Sport
Share this on:

Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

  • Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya
  • Persebaya Mulai Temukan Jati Dirinya

**SURABAYA ** - Misi Persebaya Surabaya memburu hat-trick kemenangan di Liga 1 akhirnya terwujud. Hebatnya, kemenangan ketiga itu diraih dengan skor yang meyakinkan. Green Force (julukan Persebaya) berpesta dengan menggilas Persib Bandung empat gol tanpa balas.

Amido Balde menjadi bintang kemenangan pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tadi malam. Jika Persebaya mencatat hat-trick kemenangan, striker asal Guinea-Bissau mencetak hat-trick gol. Tiga gol Balde tercipta pada menit ke-34', 44', 58'. Satu gol lainnya dicetak winger Irfan Jaya pada menit 81'.

Kemenangan ini sekaligus mengerek posisi Green Force. Ruben Sanadi dkk merangsek ke posisi lima klasemen dengan koleksi 11 poin. Kemenangan ini juga membuat pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman mencatat rekor 100 persen kala bersua mantan timnya.

Dari tiga pertemuan kontra Persib, pelatih yang akrab disapa Djanur itu selalu meraih kemenangan. Catatannya juga oke, Persebaya mencetak 11 gol dan kebobolan lima gol.

"Karena saya besar di Persib, jadi saya selalu ikuti perkembangan mereka,'' kata Djanur (sapaan akrab Djadjang Nurdjaman). ''Saya tahu apa yang harus dilakukan ketika bertemu," ujarnya pelatih asal Majalengka itu.

Hanya, dia agak kaget ketika Persib memilih bermain terbuka. Sebab, hal itu membuat lini depan Persebaya kian leluasa. "Jadinya, pemain makin mudah kirim umpan ke Balde atau Irfan," terangnya.

Djanur menilai kalau anak asuhnya sudah menemukan ritme terbaik. "Penampilan kami luar biasa. Bukan hanya menang telak, anak-anak juga mampu tampil sangat efektif," katanya.

Kemenangan besar atas Persib diyakini mampu mengerek kepercayaan diri Ruben Sanadi dkk. Djanur juga tak cemas jika komposisi pemainnya tak komplet. Ancaman soal krisis pemain jelang pertandingan sudah mulai terkikis.

Contohnya jelang laga tadi malam, di mana Persebaya tak bisa menurunkan Damian Lizio, Hansamu Yama, Oktafianus Fernando dan Osvaldo Haay. "Semua pemain bermain bagus. Jadi saya yakin, kalaupun ada yang absen tidak masalah, stabilitas tim sudah bagus," katanya.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts punya pandangan berbeda. Menurutnya, Persib mampu mengimbangi tuan rumah. "Tapi mereka (Persebaya) lebih efektif memanfaatkan peluang," kata Alberts.

Ini adalah kekalahan kedua beruntun yang dialami Maung Bandung (julukan Persib). Alberts pun mendapat tekanan. Selepas laga, Bobotoh tampak meneriaki Alberts yang menuju ruang ganti. "Saya paham supporter pasti ingin menang. Tekanan dari supporter selalu ada," timpal mantan pelatih PSM Makassar itu.

Meski begitu, pelatih asal Belanda itu memilih fokus untuk membenahi tim. Menurutnya, penampilan lini belakangnya cukup buruk pada laga malam ini. "Pemain tidak punya kecepatan yang cukup untuk mengantisipasi umpan terobosan dari pemain Persebaya. Itu yang membuat kami kebobolan empat gol," ujarnya.

Gelandang Persib Hariono sampai meminta maaf atas kekalahan besar dalam laga semalam. "Dari awal kami ingin bangkit. Kami sudah berusaha. Tapi hasilnya sangat mengecewakan," jelasnya. (gus/bas/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Pamor Moto2 semakin meredup. Sejumlah tim racing mulai hengkang dari kasta kedua MotoGP tersebut.


Ditahan Imbang Madura United, Persebaya Pecat Djanur

Ditahan Imbang Madura United, Persebaya Pecat Djanur

Manajemen Persebaya secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya mengakhiri kontrak Djanur.


Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Tinggal Berharap pada Marcus/Kevin dan Fajar/Rian

Pemain Indonesia mulai berguguran di babak pertama Toyota Thailand Open 2019.


Bek Persebaya Otavio Dutra Segera Jadi WNI

Bek Persebaya Otavio Dutra Segera Jadi WNI

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra selangkah lagi bakal menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi.


Pertahankan Gelar, Minions Mulai Nyetel Lagi

Pertahankan Gelar, Minions Mulai Nyetel Lagi

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan juara Indonesia Open, usai menaklukkan rekan senegaranya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Minggu (2


Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Teka-teki mengapa penampilan Valentino Rossi begitu berbeda dengan rider Yamaha lainnya Maverick Vinales mulai terjawab.


Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

Markus/Kevin Lolos dari Hadangan Ganda Jepang

Perhelatan Indonesia Open 2019 sudah mulai bergulir di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (16/7) kemarin.


Rossi Mulai Tak Pede Juara Lagi

Rossi Mulai Tak Pede Juara Lagi

Hasil buruk yang diraih Valentino Rossi di paruh pertama musim ini membuat pembalap Monster Energy Yamaha itu kehilangan kepercayaan diri.


Persebaya Surabaya Tertahan Lagi di Kandangnya

Persebaya Surabaya Tertahan Lagi di Kandangnya

Persebaya Surabaya gagal meraih kemenangan dalam laga tunda pekan keempat Liga 1 Indonesia musim 2019 saat menghadapi Barito Putera.


Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Rossi Minta Yamaha Segera Berbenah

Pembalap gaek asal Italia, Valentino Rossi, mulai kehilangan kesabarannya dengan Yamaha.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!