Sport
Share this on:

Putri Lawan India, Putra Tantang Jepang

  • Putri Lawan India, Putra Tantang Jepang
  • Putri Lawan India, Putra Tantang Jepang

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.

ALOR SETAR - Tim putri Indonesia lolos sempurna dari babak penyisihan grup Z Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Alor Setar, Malaysia. Fitriani dkk bertengger di puncak klasemen setelah mengalahkan Tiongkok 3-2. Selanjutnya, srikandi bulu tangkis Merah Putih akan menghadapi India di perempat final.

Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta menjadi penentu kemenangan tim setelah mengalahkan Cao Tong Wei/Yu Zheng pada partai keempat. Laga tersebut berjalan ketat. Della/Rizki yang kalah di set pertama tidak patah semangat. Sebab, jika mereka gagal meraih poin, tentu beban Ruselli Hartawan yang turun di partai terakhir menghadapi Chen Xiaoxin makin berat.

’’Kami ingin menang dan menyumbang angka untuk tim. Apalagi, Indonesia sudah unggul 2-1,’’ ucap Della setelah pertandingan. Bermain tenang, fokus, dan tidak terlalu bernafsu untuk menang menjadi kuncinya. Pemain 25 tahun itu mengatakan, kemenangan Fitriani yang turun sebagai tunggal pertama atas Chen Yufei mendongkrak mental dan motivasi kawan-kawannya untuk menang.

Kabidbinpres Pengurus Pusat Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Susy Susanti mengapresiasi daya para srikandi bulu tangkis tanah air. Strategi tim pelatih untuk mengambil poin di dua partai awal berjalan baik.

’’Namun, ini baru langkah awal. Kami harus tetap fokus dan konsisten. Kemenangan ini menjadi penyemangat untuk tim putri di pertandingan-pertandingan selanjutnya,’’ katanya.

Laga babak perempat final hari ini melawan India diprediksi juga berlangsung seru. India memiliki dua pemain tunggal top dunia, Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal. Tunggal pertama dan kedua Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung, bakal kesulitan menundukkan dua ratu bulu tangkis India tersebut.

Selisih peringkat Fitriani dan Sindhu cukup jauh. Fitriani peringkat ke-29 dan Sindhu peringkat ke-3. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, Sindhu selalu menang. Dua di antara kemenangan itu dijalani dua set langsung. Terakhir mereka bertemu di Piala Sudirman tahun lalu dengan skor akhir 8-21, 19-21.

Di nomor ganda, Indonesia lebih diunggulkan. Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Della/Rizki diprediksi tidak akan kesulitan mengalahkan ganda India, Ashwini Ponnappa/Reddy N Sikki dan Sanyogita Ghorpade/Prajakta Sawant. Pertarungan hidup mati bakal terjadi di tunggal ketiga, mungkin antara Ruselli Hartawan dan Sri Krishna Priya Kudaravalli.

Peringkat pemain India itu memang lebih baik, yakni ke-67, sedangkan Ruselli ke-81. Namun, dua pertemuan mereka selalu dimenangkan Ruselli. ’’Kami harus maksimal mengamankan dua poin dari sektor ganda,’’ tegas Susy.

Di bagian putra, Indonesia nyaris dipermalukan India di turnamen yang menjadi kualifikasi Piala Thomas itu. Jonatan Christie yang didapuk sebagai tunggal pertama tampil gemilang. Dia menyumbang poin pertama bagi tim setelah menang atas Kidambi Srikanth.

Dua partai selanjutnya, Indonesia harus rela kehilangan poin. Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah tiga set oleh Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting harus mengakui keunggulan Sai Praneeth.

Namun, asa untuk memenangi laga lahir dari pasangan Angga Pratama/Rian Agung Saputro yang turun di partai keempat. Mereka melakoni laga sengit melawan Arjun M.R./Ramchandran Shlok. Laga yang berlangsung 48 menit tersebut akhirnya menjadi milik Angga/Rian sekaligus menyamakan kedudukan 2-2.

Ihsan Maulana Mustofa berhasil memastikan kemenangan Indonesia di partai terakhir. Hanya butuh 25 menit pemain kelahiran Tasikmalaya tersebut menyudahi perlawanan Reddy B. Sumeeth. (han/c4/tom/jpg)

Berita Sebelumnya

Pede Ditonton 3 Juta Penonton
Pede Ditonton 3 Juta Penonton

Berita Berikutnya

Ganda Eksperimen Gagal
Ganda Eksperimen Gagal

Berita Sejenis

Balapan Match Point Pertama Honda

Balapan Match Point Pertama Honda

Duel sengit antara pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso diprediksi bakal benar-benar tersaji pada GP Jepang.


Kalah Lagi, Jojo Selalu Kesulitan Hadapi Pemain India

Kalah Lagi, Jojo Selalu Kesulitan Hadapi Pemain India

Tunggal putra India menjadi pengganjal bagi seorang Jonatan Christie.


Tanpa Ginting, Jojo Harus Buktikan Diri

Tanpa Ginting, Jojo Harus Buktikan Diri

Dari dua tunggal putra pelatnas yang terjun di Denmark Terbuka, tinggal Jonatan Christie yang masih bertahan.


Raih Gelar Ketiga ATP Challenger 

Raih Gelar Ketiga ATP Challenger

Kabar baik datang dari petenis putra peraih emas Asian Games 2018 Christopher Rungkat.


Kevin dkk Terharu Perjuangan Skuad Bulutangkis

Kevin dkk Terharu Perjuangan Skuad Bulutangkis

Tim ganda putra pelatnas hadir memberikan dukungan langsung kepada para pebulutangkis yang tengah berjuang di Asian Para Games 2018.


Janji Setia Vettel

Janji Setia Vettel

Kekalahan mendasar yang dilakukan Ferrari terkait pemilihan ban di kualifikasi ketiga (Q3) pada GP Jepang Minggu kemarin sempat membuat pembalap mereka Sebastia


Di Suzuka, Mercedes Sangat Dominan

Di Suzuka, Mercedes Sangat Dominan

Mercedes benar-benar menebar ancaman di sirkuit Suzuka pada GP Jepang.


Wozniacki ke Babak Ketiga

Wozniacki ke Babak Ketiga

Lengkap sudah line-up petenis yang bakal bertarung di babak ketiga Tiongkok Terbuka di sektor tunggal putri.


Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi

Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi

Dunia bulutangkis Indonesia terus menggeliat. Ganda putra dan ganda campuran berulangkali meraih gelar juara di berbagai turnamen.


Petenis Jepang Makin Bersinar

Petenis Jepang Makin Bersinar

Capaian apik Naomi Osaka sebagai juara grand slam Amerika Serikat Terbuka musim ini tampaknya membuat para petenis-petenis Jepang lainnya terlecut untuk mengiku



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!