Sport
Share this on:

Rossi Menyukai Tantangan Balapan di Silverstone

  • Rossi Menyukai Tantangan Balapan di Silverstone
  • Rossi Menyukai Tantangan Balapan di Silverstone

SILVERSTONE - Pembalap Yamaha Valentino Rossi mulai mempersiapkan diri jelang gelaran MotoGP Inggris akhir pekan ini. Silverstone merupakan satu dari sekian sirkuit favoritnya.

Di Inggris, The Doctor sebutan Rossi telah memenangkan tujuh kali juara saat vanue masih berada di Donington Park, sebelum akhirnya pindah ke Silverstone tahun 2011. Gelar juara terakhir direbutnya tahun 2015.

Peluang Rossi untuk naik podium dalam race pekan nanti masih terbuka lebar. Rossi masih berada di posisi lima besar. Ia hanya berselisih 11 poin dengan rekan setimnya Maverick Vinales dan rookie Yamaha Petronas Fabio Quartararo.

Di Race Austria, Rossi finis di urutan ke empat. Podiumnya direbut oleh Quartararo yang merengsek di posisi ketiga. Sementara Vinales membuntutinya di urutan kelima. Hingga paruh musim kedua, Rossi mengakui sepeda motornya, M1 mulai memperlihatkan peningkatan akselarasi.

Jelas ini jauh lebih menguntungkan bagi Yamaha di kondisi sirkuit yang memiliki banyak trek lurus tersebut. "Saya suka Silverstone, satu dari lima trek favorit saya," kata Rossi seperti yang dilansir Crash, Rabu (21/8). "Saya sangat menyukainya karena masih memakai trek lama. Trek lurusnya sangat panjang, Ketika Anda cepat, gelar juara sudah di genggaman anda," tambahnya.

Ya, Valentino Rossi masih tetap menjadi tumpuan Yamaha di paddock MotoGP. Rossi adalah sosok yang begitu mempercayai semua elemen dalam tim. Sejak liburan tengah musim, rider berusia 40 tahun itu juga rajin berlatih setiap hari di ranch pribadi miliknya.

"Saya memiliki ingatan yang bagus tentang sirkuit ini, tetapi semuanya tergantung pada cuaca. Melesat di Silverstone sangat sulit ketika cuaca ekstrim. Sangat menakutkan Saya tak ingin seperti yang terjadi tahun lalu," paparnya.

Diketahui, seri MotoGP Inggris 2018 batal dihelat karena persoalan drainase yang membuat di Sirkuit Silverstone digenangi air. Awal Mei lalu, pihak pengelola melakukan perubahan di semua lini. Tidak hanya mengatur aliran air, namun mengaspal ulang seluruh lintasan.

Di trek yang labil seperti Silverstone, Rossi membeberkan sejumlah tips kepada para rider muda untuk mendongkrak peringkatnya di klasemen. Salah satu kunci rahasinya adalah kestabilan yang konstan.

"Untuk menjadi cepat di sini Anda perlu memakai perasaan dan stabilitas yang baik. Di sini (Silverstone) juga banyak tikungan panjang, dan biasanya Yamaha cepat. Kami berharap cuaca baik karena tahun lalu adalah mimpi buruk, juga untuk para penggemar," paparnya.

Rossi juga sangat yakin pengaspalan ulang sirkuit bisa mengurangi kegelisahanya. "Sepertinya mereka melakukan pekerjaan yang baik dengan aspal baru, jadi saya ingin mencoba," kata Rossi.

Sementara. Direktur Yamaha Racing Team Massimo Meregalli masih memasang ekspektasi tinggi kepada The Doctor. Meregalli antusias melihat pembalap paling tua di MotoGP itu kembali tampil kompetitif untuk naik podium di Silverstone.

"Saya hanya ingin melihat dia (Rossi) datang dengan kecepatan penuh. Apakah M1 akan memberikan cengkeraman rem yang baik dan bisa membawanya ke podium. Itu saja, tandasnya. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar
Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Anak Emas Renault Tewas

Anak Emas Renault Tewas

Pebalap Prancis Anthoine Hubert tewas setelah mengalami kecelakaan di balapan Formula 2 GP Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps, kemarin.


Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Seri Thailand dan Finlandia akhirnya menambah jumlah balapan dalam gelaran MotoGP 2020. Otomatis, jumlah seri balapan musim depan menjadi 20 laga.


Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara di Silverstone

Alex Rins (Suzuki Ecstar) menjuarai balapan GP Inggris di Silverstone setelah mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) di tikungan terakhir jelang finis, kemarin


Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dalam Latihan Bebas kedua (FP2) MotoGP Inggris, Jumat (23/8) siang.


Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Balapan di Silverstone, Peluang untuk Mengkudeta Marquez

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez punya beban berat. Ia harus kerja keras menjaga tren positifnya jelang race MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (25


Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Bukan Favorit, Marquez Simpan Kenangan Pahit di Silverstone

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih mencari celah agar bisa naik podium di seri MotoGP Inggris.


Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Setelah absen empat balapan, Jorge Lorenzo akhirnya mengonfirmasi kembali mengaspal di MotoGP Seri Inggris, akhir pekan ini.


Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas

Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas


Trek Silverstone Masih Diragukan

Trek Silverstone Masih Diragukan

Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu.


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!