Sport
Share this on:

Persaingan F1 2018 Dimulai

  • Persaingan F1 2018 Dimulai
  • Persaingan F1 2018 Dimulai

SAO PAULA - Dua gelar juara Formula 1 musim ini sudah ada digenggaman Mercedes. Untuk dua seri terakhir musim ini, tim pabrikan Jerman itu menegaskan, tidak akan mengendorkan gas. Mereka bahkan sudah berpikir tentang mempertahankan gelar juara ini musim depan.

Mercedes sudah mengunci gelar juara konstruktor F1 2017 sejak GP Amerika Serikat. Sedangkan, gelar juara pembalap berhasil disegel Lewis Hamilton di GP Meksiko. Ini adalah empat tahun beruntun Mercedes mempertahankan dua gelar juara tersebut.

Beban sudah lepas dari Mercedes, setelah sepanjang musim bergulat dengan Ferrari yang memberikan perlawanan sengit. Namun Bos Mercedes TotoWolff menegaskan, dua seri terakhir akan dianggap sebagai awal persaingan dengan Ferrari dan Red Bull di musim depan.

''Di dalam tim, kami melihat dua balapan terakhir sebagai dua grand prix di awal musim 2018. Kami ingin menang di dua balapan terakhir agar kami bisa menjaga momentum positif itu sampai musim depan,'' ujarnya.

Dua balapan terakhir menjadi parameter penting bagi Mercedes untuk mengukur keberhasilan pengembangan mobil di akhir musim. ''Seperti kita lihat di beberapa balapan terakhir, memenangi grand prix sama sekali tidak mudah. Red Bull merebut dua kemenangan di empat seri terakhir. Meki kami merebut dua sisanya, Ferrari tetap saja lawan yang tangguh,'' tandasnya.

Pantas jika Mercedes menganggap dua seri terakhir sebagai gambaran kecil persaingan antar tim top musim depan. Apalagi McLaren akan menggunakan mesin Renault. Mesin yang sama seperti yang dipakai Red Bull tampil tangguh di paro kedua musim ini. ''Dengan gelar juara sudah dipastikan (di Meksiko), pertarungan untuk 2018 sudah dimulai sejak di Brasil akhir pekan ini,'' tambahnya.

Mercedes akan memanfaatkan GP Brasil dan Abu Dhabi sebagai laboratorium eksperimen untuk menjajal beberapa konsep baru untuk mobil 2018. Konsep baru tersebut mustahil dijajal di seri-seri lalu, sebelum gelar juara dipastikan. Karena terlalu berisiko. Nah, di antara konsep prototipe tersebut kabarnya akan ada beberapa yang sifatnya ekstrim.

''Interlagos dan Abu Dhabi tidak masuk dalam daftar sirkuit yang akan digunakan dalam uji coba resmi F1. Jadi dua seri terakhir ini sangat berharga untuk kami untuk bereksperimen dengan beberapa konsep baru,'' terang Wolff.

Eksperimen tersebut akan dilakukan sejak di sesi latihan hari pertama. (cak/zul)


Berita Sebelumnya

Nasib Marquez di Tangan Pedrosa
Nasib Marquez di Tangan Pedrosa

Berita Berikutnya

Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal
Langkah Federer Lebih Berat dari Nadal

Berita Sejenis

Duh... Wawrinka Juga Tumbang

Duh... Wawrinka Juga Tumbang

Datang dengan kondisi yang tidak terlalu fit, petenis nomor tiga dunia Garbine Muguruza akhirnya menerima nasib pahit di Australia Terbuka 2018.


Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 sepakat akan batal menyelenggarakan nomor pertandingan, jika jumlah peserta kurang dari jumlah minimal.


Kejar Medali, Wushu Training Camp di Tiongkok

Kejar Medali, Wushu Training Camp di Tiongkok

Tim Wushu Indonesia semakin serius menyongsong Asian Games 2018. Pembenahan secara teknik menjadi fokus program latihan hingga Maret mendatang.


Pemain Asing Tingkatkan Gengsi Proliga

Pemain Asing Tingkatkan Gengsi Proliga

Proliga 2018 akan resmi akan resmi digelar besok di GOR Universitas Negeri Jogjakarta (UNY).


PGN Popsivo Polwan Optimis Juara

PGN Popsivo Polwan Optimis Juara

PGN Popsivo Polwan melakukan seremoni peluncuran tim voli putri Proliga 2018 di Kantor Pusat PT. Perusahaan Gas Negara kemarin.


Livery Pertama Ducati Menakjubkan

Livery Pertama Ducati Menakjubkan

Ducati menjadi kontestan MotoGP pertama yang melakukan launching terkait proyek livery 2018.


Maret Bakal Penuh Darah

Maret Bakal Penuh Darah

Maret 2018 akan menjadi bulan yang penuh darah. Pasalnya, bakal ada dua pertarungan sangat penting untuk tinju kelas berat dunia di bulan tersebut.


Sainz Kudeta Peterhansel

Sainz Kudeta Peterhansel

Bintang Peugeot Carlos Sainz berhasil mengambil alih puncak klasemen umum Reli Dakar 2018.


Jakarta BNI Taplus Optimis Kawinkan Gelar Proliga

Jakarta BNI Taplus Optimis Kawinkan Gelar Proliga

Jakarta BNI Taplus melakukan seremoni peluncuran tim voli putra dan putri Proliga 2018 di Kantor Pusat BNI 46 kemarin.


Kuncinya adalah Uji Coba di Sepang

Kuncinya adalah Uji Coba di Sepang

Musim MotoGP 2018 segera dibuka dengan uji coba resmi perdana di Sepang, Malaysia akhir bulan ini.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!