• Home
  • Berita Sport
  • Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia

Sport
Share this on:

Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia

  • Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia
  • Singkirkan Unggulan Delapan asal China, Ronald/Annisa Tantang Ricky/Pia

SINGAPURA - Ganda campuran Indonesia, Ronald Alexander/Annisa Saufika memberikan kejutan di babak pertama Singapore Open 2019 dengan mengalahkan unggulan kedelapan asal China, He Jiting/Du Yue. Namun pasangan yang kini menempati peringkat 29 dunia itu tidak harus berjuang keras menyingkirkan He/Du di babak pertama tersebut.

Pasalnya, dia paksa bermain rubber game dalam tempo waktu 53 menit. Ya, dalam pertandingan yang digelar di Singapura Indoor Stadium, Rabu (10/4) kemarin, Ronald/Annisa berhasil mengalahkan He/Du yang kini menempati peringkat 13 dunia itu dengan skor 21-19, 11-21 dan 21-18.

"Game kedua kami sempat kurang tenang, banyak mati sendiri. Pas poinnya sama, lalu kami mati sendiri tiga empat poin, bisa jadi buyar. Langsung ketinggalan enam tujuh poin. Game ketiga kami tenang dan lebih fokus poin per poin. Pas poin-pon tua lebih berani saja," ungkap Ronald seperti dikutip situs resmi PBSI, Rabu (10/4) kemarin.

Kemenangan ini juga sekaligus membalas kekalahan Ronald/Annisa pada pertemuan sebelumnya di Malaysia Open 2018. Saat itu Ronald/Annisa kalah 12-21, 16-21 dari He/Du. Menurutnya, kekalahan yang diterima pada saat itu menjadi pembelajaran berharga baginya untuk pertandingan kali ini. Mereka mengatakan, bermain fokus dan tenang menjadi kunci kemenangannya kali ini.

"Kami mainnya lebih tenang lagi. Karena kemarin kami kalah dari mereka karena banyak mati sendiri, gampang hilang poin. Itu karena kurang tenang, poin ketinggalan mainnya jadi ngawur. Tadi kami banyak belajar dari pertemuan sebelumnya. Gimana mainnya, gimana fokusnya," terangnya.

Di babak selanjutnya, akan berhadapan bakal berhadapan denga rekan senegaranya, Ricky Karanda Suwardo/Pia Zebadiah Bernadet. Mereka menantang Ronald/Annisa usai mengalahkan wakil tuan rumah Bimo Adi Prakoso/Jin Yujia dengan skor 21-13 dan 21-16.

Menanggapi lawan yang merupakan rekan senegaranya tersebut, Ronald/Annisa mengaku ingin tetap fokus. Menurutnya, kesiapan dilapangan akan menentukan hasil pertandingan nanti. "Lebih fokus lagi dan mau capek di lapangan. Karena lawan nggak gampang mati, kami juga nggak mau gampang mati. Jaga stamina sama fokus. Di lapangan apa saja bisa terjadi. Setiap pertandingan hasilnya beda-beda, kondisi lapangan, angin, shuttlecock semuanya sama. Jadi fight aja pokoknya," terang Annisa.

"Semua lawan dari negara mana juga sudah sama saja. Tinggal kesiapan mental. Di lapangan tinggal liat kesiapannya saja," tambah Ronald.

Hasil yang sama juga didapat ganda campuran Indonesia lainnya, yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Ia juga sukses mengantongi tiket babak kedua usai pasangan campuran Mohamad Arif Abdul Latif/Rusyidina Antardayu Riodingin (Malaysia/Indonesia). Mereka menang dua game langsung dengan skor 21-12, 21-16.

"Lawannya tadi Arif dulu main single, ceweknya juga sama. Saya dulu pernah ketemu waktu pasangan dengan Debby (Susanto). Jadi kami nggak anggap remeh juga, tetap harus siap. Dan cepat tanggap dengan kondisi lampu, angin dan sebagainya. Yang penting harus cepat dalam beradaptasi dengan lapangan," tutur Praveen.

Namun, di babak kedua nanti, Praveen/Melati langsung ditantang unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Melihat rekor pertemuan mereka, Praveen/Melati belum pernah mengantongi kemenangan dari Zheng/Huang.

Bahkan, di pertemuan terakhir dalam ajang All England 2019, Praveen/Melati yang sempat unggul di game pertama harus mengubur mimpinya usai dikalahkan di set kedua dan ketiga denga skor 21-13, 20-22 dan 13-21.

Menanggapi lawannya tersebut, mereka mengaku akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik dan tidak ingin memikirkan rekor pertemuan sebelumya. Meski ia tidak memungkiri bahwa pertemuan sebelumnya menjadi bahan pemeblajarannya megahdapi Zheng/Huang.

"Besok kami lawan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, pokoknya sama dengan seperti di All England, kami nggak mau mikir menang kalah. Yang penting main semaksimal mungkin dan mengeluarkan penampilan terbaik kami," terang Melati.

Selain itu, ganda campuran lainnya juga seperti Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga sudah berhasil mengamankan tiket babak kedua Singapore Open 2019. Namun sayang di babak kedua, Hafiz/Gloria yang merupakan unggulan ketujuh dalam turnamen tersebut serta Rinov/Pitha kan saling berhadapan demi meraih tiket babak perempatfinal. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Petenis unggulan teratas Ashleigh Barty berhasil mengatasi dominasi Maria Sharapova 6-4, 6-1 pada bentrok kedua turnamen Cincinnati Masters


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Bulu tangkis Japan Open 2019 terus berlanjut hingga ke babak final.


Dua Ganda Campuran Indonesia Tumbangkan Unggulan

Dua Ganda Campuran Indonesia Tumbangkan Unggulan

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti membuat kejutan di babak perempatfinal Japan Open 2019.


Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Tiga Tunggal Putra Lolos ke Delapan Besar

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto berhasil lolos ke babak perempatfinal Japan Open 2019.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.


 Fajar/Rian Buta Kemampuan Lawan

Fajar/Rian Buta Kemampuan Lawan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal menghadapi wakil China, Huang Kai Xiang/Liu Cheng di babak pertama Indonesia Open 2019.


Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jonatan Christie menargetkan bisa tembus hingga ke babak delapan besar di ajang Indonesia Open 2019.


Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Kejutan Madagaskar di Piala Afrika berakhir di babak perempat final Piala Afrika 2019, setelah dikalahkan Tunisia 0-3.


Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Teka-teki nasib pelatih asal Indonesia Hendrawan di Malaysia terjawab sudah.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!