Sport
Share this on:

Samator Bangkit di Laga Pemungkas

  • Samator Bangkit di Laga Pemungkas
  • Samator Bangkit di Laga Pemungkas

JOGJAKARTA - Kemenangan tim putra Surabaya Bhayangkara Samator atas Palembang Bank Sumsel Babel merupakan kado indah bagi pelatih Ibarsjah Djanu Tjahjono pada hari ulang tahunnya yang ke-49. Setelah kalah pada laga pertama, Samator bangkit dan sanggup menumbangkan Bank Sumsel dalam lima set yang berlangsung fluktuatif dengan 3-2 (25-18, 23-25, 25-9, 23-25, 15-13) di GOR UNY, Jogjakarta, kemarin (21/1).

Kedua tim bermain imbang. Bank Sumsel Babel sebenarnya sempat memenangi laga pada set kedua dan keempat. Namun, pertahanannya goyah di set ketiga. Samator mendapatkan poin dengan mudah.

Sementara itu, dalam set terakhir, mereka tidak dapat memenangi pertarungan mental. Meski nilai susul-menyusul, poinnya mandek di angka tiga belas.

”Analisis kami, itu karena baru sekali tampil. Dari segi teknis, kami kurang bagus di bola pertama. Ketika poin kami tertinggal, pemain merasa under pressure sehingga tak bisa menghasilkan servis dengan bagus,” kata pelatih Bank Sumsel Babel Samsul Jais.

Pada set kedua, mereka mulai menampakkan kemampuan dengan melakukan servis-servis yang tidak terlalu keras, tapi mematikan open spiker Samator. Begitu pula ketika set terakhir. Aji Maulana dkk sempat unggul 8-3. Samator segera menampakkan serangannya dan dapat mengejar ketertinggalannya menjadi 10-10.

”Kami kurang bagus di bola serang. Padahal, kami berhadapan dengan Samator yang sudah sekali main di Proliga,” ungkap Samsul yang juga pelatih timnas voli putra di SEA Games 2017.

Pemain asing mereka, Cristian Palacious Santos dari Kolombia, yang diandalkan menjadi quicker untuk mendongkrak di sektor blok belum terlihat padu. Meski kalah, Samsul Jais bangga dan puas dengan permainan timnya. Menurut dia, kedua tim bermain imbang. Hanya, dalam olahraga, ada faktor dewi fortuna yang bisa membuatnya kandas.

Pelatih Samator Ibarsjah mengakui, secara teknik, kedua tim imbang. Dia menjelaskan, pihaknya perlu mengevaluasi set kedua yang dalam dua pertandingan selalu kalah. Sebab, mereka banyak melakukan kesalahan sendiri.

”Kami kurang lepas. Di set kelima, kami sempat ketinggalan. Kemudian, saya suruh tosser lari ke posisi empat. Sebab, mereka banyak menyerang di posisi empat itu,” jelas pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, tersebut.

Ibarsjah menambahkan, banyak yang harus diperbaiki tim Samator. Terutama soal servis, receive, passing, dan blok. Selebihnya, dia sangat mengapresiasi timnya yang mampu memberikan kado spesial pada hari ulang tahunnya.

”Baru pertama menang waktu ulang tahun. Dulu kan Proliga dimulai Februari,” imbuhnya, bahagia. (amb/c16/tom/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Show Off Force Juara Bertahan

Show Off Force Juara Bertahan

Laga perdana Proliga 2019 seperti ulangan final musim lalu. Hasilnya juga masih sama.


Tiga Beruntun Pertama Lakers

Tiga Beruntun Pertama Lakers

Di tujuh menit pertama pertandingan Los Angeles Lakers tertinggal 8-25 dari sang tamu Phoenix Suns. Tapi setelah itu LeBron James cs bangkit.


Sapu Bersih di Buriram

Sapu Bersih di Buriram

Seri pemungkas Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 berlangsung akhir pekan ini di Chang International Circuit, Buriram, Thailand.


BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

BNI Yakin Bisa Beri Ancaman

Tim putra BNI 46 berusaha memecah dominasi Surabaya Bhayangkara Samator dan Palembang Bank SumselBabel dalam persaingan perebutan gelar juara Proliga 2019.


Bank Jatim dan Samator ke Final

Bank Jatim dan Samator ke Final

Surabaya Bank Jatim dan Bhayangkara Samator kian dekat dengan gelar juara Livoli Divisi Utama.


Indonesia Butuh Tambahan Pembalap Track

Indonesia Butuh Tambahan Pembalap Track

Hingga hari terakhir balap sepeda disiplin track, skuad Indonesia tak berhasil meraih satu pun medali. Kemarin, ada empat nomor pemungkas yang dilombakan.


Hafiz/Gloria Bertemu Unggulan Pertama

Hafiz/Gloria Bertemu Unggulan Pertama

Laga berat dijalani pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di babak 16 Kejuaraan Dunia 2017.


Serena bisa Bangkit lagi di AS Terbuka

Serena bisa Bangkit lagi di AS Terbuka

Tampilnya Serena Williams di final grand slam Wimbledon Sabtu kemarin (14/7) seakan memberi rambu, mendapatkan performa terbaik.


Putus Keangkeran Istora

Putus Keangkeran Istora

Indonesia memastikan dua gelar juara dari laga pemungkas Blibli Indonesia Open (BIO) 2018 di Istora Senayan, Jakarta kemarin (8/7).


Lupakan Piala Indonesia, Fokus Liga Saja Bajul Ijo

Lupakan Piala Indonesia, Fokus Liga Saja Bajul Ijo

Laga Persebaya Surabaya kontra PSBI Blitar di ajang Piala Indonesia 2018 resmi ditunda. Tidak keluarnya izin kemanan menjadi alasan uatama.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!