Sport
Share this on:

Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

  • Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri
  • Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

JAKARTA - Seri Thailand dan Finlandia akhirnya menambah jumlah balapan dalam gelaran MotoGP 2020. Otomatis, jumlah seri balapan musim depan menjadi 20 laga. Jumlah ini menjadi rekor sejarah sepanjang di Grand Prix yang dimulai sejak 70 tahun silam itu.

Pada musim 2017, hanya digelar dalam 18 seri balap. Setahun kemudian, meningkat dua seri setelah Thailand memastikan Sirkuit Buriram Internasional lulus tes untuk menyelenggarakan MotoGP. Di tahun yang sama, Grand Prix Inggris nyaris dibatalkan akibat ditemukan adanya lintasan bergelombang di Sirkuit Silverstone. Pihak penyelenggara akhirnya memindahkan race ke Sirkuit Wales.

Dilansir dari Crash, draft kalender musim 2020 dipastikan akan dikirim ke semua Tim MotoGP, minggu ini. Itu sudah termasuk perubahan jadwal untuk seri Thailand dan penambahan slot untuk Grand Prix Finlandia.

Dalam draft itu, seri Thailand akan dipindahkan ke slot kedua yang berlangsugn pada 22 Maret. Disusul, di Qatar pada 8 Maret. Dimajukannya Grand Prix Thailand mengubah sejumlah seri seperti GP Argentina yang diperkirakan maju di penghujung Maret 2020.

Sementara, tiga seri di Asia-Australia tidak mengalami perubahan pada musim 2020 yang dimulai 18 Oktober hingga 1 November. Sementara, seri terakhir diisi oleh seri Aragon yang mengambil alih slot awal Oktober. Di tahun ini, slot Oktober masih dipegang oleh Thailand.

GP Argentina akan menjadi seri keempat, setelah Grand Prix Austin, yang musim depan tetap menjadi seri ketiga. GP Austin 2020 berlangsung pada 3-5 April 2020.

Sementara itu, empat seri Grand Prix awal di Eropa tak berubah jadwal penyelenggaraan. Pada pekan pertama Bulan Mei 2020 masih diisi oleh MotoGP Jerez. Lalu, disusul dengan MotoGP Le Mans, Mugello, dan Catalunya. Sementara, race Jerman ditukar dengan Grand Prix Belanda. Otomatis, Grand Prix Jerman di Sirkuit Sachsenring, masih menjadi seri ke-10 di MotoGP 2020 sama dengan musim ini.

Di sisi lain, MotoGP Finlandia dimulai pada 12 Juli 2020. Ini untuk pertama kalinya digelar sejak ditutup tahun 1982 silam. Hadirnya Finlandia, membuat seri Ceko dan Austria mundur ke pekan pertama dan kedua Agustus 2020.

Sementara di Bulan Agustus, MotoGP Inggris akan digelar dengan formasi lintasan yang baru. Kemudian disusul race seri San Marino. Seri penutup tetap akan berlangsung di Valencia pada pertengahan November, mengakhiri musim terpanjang dengan 20 balapan.

Draft itu juga menyebutkan dua tes pra-musim MotoGP 2020 akan berlangsung di Malaysia dan Qatar. Tes ini dijadwalkan selama tiga hari mulai 7-9 Februari dan 22-24 Februari. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Musim Perdana Luar Biasa Quartararo

Seri MotoGP Jepang masih milik Marc Marquez. Rider Repsol Honda keluar sebagai pemenang di Sirkuit Motegi, kemarin.


Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Januari, Mandzukic Pindah ke Manchester United

Mantan kiper Manchester United Mark Bosnich menyebut ada dua keselahan fatal yang dilakukan MU musim ini.


Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Marquez Bisa Berpesta Lebih Awal

Tak sedikit yang membantah bahwa juara dunia MotoGP bakal direbut kembali Marc Marquez.


Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

Juara Korea Open, Fajar/Rian Selamatkan Muka Indonesia

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), dua game langsung 21-16, 21-17, Minggu (29/9) kemarin.


Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Kallio Gantikan Zarco, Oliveira Punya Kesempatan

Test rider KTM, Mika Kallio akhirnya menggantikan pembalap Prancis, Johann Zarco di Red Bull KTM Factory Racing mulai seri Aragon pekan lalu.


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Isu "comeback" pembalap veteran Alvaro Bautista ke MotoGP bersama tim KTM tahun depan resmi terbantahkan.


Juara di Aragon, Marquez Semakin Tak Terkejar

Juara di Aragon, Marquez Semakin Tak Terkejar

Pembalap Repsol HondaMarc Marquez semakin mendekati gelar juara dunia motoGP tahun ini.


Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!