Sport
Share this on:

Singkirkan Unggulan ke-3, Rifanty Tembus Final

  • Singkirkan Unggulan ke-3, Rifanty Tembus Final
  • Singkirkan Unggulan ke-3, Rifanty Tembus Final

**JAKARTA ** - Petenis muda Indonesia, Petenis muda Indonesia, Rifanty Kahfiani belum menemui hambatan pada ajang Pelti Indonesia W15 Jakarta. Terbukti, petenis non-unggulan Tanah Air itu terus melesat hingga melangkah ke partai puncak kejuaraan yang digelar oleh Pelti tersebut.

Kepastian mojang Bandung itu melangkah ke babak final, usia dirinya berhasil mengalahkan unggulan ketiga asal Jepang, Michika Ozeki dengan skor 6-3, 6-4 di lapangan tenis Epicentrum Club, Jakarta, Sabtu (29/6) kemarin.

Pada set pertama yang berlangsung hingga 44 menit, Rifanty tak menemu hambatan berarti. Petenis yang kini berusia 21 tahun itu tampil dominan hingga berhasil menutup set pertama dengan skor 6-3.

Namun, di set kedua, Rifanty sempat dibuat kualahan oleh Ozeki. Kejar-mengejar poin tersaji di set kedua ini. Namun, disaat Ozeki sudah memimpin 4-3, Rifanty berhasil membalikan kedudukan dan memenangi game dengan skor 6-4.

Pemain kelahiran Bandung, 19 Februari 1998 itu mengakui bahwa dirinya sempat dibuat kesulitan di set kedua tersebut. Hingga, akhirnya, Rifanty mengaku bahwa dirinya merubah pola permainannya dan berhasil memenangkan pertandingan.

"Saat sudah tertinggal 3-4 (set kedua), saya langsung berpikir untuk menggunakan cara lain, karena lawan lebih konsisten. Dia merubah pola main, dan saya juga harus merubahnya," tutur Rifanty usai pertandingan.

"Kunci kemenangan hari ini saya menggunakan (pukulan) bola berat, dan memperlambat permainan. Dia kan larinya cepat, jadi saya harus siap siaga dan fokus membalikkan," sambungnya.

Sayangnya, torehan baik Rifanty gagal diikuti oleh seniornya Aldila Sutjiadi. Ya, peraih medali emas Asian Games 2018 dari nomor ganda campuran itu gagal melangkah ke babak final usai dikalahkan wakil Belanda, Arianne Hartono.

Dalam laga yang digelar di tempat yang sama, Aldila yang merupakan unggulan kedua turnamen tersebut kalah dari Arianne dengan skor akhir 5-7, 4-6. Kekalahan, Aldila membuat tunggal putri Merah Putih gagal menciptakan All Indonesian Final.

Dengan kata lain, partai final nomor tunggal putri pada ajang Pelti Indonesia W15 Jakarta akan mempertemuakan Rifanty Kahfiani melawan Arianne Hartono. Keduanya akan saling adu kekuatan pada laga yang digelar di lapangan tenis Epicentrum Club, Jakarta, Minggu (30/6) hari ini.

"Rifanty merupakan lawan yang sulit karena mampu mengubah tempo permainan dengan variasi pukulan slice dan spin tinggi," ucap petenis berdarah Indonesia ini.

Merujuk situs Federasi Tenis Internasional (ITF), Arianne unggul dalam dua pertemuan dengan Rifanty. Dua kemenangan itu diperoleh keponakan mantan petenis nasional Lucky Tedjamukti yang juga ibunda dari partner gandanya, Nadia Ravita di turnamen ITF Junior Widjojo Soejono Surabaya, 2011 dan 2012.

"Pertandingan itu sudah lama sekali, saya masih anak-anak. Jadi, lihat saja di final besok," pungkas Arianne yang ingin menyandingkan gelar juara tunggal dan ganda seperti yang diraihnya di Jakarta, tahun silam.

Di pertadningan final nomor ganda putri, pasangan saudara sepupu asal Belanda dan Indonesia, Arianne Hartono (23 tahun) dan Nadia Ravita (25) keluar sebagai juara ganda Pelti Indonesia W15 Jakarta. Pasangan unggulan ketiga itu berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan duet kembar Zani dan Lee Barnard dari Afrika Selatan melalui super tie break dengan skor akhir 2-6 6-4 (11-9).

"Kami beruntung bisa mengambil set kedua setelah kalah di set pembuka. Begitu pula saat super tie break, kami selalu tertinggal dalam pengumpulan angka. Tentu saja senang bisa kembali juara di Jakarta seperti tahun lalu," tutur Arianne usai melakoni final berdurasi satu jam 20 menit. (gie/zul/der/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Sharapova Terjungkal, Barty Kehilangan Break Poin

Petenis unggulan teratas Ashleigh Barty berhasil mengatasi dominasi Maria Sharapova 6-4, 6-1 pada bentrok kedua turnamen Cincinnati Masters


Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Bima Sakti: Ini Bukan Akhir Perjalanan Timnas U15

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.


Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Garuda Muda Gagal Pertahankan Gelar

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-15 gagal menadapatkan tiket babak final Piala AFF U-15 2019.


Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Hadapi Thailand, Timnas U15 Optimis ke Final

Timnas U-15 akan menghadapi tuan rumah Thailand di semifinal Piala AFF U-15, Rabu (7/8) sore ini.


Wakil Merah Putih Habis di Thailand Open

Wakil Merah Putih Habis di Thailand Open

Indonesia sudah tak memiliki wakil di babak semifinal Thailand Open 2019. Hasil itu setelah empat wakil yang tembus ke babak perempatfinal menelan kekalahan.


Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Satria Muda Pede Tatap Grand Final IBL 3x3

Babak Grand Final IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 bakal digelar di Cilandak Town Square, Jakarta, 3-4 Agustus nanti.


Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Kuatir Rusuh, PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Dengan alasan keamanan, PSSI akhirnya menunda leg kedua babak final Piala Indonesia yang mempertemukan Persija Jakarta melawan PSM Makassar.


Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Jojo Tantang Kento Momota, Marcus/Kevin Jumpa Hendra/Ahsan Lagi

Perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Bulu tangkis Japan Open 2019 terus berlanjut hingga ke babak final.


Dua Ganda Campuran Indonesia Tumbangkan Unggulan

Dua Ganda Campuran Indonesia Tumbangkan Unggulan

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti membuat kejutan di babak perempatfinal Japan Open 2019.


Hanya Tersisa Lima Wakil

Hanya Tersisa Lima Wakil

Lima wakil Indonesia dipastikan melaju ke babak perempat final turnamen Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!