Sport
Share this on:

Persija Butuh Keajaiban

  • Persija Butuh Keajaiban
  • Persija Butuh Keajaiban

JAKARTA - Persija Jakarta gagal meraih kemenangan pada matchday keempat babak penyisiha Grup G Piala AFC 2019. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut menelan kekalahan atas tamunya Ceres Negros dengan skor 2-3 dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (23/4) kemarin.

Dua gol untuk Persija dicetak oleh Sandi Sute dan Bruno Matos. Sedangkan tiga gol balasan Ceres-Negros dicetak Miguel Tanton, Bienvenido Maranon dan Mike Ott. Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri, Persija lebih dominan melakukan serangan sejak babak pertama dimulai.

Namun, Ceres yang unggul postur pemain mampu meredam dengan baik serangan-serangan yang dilancarkan oleh anak asuh Ivan Kolev tersebut. Menit ke-19, Persija mendapatkan peluang emas setelah mendapat hadiah penalti.

Penalti diberikan setelah Sandi Sute yang menerima umpan dari Bruno Matos dilanggar oleh pemain belakang Ceres, Super di kotak terlarang. Sayang, kesempatan emas itu tak dimanfaatkan dengan baik, setelah sepakan Bruno Matos yang menjadi eksekutor, masih mampu dihentika oleh penjaga gawang Ceres, Ronald Muller.

Setelah itu, laga terus berjalan semakin ketat. Jual beli serangan ditunjukka oleh kedua kesebelasan. Namun, hingga babak pertama berakhir skor imbang 0-0 tak berubah. Memasuki babak kedua, lagi-lagi Persija berinisiatif untuk melakukan serangan terlebih dahulu.

Hasilnya, laga babak kedua baru berjalan empat menit, Persija berhasil menciptakan keunggulan lewa gol yang dicetak oleh Sandi Sute. Gol itu berawal dari sepakan tendangan bebas Ismed Sofyan di sisi kanan pertahanan Ceres mampu diteruskan dengan sundulan oleh Sandi Sute untuk memperdayai Muller.

Persija berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-57. Kali ini Bruno Matos yang sukses mencatatakan namanya di papan skor usai tendangan kaki kirinya tak mampu dihalau oleh Muller.

Gol penebus 'dosa' bagi Bruno ini juga berawal dari tendangan bebas Ismed Sofyan dari tengah lapangan diteruskan sundulan Novri Setiawan ke kotak penalti. Bruno Matos yang melepaskan diri dari kawalan pemain Ceres-Negros berhasil menyepak bola dan mengirimnya ke gawang.

Pada menit ke-70, Ceres-Negros memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2. Andritany Ardhiyasa gagal menyelamatkan bola hasil tendangan bebas yang dilakukan pemain Ceres Negros, Miguel Tanton. Lima menit sebelum pertandingan berakhir di waktu normal, Ceres berhasil menyamaka kedudukan menjadi 2-2.

Umpan silang Stephan Schrock dari sisi kiri disambut sundulan keras oleh Maranon yang menghujam deras gawang Persija tak mampu dihalau oleh Andritany. Petaka bagi tim tuan rumah ternyata belum berakhir sampai di sini. Di masa tambahan waktu Ceres mampu berbalik unggul 3-2.

Umpan lambung Stephan Schrock berhasil disontek Mike Ott tanpa bisa dihentikan Andritany. Skor 2-3 untuk keunggulan Ceres bertahan hingga laga berkahir. Kekalahan ini patut disayangkan oleh pelatih Persija, Ivan Kolev.

Menurut mantan pelatih Timnas Indonesia itu tak seharusnya Persija kalah, lantaran dinilainya anak asuhanya sempat tampil baik sebelum gol kedua Ceres berasarang. "Patut disayangkan kita kalah dalam pertandingan ini, kami sedih dan sangat menyesal. Padahal saya pikir, kita sudah bermain cukup bagus hingga menit ke-70, apalgi di babak pertama, kita bermain cukup baik," ungkap Kolev usai pertandingan.

"Sayang, (Bruno Matos) gagal dalam mencetak gol melalui tendangan penalti. Dan kita juga melewatkan beberapa peluang bagus. Seandaianya kita bisa mencetak gol (di babak pertama) mungkin situasinya akan berbeda," sambung Kolev.

Kekalahan yang diterima Persija ini membuat peluang mereka semakin kecil untuk bisa lolos ke fase gugur. Tim asal Ibu Kota Indonesia itu, kini berada di peringkat ketiga klasemen dengan raihan empat poin atau tertinggal delapan angka dari Ceres yang semakin kokoh di posisi puncak.

Sedangkan di posisi kedua, untuk sementara dihuni Bin Dhuong yang mengemas tujuh poin. Namun, Persija masih memiliki dua pertandinga lagi di babak penysisihan Grup G Piala AFC 2019 ini. Nasib juara Liga 1 Indonesia musim 2018 itu ditentukan setelah melawat ke ke markas Bin Dhuong (1/5) dan menjamu Shan United (15/5) mendatang.

"Pastinya kita akan tetap bertarung hingga akhir. Tanggl 1 Mei kita akan berlaga di Vietnam (menghadapi Becamex), disitu kita perlu menangan dan mencuri tiga poin," tegasnya.

Sementara itu pelatih fisik Ceres-Negros, Slobodan Klacar membeberkan kunci kemenangan timnya atas Persija. Menurutnya, kunci kemenangan timnya ada pada stamina tim yang dipertahankan untuk melakukan serangan.

"Babak pertama kita memang kesulitan, karena ada tekanan. Setelah tertinggal 0-2, kami masih memiliki stamina, sehingga masih mampu membalikkan kedudukan. Dan kami juga bisa mengatur tempo pemainan yang cukup baik dan menguasai permainan di babak kedua. Setelah imbang (2-2), energis yang kami memiliki digunakan untuk megembalikan (kedudukan)," jelas Slobodan menandaskan. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Perkuat Skuat, Persija Jakarta Datangkan Pemain Anyar

Persija Jakarta kembali mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pertengahan musim Liga 1 Indonesia 2019.


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,


Naomi Gusur Ambisi Gauff

Naomi Gusur Ambisi Gauff

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan Naomi Osaka untuk menghempaskan petenis muda asal Amerika Serikat Coco Gauff pada US Open di New York tadi malam.


Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Dengan alasan keamanan, PSSI akhirnya menunda leg kedua babak final Piala Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta melawan PSM Makassar.


Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Motor Rossi Butuh Set Up Berbeda

Teka-teki mengapa penampilan Valentino Rossi begitu berbeda dengan rider Yamaha lainnya Maverick Vinales mulai terjawab.


Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo berambisi untuk bisa meneruskan tren positifnya yang belum meraih kekalahan sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia musim ini.


Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Seri Lagi, Hasil yang Adil untuk Big Match Persija vs Persib

Big match antara Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019 berakhir imbang.


Persija dan Persib Sama-sama Butuh Kemenangan

Persija dan Persib Sama-sama Butuh Kemenangan

Rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung hingga saat ini masih saja terus terjadi.


Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

Final Piala Indonesia, Persija Jakarta Jadi Tuan Rumah Dulu

Drawing babak Final Piala Indonesia 2018 yang mempertemukan Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar sudah digelar.


Imbangi Borneo FC, Persija Jakarta Tunggu Lawan di Final

Imbangi Borneo FC, Persija Jakarta Tunggu Lawan di Final

Persija Jakarta berhasil melangkah ke Final Piala Indonesia 2018.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!