Sport
Share this on:

Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

  • Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun
  • Rossi di MotoGP sampai Umur 40 Tahun

SEPANG - Setelah Yamaha memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga 2020, tinggal nasib sang maestro Valentino Rossi yang belum pasti. Dalam sebuah wawancara di tengah peluncuran tim Movistar Yamaha di Valencia (24/1), The Doctor meyakini kontraknya bakal diperpanjang setidaknya setahun lagi.

Rossi menyebut, kini, bola ada ada di tangannya untuk dimainkan. Artinya, Yamaha menjadi pihak yang tinggal menunggu keputusan legenda hidup MotoGP itu. ''Biasanya kami berbicara (kontrak) dua tahun. Tapi bisa juga setahun. Yamaha sangat terbuka, '' ungkap rider yang bakal menginjak 39 tahun bulan depan itu sebagaimana dilansir Motorsport.

Jika kesepakatan satu tahun perpanjangan tercapai, itu berarti Rossi bakal bertahan di MotoGP hingga berumur 40 tahun. Uji coba pra musim perdana di Sepang 28-30 Januari akan menjadi salah satu acuannya dalam mengambil keputusan. Kemudian dilanjutkan dengan hasil tiga balapan pembuka 2018. ''Kami akan berbicara sesuatu setelah tes,'' imbuhnya.

Menurutnya, hal terpenting untuk dipertimbangkan adalah menjaga motivasi untuk tetap tampil kompetitif di level teratas. ''Atau saya lebih memilih tinggal di rumah, menonton balapan di depan TV di atas sofa. Atau bekerja mengembangkan talenta pembalap muda. Ini keputusan yang harus saya ambil (bukan Yamaha),'' tegasnya.

Perihal motivasi itu, sebenarnya, Rossi sudah menangkap sinyal positif dari calon motor barunya yang dipakai untuk 2018. Sejak dijajal di Valencia dan Sepang akhir tahun lalu, bagi Rossi, dia dan Vinales memiliki rasa yang sama terkait kelemahan sasis dan basis pengembangan motor. Itu berbeda dengan tahun lalu.

Seperti diketahui, Yamaha tengah bekerja keras mencari solusi atas buruknya performa sasis motor Yamaha 2017 yang begitu rakus pada ban belakang. Juga sama sekali tak ramah saat diajakbertarung di trek basah.

Kepala mekanik Rossi, Silvano Galbussera juga menyebut Yamaha gagal membongkar rahasia potensial di dalam sistem elektronik rakitan Magnetti Mareli. Berbeda dengan Ducati dan Honda yang sudah menguasai teknologi tersebut karena membajak insinyur dari pabrikan Italia tersebut. Jadi, hasil tes pertama di Sepang akan menjadi krusial bagi kontrak Rossi. Jika YZR-M1 2018 memuaskan, kemungkinan besar dia masih akan membalap di MotoGP tahun depan.

Dari kubu Repsol Honda, kemarin mereka mengumumkan jadwal peluncuran tim untuk musim 2018. Untuk keempat kalinya secara beruntun, pabrikan raksasa Jepang itu memilih Indonesia sebagai tuan rumah pembukaan selubung motor baru RC213V. Jadwalnya adalah 20 Februari 2018.

Pengumuman itu dikabarkan melalui akun Twitter Repsol Honda. Sejak 2015, Repsol Honda sudah memilih Indonesia sebagai tempat peluncuran tim. Untuk edisi perdana mereka melakukannya di Bali. Kemudian 2016-2017 digelar di Jakarta. (cak/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Megah, tapi Tidak Cukup
Megah, tapi Tidak Cukup

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ubah Bentuk Tangki, Yamaha Ikuti Jejak Lorenzo

Ubah Bentuk Tangki, Yamaha Ikuti Jejak Lorenzo

Sukses Jorge Lorenzo memenangi dua balapan MotoGP secara beruntun bersama Ducati tak lepas dari perubahan bentuk tangki bahan bakar.


Kembali Setelah Delapan Tahun

Kembali Setelah Delapan Tahun

Setelah delapan tahun tak pernah ambil bagian, Novak Djokovic tahun ini akan kembali tampil di ajang Quenn's Club Tournament yang mulai dihelat awal pekan depan


The Next Marquez Ke Suzuki

The Next Marquez Ke Suzuki

Sejak kembali ke MotoGP 2015 lalu, Suzuki belum pernah salah memilih talenta muda untuk dipupuk menjadi seorang bintang besar.


Setelah Bertahan 18 tahun, Rekornas Junior 18 Tahun Pecah Juga

Setelah Bertahan 18 tahun, Rekornas Junior 18 Tahun Pecah Juga

Meski gagal naik podiumdi Kejuaraan Asia Junior 2018, Halomoan Edwin Binsar, atlet lari 400 meter gawang mampu memecahkan rekor nasional junior.


Iannone Hengkang dari Suzuki

Iannone Hengkang dari Suzuki

Satu lagi tim pabrikan MotoGP mengumumkan pecah kongsi dengan pembalapnya.


Owi/Butet Persiapan Akhir di Kudus

Owi/Butet Persiapan Akhir di Kudus

Pebulu tangkis Indonesia tahun ini memang bakal menyasar Asian Games sebagai tujuan utama.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Lorenzo Mulai Bisa Taklukan Desmosedici

Lorenzo Mulai Bisa Taklukan Desmosedici

Jorge Lorenzo akhirnya berhasil menjuarai MotoGP bersama Ducati.


Dari Rusia dengan Cinta

Dari Rusia dengan Cinta

Tradisi itu dimulai pada 1986. Ya, 32 tahun silam di Meksiko.


Comeback, Serena Bukan Unggulan di Prancis Terbuka

Comeback, Serena Bukan Unggulan di Prancis Terbuka

Mantan ranking satu dunia tunggal putri Serena Williams memutuskan tampil untuk kali pertama di ajang grand slam tahun ini melalui Prancis Terbuka.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!