Sport
Share this on:

Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

  • Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta
  • Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

SEPANG - Misi besar diusung salah satu tim pabrikan, Red Bull KTM Factory Racing di musim MotoGP 2019. Tak tanggung-tanggung, mereka mendatangkan pembalap peringkat keenam dua musim lalu terakhir, Johan Zarco.

Pembalap Prancis itu diharapkan bisa mendongkrak performa tim asal Austria itu bersaing di MotoGP 2019. Minimal, bisa menembus papan tengah.

Sebelumnya, Zarco membalap bersama Tech 3. Adapun, Tech 3 kini juga menjalin kerja sama dengan KTM untuk menyediakan mesin balap di MotoGP 2019. Bos Tech 3, Herve Poncharal menilai mantan pembalapnya itu bisa membantu KTM menjadi salah satu tim papan atas di MotoGP.

Poncharal melihat ada kesamaan Zarco dan Andrea Davizioso yang sebelumnya menjadi bagian Tech 3 dan bergabung Ducati pada 2013 lalu. "Mereka tidak bersikap sok bintang, dan promadona. Keduanya sangat dekat dengan crew," terang Poncharal dikutip Autosport.

Tahun lalu, mengandalkan Pol Espargaro (Spanyol) dan Bradley Smith, KTM belum mampu bicara banyak. Mereka memang terbilang tim "kemarin sore". Baru dua musim terakhir mereka membalap di kelas para raja. Bersama Aprillia, KTM selalu menempati posisi dua terbawah konstruktor.

Untuk kategori tim, musim lalu, Red Bull KTM Factory Racing menempati posisi sembilan dari 12 tim yang ikut serta. KTM hanya unggul dari Aprillia dan dua tim satelit, EG 0,0 Marc VDS dan Reale Avintia Racing.

Bahkan, musim lalu, KTM hanya sekali mengantarkan Pol Espargaro naik podium. Yakni ketika seri pemungkas di Valencia. Musim ini, posisi Bradley digantikan perannya oleh Zarco. Selanjutnya, Bradley menjadi masuk tim uji bersama tim Aprillia.

Di sisi lain, Dani Pedrosa, dan pembalap Mika Kallio didapuk sebagai pembalap uji coba KTM. Pengalaman panjang keduanya tentu diharapkan bisa membuat mesin KTM RC16 memacu lebih kencang.

Sementara itu, untuk level konstruktor, KTM bakal lebih berdaya musim ini. Sebab, ada Tech 3 yang musim ini berlabuh bersama KTM. Tech 3 mengakhiri kerja sama 17 tahun bersama Yamaha.

Tahun ini tech 3 masih menggunakan tenaga satu-satunya pembalap Asia Tenggara di MotoGP, Hafizh Syahrin, dan pembalap rookie Miguel Oliveira. Dia promosikan dari tim Red Bull KTM Ajo di bertarung di Moto2.

Dalam dua musim terakhir, Oliveira tampil impresif dengan menempati tiga besar klasemen pembalap. Musim lalu, dia mengakhiri musim di peringkat kedua setelah semusim sebelumnya bertengger di posisi kedua

Hafizh dan Oliveira akan menguji kemampuan mesin KTM pada saat test pramusim resmi yang berlangsung 6-8 Februari pekan depan. Hafizh yang merupakan pembalap asal Malaysia sudah paham betul dengan Sirkuit International Sepang. Dia memanfaatkan kesempatan shakedown test yang berlangsung kemarin hingga besok untuk melihat kemampuan mesin.

Selanjutnya, dia akan memanfaatkan tes pramusim pekan depan. "Kami punya enam hari beruji coba di Sepang, saya berharap bisa bertahan dengan 100 persen energi," terang Hafizh dikutip Crash.

Seperti halnya Zarco, Hafizh juga butuh penyesuaian setelah musim lalu menunggangi mesin Yamaha YZR M1. Musim ini, mereka menggunakan mesin KTM RC16. "Elektroniknya sedikit berbeda ketimbang Yamaha, juga tenaga mesinnya," ujarnya.

Menurut Hafizh, mesin Yamaha punya ciri ujung bawah mesin sedikit halus. Sedangkan dengan V4 KTM, dia merasakan torsi di bagian bawah yang lebih agresif. (nap/jpg)

Berita Sebelumnya

Project Leader Yamaha Diganti
Project Leader Yamaha Diganti

Berita Berikutnya

Sauber Ganti Nama
Sauber Ganti Nama

Berita Sejenis

Brad Binder Gabung KTM Tech 3

Brad Binder Gabung KTM Tech 3

KTM Tech 3 resmi mengumumkan bergabungnya Brad Binder yang akan naik kelas ke MotoGP sebagai pembalap Tech 3 pada 2020.



Penjualan Seret, Harga Bir Naik

Penjualan Seret, Harga Bir Naik

Panitia penyelenggara Copa America 2019 Brasil ini menyediakan sejuta tiket untuk penonton di enam stadion.


Peringkat Naik, Jojo Salip Anthony Ginting

Peringkat Naik, Jojo Salip Anthony Ginting

Jonatan Christie sukses merebut dua gelar secara beruntun, New Zealand Open dan Australian Open.


Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

Skuad Indonesia tidak pulang dengan tangan hampa. Setidaknya pada ajang Piala Sudirman 2019 ini mereka mampu naik podium.


Bottas Ingin Akhiri Catatan Buruk di Monaco

Bottas Ingin Akhiri Catatan Buruk di Monaco

Valtteri Bottas memiliki catatan buruk di sirkuit Monaco, yakni belum pernah sekalipun naik podium di Monaco.


Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez kembali naik podium saat menjadi yang tercepat di MotoGP seri GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5).


Marquez Anggap Le Mans Sulit, Rossi Optimis Naik Podium

Marquez Anggap Le Mans Sulit, Rossi Optimis Naik Podium

Gelaran MotoGP 2019 akan memasuki seri keempat. Selanjutnya para rider MotoGP akan bersaing di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5) malam WIB.


Zarco Ogah Pasang Target Tinggi

Zarco Ogah Pasang Target Tinggi

Tim Pabrikan Austria KTM tak mau memasang target tinggi dalam race ke empat Le Mans Perancis, Minggu (19/5) mendatang.


Mantul, Vinales Mulai Cepat

Mantul, Vinales Mulai Cepat

Musim 2018 menjadi salah satu musim terburuk bagi Monster Energy Yamaha MotoGP. Mereka hanya mencatat sekali kemenangan dari 10 kali kesempatan naik podium.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!