Sport
Share this on:

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

  • Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi
  • Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

JAKARTA - Meski duel hari ini masih mempertandingkan babak perempatfinal, namun sektor ganda putra Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal Korea Open 2019. Itu terjadi setelah dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan saling adu kekuatan pada babak delapan besar tersebut, Jumat (27/9) hari ini.

Pertandingan bertajuk Perang Saudara itu terjadi setelah keduanya berhasil mengalahkan lawan-lawanya di babak kedua ajang BWF World Tour Super 500 tersebut. Kevin/Marcus sendiri lolos ke babak delapan besar usai menyingkirkan wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Bertanding di Incheon Airport Skydome, Korea, Kamis (26/9) kemarin, unggulan pertama milik Merah Putih itu berhasil menang dalam dua set langsung dengan skor 21-9, 20-22. Sedangkan Fajar/Rian yang kini menempati unggulan keenam dan menduduki peringkat enam dunia itu berhasil melangkah ke babak perempat final usai mengalahkan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin dengan skor 21-18, 21-18.

Bagi Fajar/Rian, ini merupakan kemenangan keduanya atas unggulan ke-10 dunia tersebut. Sebelumnya, mereka pernah sekali bertemu di ajang Swiss Open 2019. Saat itu, Fajar/Riandengan mudah membungkamnyadengan skor 21-19 dan 21-16.

"Alhamdulillah hari ini bisa menang, kuncinya kami main lebi fokus. Terus juga lebih disiapkan kalau lawan mereka pasti adu no lobnya," ungkap Rian, Kamis (26/9) malam.

"Mereka juga lumayan kuat defendnya. Jadi kami harus lebih sabar. Kami pernah lawan mereka jadi sudah ada gambaran buat pertandingan hari ini," tambahnya.

Selanjutnya, Fajar/Rian akan berhadapan dengan rekan senegaranya di babak perempatfinal yakni, Kevin/Marcus. Dengan kata lain, tiket semifinal sudah bisa dipastikan untuk wakil Indonesia dari duel Perang Saudara tersebut.

Dari catatannya, dua pasangan ganda putra andalan Indonesia ini sudah enam kali bertemu sejak tahun 2018 lalu. Tahun ini, kedua andalan Indonesia itu, sudah bertemua sebanyak empat kali.

Akan tetapi, sejauh ini Fajar/Rian baru sekali meraih kemenangan atas pasangan yang dijuluki The Minions tersebut. Hal itu terjadi pada kejuaraan Malaysia Open 2019, April lalu. Meski demikian, kemenangan itu tak didapat Fajar/Rian dengan mudah, pasalnya, Fajar/Rian harus dipaksa bermain rubber game sebelum akhirnya menang dengan skor 21-23,21-19 dan18-21.

Menanggapi pertandingan ini, Fajar/Rian mengaku akan mempersiapkan stamina yang lebih. Selain itu, fokus dan kondisi badan juga harus tetap dijaga sebelum pertandingan tersebut.

"Lebih disiapin lagi staminanya. Terus juga tambah fokusnya dan jaga kondisinya buat besok. Yang terpenting jangan mau malah di lapangan harus ditambah. Harapannya bisa memberikan permainan yang terbaik buat besok. Bisa keluar permainannya dan maksimal," jelas Rian.

Sayang langkah kemenangan ini, tak bisa diraih oleh pasangan ganda putra Indonesia lainnya yakni, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf. Mereka kalah dari Mathias Boe/Mads Conrad Petersen (Denmark) dengan skor 22-20, 14-21, 10-21.

Selain itu, ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melangkah ke babak perempatfinal usai dikalahkan oleh wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata dua game langsung dengan skor 19-21 dan 17-21.

Hasil ini terbilang cukup mengejutkan. Secara head to head mereka, Greysia/Apriyani belu pernah menelan kekalahan dari tiga pertemuan sebelumnya atas pasangan peringkat 23 dunia tersebut. "Hari ini kami kurang siap. Dari mentalnya sudah merasa mau menang saja. Sementara mereka juga kan belajar dari pertemuan sebelumnya, tentang permainan kami kaya gimana. Mereka tampil percaya diri. Sebenarnya kami bisa mengatasi itu, tapi kaya tidak ada perubahan untuk menyiasati mereka harus bagaimana," tutur Apriyani.

"Kami kalah karena banyak kesalahan sendiri. Kedepannya kami harus tambah kesiapan lagi di lapangan, ketahanan dan pikiran. Kami harus bisa perform terus di setiap turnamen yang kami ikuti," ujar Greysia menambahkan.

Hasil berbeda diraih Gregoria Mariska Tunjung. Ia dipastikan lolos ke perempat final, setelah menghentikan wakil tuan rumah, Kim Ga Eun. Gregoria menang rubber game 22-20, 15-21, 22-20. Gregoria kemudian akan bertemu Tai Tzu Ying (Taiwan) di delapan besar.

Sementara itu dari nomor ganda campuran, perang saudara antara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja akhirnya dimenangkan Praveen/Melati, 21-13, 21-14. Mereka kemudian ditantang unggulan satu, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok). (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Kevin/Marcus Sudah Raih 7 Gelar Super Series

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali mempersembahkan trofi juara untuk Indonesia.


Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Minions dan Praveen/Melati Juara di Denmark

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mempertahankan gelar juara ganda putra Denmark Open setelah mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan,


Danny Kosasih Nyalon Lagi

Danny Kosasih Nyalon Lagi

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PP Perbasi Periode 2019-2023.


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), dua game langsung 21-16, 21-17, Minggu (29/9) kemarin.


Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo kembali harus puas bermain imbang, meski menjalani laga kandang menghadapi tim juru kunci Semen Padang, Jumat (27/9) kemarin..


Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Singkirkan Kevin/Marcus, Fajar/Rian Hadapi Li/Liu

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan duel perang saudara melawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.


Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Nada pesimistis meluncur dari mulut Marco Giampaolo, kemarin. Sang juru taktik AC Milan itu mengakui skuatnya hanya membutuhkan waktu untuk kembali pada trek ke


Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melangkah ke babak kedua, Korea Open 2019.


Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Indonesia Berharap Gelar Lagi di Korea Open 2019

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal melangkah ke babak kedua Korea Open 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!