Sport
Share this on:

Serena Mulus, Azarenka Terganjal

  • Serena Mulus, Azarenka Terganjal
  • Serena Mulus, Azarenka Terganjal

MELBOURNE - Australia Terbuka 2019 menjadi ajang comeback dua petenis putri top dunia. Mereka adalah mantan peringkat pertama dunia, Serena Williams dan Victoria Azarenka. Sayang, kisah keduanya berakhir berbeda setelah bertarung di babak pertama kemarin (15/1).

Serena absen di Australia Terbuka tahun lalu karena cuti hamil. Kemarin adalah laga pertama ratu tenis Amerika Serikat (AS) itu sejak merengkuh gelar dari ajang tersebut pada 2017. Pertandingan kemarin juga yang pertama bagi Serena setelah gagal merengkuh gelar di grand slam kandang, AS Terbuka, September lalu. Saat itu dia tumbang di tangan petenis Jepang fenomenal Naomi Osaka pada babak final.

Meski lebih dari tiga bulan tak bertanding di ajang resmi, Serena langsung tampil tangguh tanpa cela. Rupanya, rentang 100-an hari tersebut dia manfaatkan untuk menggembleng fisik agar bisa kembali ke performa terbaiknya. Pada laga kemarin, adik kandung Venus Williams itu membabat Tatjana Maria tanpa ampun 6-0, 6-2.

Maria bukan ujian yang berat bagi Serena. Petenis Jerman itu menduduki peringkat ke-74 dunia. Rekor menang-kalahnya di babak pertama grand slam juga jauh dari moncer, yakni 11-15. Capaian terbaiknya adalah tembus babak ketiga Wimbledon tahun lalu, meski dia sudah belasan tahun malang melintang di dunia pro.

Sementara itu, Serena sedang getol-getolnya mengembalikan performa terbaik setelah melahirkan sang putri, Olympia. Dia sudah menjuarai Australia Terbuka tujuh kali dan memburu yang kedelapan tahun ini. Petenis 37 tahun tersebut juga mengejar gelar grand slam-nya yang ke-24 untuk menyamai rekor Margaret Court. ”Aku memburu rekor tersebut sepanjang karirku. Jadi, rasanya tidak ada yang berbeda saat ini,” ucap Serena.

Pada babak berikutnya besok (17/1), Serena bakal bertemu petenis Kanada Eugenie Bouchard. Keduanya baru bertemu tiga kali sejauh ini. Dua laga di antaranya dimenangi Serena. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Hopman Cup 2015. Saat itu Bouchard menang straight set 6-2, 6-1.

Meski demikian, performa Bouchard belum lagi setara dengan Serena. Peringkatnya kini anjlok menjadi ke-87 dunia. Sedangkan Serena yang lebih dari setahun absen dan sempat merasakan anjloknya peringkat –keluar dari ranking 100 dunia– kini sudah menempati posisi ke-16.

Sementara itu, kisah comeback juara dua kali Australia Terbuka Victoria Azarenka tak semanis Serena. Tragis malah. Baru melakoni laga pertama, mantan petenis peringkat pertama dunia itu sudah harus terusir dari Melbourne Park. Dia kalah oleh petenis Jerman Laura Siegemund dalam pertarungan tiga set 6-7 (5), 6-4, 6-2.

Azarenka adalah juara Australia Terbuka dua tahun beruntun, yakni 2012 dan 2013. Sama dengan Serena, petenis Belarus itu baru kembali lagi ke Melbourne Park sejak menembus perempat final tiga tahun lalu. Dia kemudian melahirkan putranya, Leo, hanya beberapa pekan sebelum Australia Terbuka 2017 digelar. ”Aku sudah melewati banyak hal dalam hidupku. Sekarang aku sedang menghadapi fase yang lebih sulit. Namun, kurasa pengalaman ini akan membuatku lebih kuat lagi dan aku ingin meyakininya,” ujarnya.

Siegemund melaju ke babak kedua dan akan bertemu petenis peringkat ke-28 dunia Su-Wei Hsieh. Dia juga baru kembali dari deraan cedera lutut kanan. ”Sekarang aku berusaha mengembalikan peringkatku,” ucapnya. (c11/cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Adaptasi Singkat ala Owi/Debby
Adaptasi Singkat ala Owi/Debby

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Greysia/Apri Mulus, Tunggal Putri Habis

Pasangan ganda putri andalan Indonesia, Greysia Poli/Apriyani Rahayu berhasil melangkah ke babak kedua Denmark Open 2019.


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2


Laju Federer dan Nadal Belum Terganggu

Laju Federer dan Nadal Belum Terganggu

Petenis Swiss Roger Federer melaju mulus ke babak ketiga Grand Slam Prancis Terbuka 2019.


Jojo dan Anthony Mulus, Tommy Sugiarto Kandas

Jojo dan Anthony Mulus, Tommy Sugiarto Kandas

Dua tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sukses melesat ke babak perempat final turnamen bulu tangkis New Zealand Open


Tiga Ganda Campuran Merah Putih Melaju

Tiga Ganda Campuran Merah Putih Melaju

Tiga dari empat wakil Indonesia di sektor ganda campuran melaju mulus ke babak kedua Badminton Asia Championships (BAC) 2019.


Launching Lantas Tergelincir

Launching Lantas Tergelincir

Debut Kimi Raikkonen bersama tim barunya Alfa Romeo Racing pada pre season test hari pertama di Barcelona kemarin berjalan kurang mulus.


Serena Out ditangan Pliskova

Serena Out ditangan Pliskova

Serena Williams sempat menyandang gelar ratu tenis dunia. Di usianya yang masuk 37 tahun, dia masih kompetitif untuk bersaing di WTA Tour.


Positif di Serena, Negatif di AS

Positif di Serena, Negatif di AS

Tim Amerika Serikat (AS) memang gagal total di ajang Hopman Cup tahun ini. Keinginan untuk meraih gelar ketujuh sudah punah.


Makin Dekati Gelar ke-100

Makin Dekati Gelar ke-100

Roger Federer mengawali pertandingan pertamanya pada Paris Masters dengan mulus.


Ramos Nggak Kapok

Ramos Nggak Kapok

Carlos Ramos tak kehilangan ketegasannya gara-gara masalah yang dia hadapi dengan Serena Williams di final grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka pekan lalu (9



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!