Sport
Share this on:

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

  • Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis
  • Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

JAKARTA - Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Menurut pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu, optimisme timnya tak lepas dari persiapan dan beberapa kejuaraan yang telah diikuti oleh anak asuhnya beberapa waktu belakangan ini.

Ya, di bawah komando Bima Sakti, tim ini sukses meraih juara 3 turnamen Piala AFF U15 yang berlangsung di Chonburi, Thailand. Berikutnya, meraih peringkat kedua di ajang Boys Elite Football Tournament 2019 yang digelar di Stadion Mandalar Thiri, Myanmar. Kemudian mereka kembali meraih peringkat kedua di ajang U16 Four Nations Tournament 2019 di Doha, Qatar.

"Secara umum kami sudah siap untuk menjalani pertandingan babak kualifikasi Piala AFC ini. Pemain sudah punya banyak pengalaman, selama AFF kemarin dan beberapa kali uji coba di Myanmar dan Qatar, ungkap Bima Sakti seperti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situ resmi PSSI.

Bima menuturkan, sejumlah kejuaraan yang telah diikut anak asuhnya itu merupakan rangkaian dari persiapan timnya menuju babak Kualifikasi Piala AFC ini. Oleh sebab itu, Bima mengaku rangkaian tersebut sangat berguna sebagai pelajaran dan pengalaman bertanding anak asuhnya.

"Sejumlah laga uji coba (rangkaian kejuaraan di Myanmar dan Qatar, red) itu sangat berharga untuk kualifikasi Piala Asia nanti. Semoga kita bisa memberikan yang terbaik, ujar mantan pelatig carateker Timnas Indonesia senior tersebut.

Di babak kualifikasi Piala AFC U-16 2019 Grup G yang sudah berlangsung sejak Sabtu (14/9) kemarin, hingga Minggu (22/9) mendatang, Indonesia ditunjuka sebagai tuan rumah. PSSI sendiri telah menentukan dua venue untuk pelaksanaan kejuaraan tersebut yakni, Stadion Madya dan Stadion GBK.

Meski kejuaraan sudah dimulai sejak kemarin, Indonesia yang diisi oleh 23 pemain baru akan mulai bertanding pada Senin (16/9) besok. Lawan pertama yang akan mereka hadapi di Grup G adalah Filipina, sebelum nantinya akan melawan Kepulauan Mariana (18 September), Brunei Darussalam (20 September) dan China (22 September).

"Tentunya, kita sebagai tuan rumah ingin selalu memenangkan pertandingan, karena saya yakin dengan kemampuan pemain dan kita juga sengaja memilih pemain-pemain yang multifungsi untuk kualifikasi ini, " tutur Bima.

Lebih lanjut, Bima juga menjelaskan mengenai sesi latihan yang telah dilakukan timnya sejak Senin (16/9) laku di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Bima Sakti menegaskan, bahwa pada latihan itu, dirinya terus memperbaiki transisi negatif dan penyelesaian akhir. Karena dari beberapa turnamen yang sudah mereka jalani hal ini yang jadi catatan dari Skuat Garuda Muda.

"Latihan ini, kami memperbaiki penyelesaian akhir. Saya juga menekankan transisi dari menyerang ke bertahan kemudian sebaliknya, karena ini memang jadi catatan saya dari beberapa turnamen terakhir yang kami ikuti," jelas Bima, kemarin.

Guna menghadapi ajang ini, Bima juga telah menentukan 23 pemain untuk mengisi skuat Garuda Asia. Sebanyak, 23 nama yang dipanggil mantan pemain sepak bola nasional itu kebayakan merupakan pemain yang mengikuti Piala AFF U-15 di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu.

"Mereka juga bukan posisi sayap dan depan saja, bisa juga di full back, mereka juga bisa banyak di posisi. Dan sebagian besar dari mereka, merupakan pemain-pemain yang bermain di AFF lalu," tambahnya.

Bima berharap, para pemainnya benar-benar memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki. Salah satu yang akan jadi senjatanya ialah kecepatan para pemain Timnas Indonesia U-16. "Kami tekankan kepada mereka harus bisa memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki. Mereka memiliki kecepatan dan harus aktif begitu habis menyerang, mereka harus cepat dalam melakukan pertahanan, itu akan jadi kunci dari permainan kami," tuntasnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria berharap, dalam ajang tersebut skuat Garuda Asia mampu memberikan yang terbaik. Mengingat di musim sebelumnya, Indonesia mampu tampil mengesankan dengan lolos ke putaran final Piala AFC dan tembus hingga ke babak 16 besar.

"Mudah-mudahan Timnas Indonesia bisa tampil baik dan mendapatkan hasil maksimal dan lolos ke putaran final Piala Asia. PSSI berharap prestasi tahun lalu bisa diulang dan bahkan dilampaui," tutur Tisha. (gie/fin/zul/der)

Berita Sebelumnya

Ansu Fati Lewati Rekor Lionel Messi
Ansu Fati Lewati Rekor Lionel Messi

Berita Berikutnya

Della/Rizki Hanya Perlu Fokus
Della/Rizki Hanya Perlu Fokus

Berita Sejenis

Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Gara-gara Pilkades, Big Match Persib vs Persija Dipindah

Laga big match antara Persib Bandung dan Persija Jakarta yang rencananya dihelat, Senin (28/10), akan sulit terlaksana.


Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Ginting Mulus, Tommy Langsung Tersingkir

Nasib berbeda diterima dua tunggal putra Indonesia di babak pertama French Open 2019, Selasa (22/10) kemarin..


Gelar Pertama Praveen/Melati

Gelar Pertama Praveen/Melati

Indonesia kembali unjuk gigi di Eropa. Hasil menggembirakan datang dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Denmark Open 2019.


Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo Tertahan Lagi di Kandang

Tira-Kabo kembali harus puas bermain imbang, meski menjalani laga kandang menghadapi tim juru kunci Semen Padang, Jumat (27/9) kemarin..


Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang


Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan perlawanan yang begitu keras dalam duel kontra unggulan pertama Kento Momota di partai final tunggal putra Victor China Ope


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!