Sport
Share this on:

Sirkuit Buriram Mudah, tapi Tak Membosankan

  • Sirkuit Buriram Mudah, tapi Tak Membosankan
  • Sirkuit Buriram Mudah, tapi Tak Membosankan

**** - Benar juga apa yang pernah dikatakan bintang World Superbike (WSBK) Jonathan Rea tentang Sirkuit Buriram, Thailand. Menurutnya, Valentino Rossi harus menjajal dulu trek tersebut sebelum menyimpulkan bahwa Buriram “membosankan”.

Usai mencobanya sendiri pada tes pra musim MotoGP 2018 bulan lalu, pendapat Rossi memang berubah. ''Pertama-tama, feeling saya dengan trek ini lumayan. Karena sebelumnya saya memprediksi bakal lebih buruk dari ini,'' ucap legenda hidup MotoGP tersebut.

Dia menyebut lintasan dalam kondisi bagus, bersih, dan permukaan aspalnya memiliki daya cengkeram kuat. Unsur-unsir tersebut penting untuk medan tempur balapan selevel MotoGP.

Rossi awalnya khawatir trek ini bakal mirip dengan Red Bull Ring, Austria. Maksudnya, balapan di sana lebih mirip drag race. Tapi lagi-lagi kekhawatiran itu tak terbukti.

Karakternya lebih dekat dengan Termas de Rio Hondo di Argentina. ''Trek ini sangat sulit, tapi menyenangkan. Secara teknis cukup mudah, tapi sama sekali tidak membosankan,'' tandasnya.

Jika melihat dominasi trek lurus panjang bukan tanpa alasan jika sejumlah pembalap langsung membayangkan Red Bull Ring. Kalau sirkuit di Austria itu hanya memiliki sembilan tikungan, Buriram cuma punya tiga tikungan lebih banyak.

Dari total jaraknya, Buriram hanya 300 meter lebih panjang. Namun, bila Red Bull Ring sudah ditabalkan menjadi sirkuitnya Ducati, Buriram sepertinya bakal lebih pas dengan Honda.

Pada akhir tes pra musim, pembalap Repsol Honda Daniel Pedrosa membukukan waktu tercepat 1 menit 29,781 detik. Satu-satunya pembalap yang bisa menembus batas 1 menit 30 detik. Dia menjadi penunggang Honda ketiga yang menguasai daftar pembalap tercepat di sirkuit sepanjang 4,6 kilometer tersebut.

Di hari pertama, Cal Crutchlow (LCR-Honda) menjadi yang tercepat. Sedangkan, di hari kedua giliran Marc Marquez. Pendek kata, Buriram mirip Red Bull Ring minus tanjakan. ''Sirkuit ini cukup sempit, jadi penting untuk mendapatkan jalur yang bagus dan mendapatkan kecepatan,'' kata Pedrosa. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun
Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

Berita Berikutnya

Dumoulin Serang Froome
Dumoulin Serang Froome

Berita Sejenis

Singkirkan Lin Dan, Langkah Ginting Tak Mudah

Singkirkan Lin Dan, Langkah Ginting Tak Mudah

Nama besar Lin Dan di tunggal putra dunia mulai terkikis.


Ramos Nggak Kapok

Ramos Nggak Kapok

Carlos Ramos tak kehilangan ketegasannya gara-gara masalah yang dia hadapi dengan Serena Williams di final grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka pekan lalu (9


The Minions Tak Terbendung

The Minions Tak Terbendung

Ambisi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih juara back-to-back Jepang Terbuka terwujud.


Meski Mudah, Tetap Harus Waspada

Meski Mudah, Tetap Harus Waspada

Jepang Terbuka hari ini akan mempertandingkan sektor ganda putra dan ganda putri di Musashino Forest Sport Plaza.


Ducati Kuasai FP2

Ducati Kuasai FP2

Dua pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo menguasai latihan bebas kedua (FP2) GP San Marino di sirkuit Misano kemarin.


Indonesia Butuh Tambahan Pembalap Track

Indonesia Butuh Tambahan Pembalap Track

Hingga hari terakhir balap sepeda disiplin track, skuad Indonesia tak berhasil meraih satu pun medali. Kemarin, ada empat nomor pemungkas yang dilombakan.


Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Ducati dengan susah payah mempertahankan statusnya sebagai Raja Red Bull Ring tadi malam.


Marquez Berkuasa saat Hujan

Marquez Berkuasa saat Hujan

Dengan permukaan sirkuit Red Bull Ring yang basah akibat hujan lebat di latihan bebas kedua (FP2), Marc Marquez memecahkan dominasi duo Ducati.


Ducati Dobel Podium di Brno

Ducati Dobel Podium di Brno

Perseteruan duo pembalap Ducati di luar sirkuit berujung duel di lintasan.


Tak Terdeteksi Tapi Efektif

Tak Terdeteksi Tapi Efektif

Meski belum tutup, klimaks bursa transfer NBA di offseason 2018 bisa dibilang telah lewat.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!