kami melihat dua balapan terakhir sebagai dua grand prix di awal musim 2018. Kami ingin menang di dua balapan terakhir agar kami bisa menjaga momentum positif itu sampai musim depan,'' ujarnya.

Dua balapan terakhir menjadi parameter penting bagi Mercedes untuk mengukur keberhasilan pengembangan mobil di akhir musim. ''Seperti kita lihat di beberapa balapan terakhir, memenangi grand prix sama sekali tidak mudah. Red Bull merebut dua kemenangan di empat seri terakhir. Meki kami merebut dua sisanya, Ferrari tetap saja lawan yang tangguh,'' tandasnya.

Pantas jika Mercedes menganggap dua seri terakhir sebagai gambaran kecil persaingan antar tim top musim depan. Apalagi McLaren akan menggunakan mesin Renault. Mesin yang sama seperti yang dipakai Red Bull tampil tangguh di paro kedua musim ini. ''Dengan gelar juara sudah dipastikan (di Meksiko), pertarungan untuk 2018 sudah dimulai sejak di Brasil akhir pekan ini,'' tambahnya.

Mercedes akan memanfaatkan GP Brasil dan Abu Dhabi sebagai laboratorium eksperimen untuk menjajal beberapa konsep baru untuk mobil 2018. Konsep baru tersebut mustahil dijajal di seri-seri lalu, sebelum gelar juara dipastikan. Karena terlalu berisiko. Nah, di antara konsep prototipe tersebut kabarnya akan ada beberapa yang sifatnya ekstrim.

''Interlagos dan Abu Dhabi tidak masuk dalam daftar sirkuit yang akan digunakan dalam uji coba resmi F1. Jadi dua seri terakhir ini sangat berharga untuk kami untuk bereksperimen dengan beberapa konsep baru,'' terang Wolff.

Eksperimen tersebut akan dilakukan sejak di sesi latihan hari pertama. (cak/zul)

Berita Sebelumnya

Nasib Marquez di Tangan Pedrosa
Nasib Marquez di Tangan Pedrosa

Berita Berikutnya

Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal
Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal

Berita Sejenis

NBA Larang Clarkson ke Asian Games

NBA Larang Clarkson ke Asian Games

Harapan tim nasional basket Filipina bisa memainkan bintang NBA mereka Jordan Clarkson di Asian Games 2018 pupus.


Latihan Pertama dengan Lakers

Latihan Pertama dengan Lakers

Bagi fans Cleveland Cavaliers, momen-momen awal jelang musim 2018-2019 bergulir seperti saat ini mungkin akan menyakitkan.


Cornet sang Penakluk Raksasa

Cornet sang Penakluk Raksasa

Rasanya baru kemarin Angelique Kerber mencium trofi juara Wimbledon 2018. Saat itu dia begitu perkasa di hadapan sang ratu tenis Serena Williams.


Ramai-ramai Revisi Target

Ramai-ramai Revisi Target

Kemenpora memang sudah menetapkan target 15 medali emas buat kontingen Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018.


Cavaliers Bakal Terjun Bebas

Cavaliers Bakal Terjun Bebas

Puncak pergerakan tim-tim NBA berburu pemain baru di bursa free agent sudah lewat. Namun, seri reguler musim 2018-2019 masih cukup lama memulai start.


Filipina Batal Mundur

Filipina Batal Mundur

Filipina berubah pikiran. Setelah sempat menarik diri dari cabang olahraga basket putra Asian Games 2018.


Ganda Campuran Teruskan Tradisi di Kudus

Ganda Campuran Teruskan Tradisi di Kudus

Ganda campuran pelatnas Indonesia memutuskan untuk menjalani persiapan akhir di Kudus menjelang turun di Asian Games 2018.


Realistis dengan Target 10 Besar

Realistis dengan Target 10 Besar

Perjuangan kontingen Indonesia menuju Asian Games 2018 dimulai kemarin (5/8).


Greysia/Apriani ke Semifinal

Greysia/Apriani ke Semifinal

Ambisi Kevin/Marcus menyabet juara dunia bulutangkis (World Championships 2018) kembali pupus.


Bukan Hari Terbaik Minions

Bukan Hari Terbaik Minions

Kekalahan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di perempat final Kejuaraan Dunia 2018 menjadi tamparan keras bagi PP PBSI dan tim pelatih.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!