Sport
Share this on:

Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

  • Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun
  • Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

SEPANG - Setelah Yamaha memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga 2020, tinggal nasib sang maestro Valentino Rossi yang belum pasti. Dalam sebuah wawancara di tengah peluncuran tim Movistar Yamaha di Valencia (24/1), The Doctor meyakini kontraknya bakal diperpanjang setidaknya setahun lagi.

Rossi menyebut, kini, bola ada ada di tangannya untuk dimainkan. Artinya, Yamaha menjadi pihak yang tinggal menunggu keputusan legenda hidup MotoGP itu. ''Biasanya kami berbicara (kontrak) dua tahun. Tapi bisa juga setahun. Yamaha sangat terbuka, '' ungkap rider yang bakal menginjak 39 tahun bulan depan itu sebagaimana dilansir Motorsport.

Jika kesepakatan satu tahun perpanjangan tercapai, itu berarti Rossi bakal bertahan di MotoGP hingga berumur 40 tahun. Uji coba pra musim perdana di Sepang 28-30 Januari akan menjadi salah satu acuannya dalam mengambil keputusan. Kemudian dilanjutkan dengan hasil tiga balapan pembuka 2018. ''Kami akan berbicara sesuatu setelah tes,'' imbuhnya.

Menurutnya, hal terpenting untuk dipertimbangkan adalah menjaga motivasi untuk tetap tampil kompetitif di level teratas. ''Atau saya lebih memilih tinggal di rumah, menonton balapan di depan TV di atas sofa. Atau bekerja mengembangkan talenta pembalap muda. Ini keputusan yang harus saya ambil (bukan Yamaha),'' tegasnya.

Perihal motivasi itu, sebenarnya, Rossi sudah menangkap sinyal positif dari calon motor barunya yang dipakai untuk 2018. Sejak dijajal di Valencia dan Sepang akhir tahun lalu, bagi Rossi, dia dan Vinales memiliki rasa yang sama terkait kelemahan sasis dan basis pengembangan motor. Itu berbeda dengan tahun lalu.

Seperti diketahui, Yamaha tengah bekerja keras mencari solusi atas buruknya performa sasis motor Yamaha 2017 yang begitu rakus pada ban belakang. Juga sama sekali tak ramah saat diajakbertarung di trek basah.

Kepala mekanik Rossi, Silvano Galbussera juga menyebut Yamaha gagal membongkar rahasia potensial di dalam sistem elektronik rakitan Magnetti Mareli. Berbeda dengan Ducati dan Honda yang sudah menguasai teknologi tersebut karena membajak insinyur dari pabrikan Italia tersebut. Jadi, hasil tes pertama di Sepang akan menjadi krusial bagi kontrak Rossi. Jika YZR-M1 2018 memuaskan, kemungkinan besar dia masih akan membalap di MotoGP tahun depan.

Dari kubu Repsol Honda, kemarin mereka mengumumkan jadwal peluncuran tim untuk musim 2018. Untuk keempat kalinya secara beruntun, pabrikan raksasa Jepang itu memilih Indonesia sebagai tuan rumah pembukaan selubung motor baru RC213V. Jadwalnya adalah 20 Februari 2018.

Pengumuman itu dikabarkan melalui akun Twitter Repsol Honda. Sejak 2015, Repsol Honda sudah memilih Indonesia sebagai tempat peluncuran tim. Untuk edisi perdana mereka melakukannya di Bali. Kemudian 2016-2017 digelar di Jakarta. (cak/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Megah, tapi Tidak Cukup
Megah, tapi Tidak Cukup

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Rossi Tolak Jabat Tangan Marquez

Rossi Tolak Jabat Tangan Marquez

Hubungan pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez memang naik turun.


Di Misano, Honda Sulit Terbendung

Di Misano, Honda Sulit Terbendung

Dengan tujuh balapan tersisa musim ini, dan jarak poin yang sudah 59 angka dari peringkat kedua yakni pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi.


Petenis Muda Kian Bersinar di AS Terbuka

Petenis Muda Kian Bersinar di AS Terbuka

Petenis Belarusia Aryna Sabalenka mencuri perhatian di grand slam AS Terbuka. Kemarin petenis 20 tahun itu memastikan diri menembus babak keempat alias 16 besar


Marquez cs Temui Paus Fransiskus

Marquez cs Temui Paus Fransiskus

Di tengah persiapan menuju GP San Marino Minggu mendatang (9/9), beberapa pembalap MotoGP bertatap muka dengan Paus Fransiskus di Vatikan.


Perpisahan dengan Nadal dan AS Terbuka

Perpisahan dengan Nadal dan AS Terbuka

Tiga tahun lalu, menyaksikan duel duo petenis Spanyol Rafael Nadal kontra David Ferrer di babak-babak akhir turnamen berlevel ATP 500.


Balapan Batal, Kembalikan Uang Kami!

Balapan Batal, Kembalikan Uang Kami!

Sekitar 90 ribu penonton MotoGP Inggris di Silverstone kedinginan. Suhu udara waktu itu tembus 13 derajat Celsius.


Luthi Balik Kucing ke Moto2

Luthi Balik Kucing ke Moto2

Hasil buruk dalam sepuluh balapan pertama di MotoGP tahun ini membuat pembalap Marc VDS Tom Luthi tahu diri.


Kejar Rekor Megah Di Brno

Kejar Rekor Megah Di Brno

Melanjutkan kembali musim balap MotoGP 2018 usai jeda musim panas, dua pembalap penghuni klasemen teratas memasuki satu fase sejarah dalam karir mereka.


Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Sebelum memasuki jedah musim panas MotoGP 2018, juara bertahan Marc Marquez sudah unggul 46 poin sebagai pemuncak klasemen pembalap.


Menanti Kejutan Ganda Pelapis

Menanti Kejutan Ganda Pelapis

Pebulu tangkis Indonesia akan menjalani turnamen penting menjelang Asian Games tahun ini.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!