Sport
Share this on:

Semua Harus Rampung Tahun Depan

  • Semua Harus Rampung Tahun Depan
  • Semua Harus Rampung Tahun Depan

JAKARTA - Venue Asian Games 2018 harus sudah tuntas tahun depan. Termasuk 14 venue di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang tengah direnovasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menargetkan akhri tahun ini sudah ada progress 20 persen.

Selain di kompleks SUGBK, Pemprov DKI Jakarta juga punya hajat menyelesaikan dua venue, yakni Velodrome dan arena equestrian. Sampai saat ini, pengerjaan masih belum selesai. Iwan Takwin, project manajer velodrome, menjelaskan bahwa kontruksi pondasi saat ini menjadi concern utama.

Sebab, proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Mulai tes dan pengukuran tanah hingga mengaplikasikan desain yang sudah dirancang sebelumnya.

Pemasangan pondasi di arena velodrome tersebut nantinya akan memakan waktu hingga 40 hari ke depan. "Kalau masalah pondasi beres, tentu akan mempercepat proses pembangunan," kata Iwan.

Satu hal lagi penting dalam pembangunan velodrome ini adalah proses verifikasi untuk mendapatkan sertifikat kelayakan dari UCI (Federasi balap internasional). Yang cukup membuat lega yakni proses tersebut tidak mengharuskan velodrome sudah jadi 100 persen pembangunannya. Velodrome ditargetkan rampung pada Juni 2018 mendatang.

"Sejauh ini, semua berjalan sesuai rencana, kalaupun ada keterlambatan itu masih wajar," sebutnya. Terkait pembangunan wisma atlet, Menpora mengatakan pihak Kemenpupera sudah menyiapkan rencana terbaik untuk mewujudkan rencana itu. (nap/tom/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!