Sport
Share this on:

Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

  • Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin
  • Persib Bandung Optimis Amankan Tiga Poin

BANDUNG - Setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, laga lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan kembali digulirkan. Pertandingan perdana usai libur lebaran tersebut bakal menyajikan pertarungan dua tim asal Jawa Barat antara Persib Bandung menghadapi PS Tira-Persikabo.

Dalam laga tunda pekan kedua yang bakal berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/4) malam ini, kedua kesebelasan dalam motiviasi tinggi untuk bisa meraih kemenangan. Seperti halnya Persib Bandung, mereka siap tempur menghadapi Tira Persikabo.

Hal tersebut diungkapkan langsung, pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Menurutnya, anak asuhnya dalam motivasi tinggi menjelang laga tersebut dan akan tampil penuh semangat usai libur bertandingan dengan waktu yang cukup lama.

"Sangat senang karena kami akan kembali bertanding. Karena sudah cukup lama sejak kami terakhir bermain di kompetisi. Kami sudah siap untuk memulai lagi kompetisi dan pemain sudah menatap ke depan, seperti yang yang lihat mereka mulai membangun kekuatan sebelum pertandingan dan sangat antusias, sangat termotivasi untuk bermain di kandang besok untuk meraih tiga poin," ungkap Robert dalam jumpa wartawan sebelum pertandingan, Senin (17/6) kemarin.

Apalagi, Robert mengaku senang dalam laga tersebut tiga pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia Achmad Jupriyanto, Febri Hariyadi, dan Gian Zola Nasrulloh, sudah kembali bergabung bersama Maung Bandung. Febri Hariyadi dan Achmad Jufriyanto sudah kembali bergabung bersama skuat Persib setelah memenuhi panggilan Timnas Indonesia dalam dua laga uji coba internasional kontra Yordania dan Vanuatu. Sementara itu, Gian Zola baru saja kembali setelah memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Merlion Cup 2019 yang digelar di Singapura.

"Selalu bagus ketika melihat ada pemain yang kembali dari tugas mereka di tim nasional, bukan hanya Jupe (Achmad Jupriyanto, red) dan Febri juga Zola sudah kembali dari Singapura di tim nasional U-23. Mereka kembali kemarin dan normalnya ketika pemain kembali dari timnas mereka dalam kondisi yang kelalahan. Jadi kami mengobservasi mereka tadi pagi dengan melihat performa kedua pemain tersebut dan menanyakan apa yang mereka rasakan, itu selalu penting," jelas Robert.

"Tapi ketika melihat mereka begitu cepat beradaptasi dalam latihan tentunya mereka besok akan ada dalam skuat. Sepertinya salah satu dari mereka akan menjadi starter dan satu lainnya akan berada di bench, saya akan lebih dahulu berdiskusi dengan tim pelatih sebelum menentukan keputusan. Tapi tentunya bagus melihat mereka kembali ke tim," sambung Robert.

Meski demikian, Robert meminta anak asuhnya untuk tetap mewapadai klub yang dulunya bernama PS TNI tersebut. Menurutnya, PS Tira Persikabo merupakan salah satu tim kuat dan berkarakter di Kompetisi Kasta Tertinggi di Tanah Air tersebut.

"Saya sepenuhnya setuju Tira mempunyai kualitas di lini serang dengan beberapa pemain kunci. Kekuatan mereka terletak di transisi dari bertahan ke menyerang karena sangat mobile dan cepat dengan kemampuan individual pemainnya. Tentu kami juga mempersiapkan penangkalnya dan kami juga akan bermain di Bandung, jadi kami harus memastikan bisa memenangi laga melawan Tira untuk memenuhi harapan semua (Bobotoh) karena misi kami adalah menyingkirkan keraguan, kami harus bertahan dengan kuat, fokus menjaga pertahanan," tukas pelatih berusia 64 tahun itu.

Sementara itu, motivasi tinggi juga ada pada PS Tira Persikabo untuk laga tersebut. Menurut pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, pertandingan dua tim ini sudah sangat dinanti oleh masyarakat Jawa Barat.

"Pertama kami mengucapkan mohon maaf lahir batin dari Tira-Persikabo, bahwa ini adalah pertandingan kami yang pertama pasca hari raya, begitu juga dengan Persib. Ini laga pekan ke-2 yang tertunda, dan tentu pertandingan yang cukup dinantikan oleh semua pecinta sepakbola, khususnya di Bandung dan Bogor. Kami hadir di Bandung bawa 20 pemain, dan sejauh ini semua pemain yang kami bawa dalam keadaan baik dan siap untuk pertandingan menghadapi Persib," tutur Rahmad Darmawan di tempat yang sama.

Lebih lanjut, pelatih yang akrab disapa RD itu mengaku bahwa timnya kehilangan momentum usai penundaan laga tersebut. Ia mengatakan, hal serupa juga diakunya dirasakan oleh Persib Bandung.

"Coach Albert dan saya masalahnya sama, kami kehilangan momentum. Seharusnya kami sebelum lawan Makassar lawan Persib, kami kehilangan momentum, ada empat hari yang hilang, dan pas lawan Makassar saya melihat ada penurunan kualitas tim. Tapi, ini hal biasa, dan Albert juga merasakan hal yang sama, dan memang tim membutuhkan waktu untuk kembali ke permainan semula," tegasnya.

Meski demikian, RD mengakui bahwa laga ini terasa istimewa baginya. Ia mengaku senang karena akan berhadapan dengan salah satu tim yang dinilainya memiliki pemain-pemain yang berkualitas serta klub unggulan di komepetisi musim ini. Oleh sebab itu, ia berharap para pemain memiliki motivasi untuk menghadapi tim berjuluk Pangeran Biru itu.

"Kita akan menghadapi satu tim yang secara kualitas tahun ini baik, perekrutan pemain yang dilakukan Persib pasca Piala Presiden juga bagus, mereka mampu mendatangkan pemain berkualitas, dan mampu menutupi kekurangan Persib. Saya melihat dua pertandingan Persib plus tiga pertandingan melawan Borneo, dari situ ada gambaran bahwa Persib adalah kompetitor juara liga. Ini tantangan besar bagi kami, dan saya harap semua pemain bisa jaga motivasi dan mengimbangi permainan Persib," tuturnya.

Pada perjumpaan terakhir kedua tim dalam ajang turnamen pramusim Piala Presiden 2019, Tira Persikabo sukses menjungkalkan perlawanan Persib dengan skor akhir 1-2 dihadapan puluhan ribu bobotoh. Namun, RD mengaku hal itu bukan-lah menjadi tolak ukur untuk timnya kembali meraih kemenangan, mengingat Persib terus berbenah dan melakukan perbaikan sejak saat itu.

"Persib sudah merekrut pemain yang pas, bahkan lokalnya ada Jupe untuk menutup beberapa kekurangan, dan ini tentu menjadi bagian dari analisa kita, mengantisipasi kelebihan mereka, karena pemain-pemain baru macam Artur (Gevorkyan) sudah bikin duagol, dan Rene Mihelic kontribusinya bagus, bikin assist. Menurut saya, bagus kualitas mereka. Ini tantangan bagi kami. Kita harus betul-betul fokus dan sangat bekerja keras," tukas RD.

Persib dan PS Tira-Persikabo merupakan dua tim yang baru menjalani dua pertandingan di Liga 1 Indonesia musim ini. Bebebeda dengan 16 tim lainnya yang sudah menjalani 3 laga. Meski demikian, posisi Persib dan PS Tira di klasemen sementara masih stabil di dengan sama-sama meraih empat poin.

Persib sendiri berada di posisi delapan klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan satu kemenganan dan satu hasil imbang. Hal yang sama juga diraih oleh PS Tira Persikabo yang kini menduduki peringkat sembilan. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Minions Incar Gelar Juara Dunia
Minions Incar Gelar Juara Dunia

Berita Sejenis

PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS dan Bhayangkara Raih Tiga Poin

PSIS Semarang dan Bhayangkara FC sukses meraih kemenanga dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019.


Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Kalteng Putra harus mengoptimalkan pemain lokal saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (16/7).


Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Paruh kedua MotoGP 2019 sebentar lagi, Marc Marquez masih bertengger di puncak klasemen dengan raihan 185 poin.


Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Big match antara Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 berakhir imbang.


Persija dan Persib Sama-sama Butuh Kemenangan

Persija dan Persib Sama-sama Butuh Kemenangan

Rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung hingga saat ini masih saja terus terjadi.


PSS Sleman Curi Poin di Kandang Kalteng Putra

PSS Sleman Curi Poin di Kandang Kalteng Putra

Berstatus sama-sama sebagai tim promosi, PSS Sleman sukses menggunduli Kalteng Putra dengan skor 2-0, Minggu (7/7)


Persija Jakarta Optimis Amankan Poin ke Final

Persija Jakarta Optimis Amankan Poin ke Final

Laga antara Persija Jakarta menghadapi Borneo FC bakal mengawali pertandingan babak semifinal Piala Indonesia 2018.


Optimis Curi Poin Perdana di Luar I Wayan Dipta

Optimis Curi Poin Perdana di Luar I Wayan Dipta

Hingga saat ini Bali United manjadi satu-satunya tim yang selalu merasakan kemenangan.


Dipinalti 12 Poin, Raghunathan Harus Absen di GP Austria

Dipinalti 12 Poin, Raghunathan Harus Absen di GP Austria

Pembalap rookie MP Motorsport, Mahaveer Raghunathan harus menjadi pesakitan pada musim debutnya di balapan Formula 2.




Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!