Sport
Share this on:

Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

  • Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta
  • Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

SEPANG - Misi besar diusung salah satu tim pabrikan, Red Bull KTM Factory Racing di musim MotoGP 2019. Tak tanggung-tanggung, mereka mendatangkan pembalap peringkat keenam dua musim lalu terakhir, Johan Zarco.

Pembalap Prancis itu diharapkan bisa mendongkrak performa tim asal Austria itu bersaing di MotoGP 2019. Minimal, bisa menembus papan tengah.

Sebelumnya, Zarco membalap bersama Tech 3. Adapun, Tech 3 kini juga menjalin kerja sama dengan KTM untuk menyediakan mesin balap di MotoGP 2019. Bos Tech 3, Herve Poncharal menilai mantan pembalapnya itu bisa membantu KTM menjadi salah satu tim papan atas di MotoGP.

Poncharal melihat ada kesamaan Zarco dan Andrea Davizioso yang sebelumnya menjadi bagian Tech 3 dan bergabung Ducati pada 2013 lalu. "Mereka tidak bersikap sok bintang, dan promadona. Keduanya sangat dekat dengan crew," terang Poncharal dikutip Autosport.

Tahun lalu, mengandalkan Pol Espargaro (Spanyol) dan Bradley Smith, KTM belum mampu bicara banyak. Mereka memang terbilang tim "kemarin sore". Baru dua musim terakhir mereka membalap di kelas para raja. Bersama Aprillia, KTM selalu menempati posisi dua terbawah konstruktor.

Untuk kategori tim, musim lalu, Red Bull KTM Factory Racing menempati posisi sembilan dari 12 tim yang ikut serta. KTM hanya unggul dari Aprillia dan dua tim satelit, EG 0,0 Marc VDS dan Reale Avintia Racing.

Bahkan, musim lalu, KTM hanya sekali mengantarkan Pol Espargaro naik podium. Yakni ketika seri pemungkas di Valencia. Musim ini, posisi Bradley digantikan perannya oleh Zarco. Selanjutnya, Bradley menjadi masuk tim uji bersama tim Aprillia.

Di sisi lain, Dani Pedrosa, dan pembalap Mika Kallio didapuk sebagai pembalap uji coba KTM. Pengalaman panjang keduanya tentu diharapkan bisa membuat mesin KTM RC16 memacu lebih kencang.

Sementara itu, untuk level konstruktor, KTM bakal lebih berdaya musim ini. Sebab, ada Tech 3 yang musim ini berlabuh bersama KTM. Tech 3 mengakhiri kerja sama 17 tahun bersama Yamaha.

Tahun ini tech 3 masih menggunakan tenaga satu-satunya pembalap Asia Tenggara di MotoGP, Hafizh Syahrin, dan pembalap rookie Miguel Oliveira. Dia promosikan dari tim Red Bull KTM Ajo di bertarung di Moto2.

Dalam dua musim terakhir, Oliveira tampil impresif dengan menempati tiga besar klasemen pembalap. Musim lalu, dia mengakhiri musim di peringkat kedua setelah semusim sebelumnya bertengger di posisi kedua

Hafizh dan Oliveira akan menguji kemampuan mesin KTM pada saat test pramusim resmi yang berlangsung 6-8 Februari pekan depan. Hafizh yang merupakan pembalap asal Malaysia sudah paham betul dengan Sirkuit International Sepang. Dia memanfaatkan kesempatan shakedown test yang berlangsung kemarin hingga besok untuk melihat kemampuan mesin.

Selanjutnya, dia akan memanfaatkan tes pramusim pekan depan. "Kami punya enam hari beruji coba di Sepang, saya berharap bisa bertahan dengan 100 persen energi," terang Hafizh dikutip Crash.

Seperti halnya Zarco, Hafizh juga butuh penyesuaian setelah musim lalu menunggangi mesin Yamaha YZR M1. Musim ini, mereka menggunakan mesin KTM RC16. "Elektroniknya sedikit berbeda ketimbang Yamaha, juga tenaga mesinnya," ujarnya.

Menurut Hafizh, mesin Yamaha punya ciri ujung bawah mesin sedikit halus. Sedangkan dengan V4 KTM, dia merasakan torsi di bagian bawah yang lebih agresif. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Project Leader Yamaha Diganti
Project Leader Yamaha Diganti

Berita Berikutnya

Sauber Ganti Nama
Sauber Ganti Nama

Berita Sejenis

Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Test rider KTM, Mika Kallio akhirnya menggantikan pembalap Prancis, Johann Zarco di Red Bull KTM Factory Racing mulai seri Aragon pekan lalu.


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Isu "comeback" pembalap veteran Alvaro Bautista ke MotoGP bersama tim KTM tahun depan resmi terbantahkan.


Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mencari celah agar bisa naik podium di seri MotoGP Inggris.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Pamor Moto2 semakin meredup. Sejumlah tim racing mulai hengkang dari kasta kedua MotoGP tersebut.


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


See You Next Time, Zarco

See You Next Time, Zarco

Senin (12/8), KTM mengumumkan Johan Zarco akan meninggalkan KTM setelah setahun menggawangi pabrikan motor Austria itu di MotoGP.


Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Musim pertama yang mengesankan. Ini tentu disandang Brad Binder (Red Bull KTM Ajo).



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!