Sport
Share this on:

Team Order Menangkan Hamilton

  • Team Order Menangkan Hamilton
  • Team Order Menangkan Hamilton

SOCHI - Team order yang dilakukan Mercedes pada lap ke-25 menjadi jalan bagi Lewis Hamilton untuk meraih kemenangan kesembilannya musim ini dari GP Rusia yang berlangsung di Sochi Autodrom kemarin. Kini pembalap Inggris itu makin berpeluang meraih gelar juara dunia Formula 1 kali keempatnya dalam lima tahun terakhir.

Pasalnya, dengan lima balapan tersisa Hamilton kini sudah unggul 50 poin dari pesaing terdekatnya yakni pembalap Ferrari Sebastian Vettel. Hamilton kini berada di puncak klasemen dengan 306 poin. Sementara Vettel ada di posisi kedua dengan 256 poin. Vettel kemarin finis di podium ketiga.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas sejatinya berpeluang besar mendapatkan kemenangan perdananya musim ini kemarin. Namun, instruksi tim pada lap 25 menggugurkan kesempatan pembalap asal Finlandia tersebut meraihnya.

Pada lap 25 Bottas masih unggul satu strip dari Hamilton. Dia berada di posisi runner up. Sedangkan Hamilton ketiga. Kedua pembalap Mercedes ini sama-sma telah melakukan pit stop. Posisi Bottas saat itu tepat di belakang pembalap Red Bull Max Verstappen yang belum mengambil pit stop.

Namun, pada tikungan ke-13 Mercedes mengeluarkan instruksi agar Bottas melambat untuk memberikan jalan bagi Hamilton. Kontan setelah itu Bottas lebih berperan sebagai penghalang Vettel yang berada di posisi keempat.

“Ini hari yang sangat sulit,” ucap Hamilton dilansir Motorsport usai balapan. Pembalap 33 tahun tampak tidak enak hati dengan Bottas. Namun dia mengapresiasi kebesaran hati rekan setimnya tersebut untuk bersedia mengalah.

“Saya paham betapa sulitnya hal ini untuk Bottas. Tapi dia melakukan semua tuganya dengan cemerlang,” tambah Hamilton.

Bottas memang sempat mengeluarkan rasa frustasinya. Itu terjadi ketika Hamilton tidak kunjung melewati Verstappen untuk mengambil alih posisi terdepan. Bottas mempertanyakan itu di radio. Dalam komunikasi radio Hamilton merasa ragu untuk melakukan manuver dan lebih memilih menunggu Verstappen mengambil pit stop.

Verstappen sendiri kemarin tampil luar biasa. Dia akhirnya finis kelima pasca memulai balapan dari posisi 19.

Pada lap ke-43 Verstappen akhirnya masuk pit stop. Itu membuat Hamilton dan Bottas menguasai posisi satu-dua dengan nyaman pada sepuluh lap tersisa. Lewat radio, saat itu Bottas kembali mempertanyakan bagaimana balapan ini akan diakhiri. Menandakan dia ingin dikembalikan menduduki posisi di depan Hamilton.

Namun, keputusan tim ternyata lain. Mercedes tetap ingin Hamilton mengakhiri lomba sebagai juara untuk makin memperlebar jarak dari Vettel.

Dalam wawancara usai balapan Bottas masih menampakkan kekecewaan. Namun dia berusaha menutupinya dari wartawan. “Hari yang sulit,” ucap Bottas. “Hasil yang bagus untuk kami sebagai tim. Tapi ini memang balapan yang benar-benar sulit,” tambahnya.

Bottas menyebut apa yang terjadi sudah dibicarakan dalam berbagai skenario tim sebelum balapan. “Lewis memang bertarung untuk juara dunia. Kami bertarung untuk konstruktor,” tambah pembalap 29 tahun tersebut. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Ferrari Bawa Sayap Baru
Ferrari Bawa Sayap Baru

Berita Berikutnya

Pastikan Lima Atlet ke Taoulu World Cup
Pastikan Lima Atlet ke Taoulu World Cup

Berita Sejenis

Hamilton Masih Idaman Bos F1

Hamilton Masih Idaman Bos F1

Autosport meneruskan tradisi di akhir musim. Mereka meminta setiap bos tim Formula 1 untuk membuat ranking sepuluh pembalap terbaik.


Hamilton Kecelakaan di Jerez

Hamilton Kecelakaan di Jerez

Liburan juara dunia Formula 1 2018 Lewis Hamilton tidak jauh-jauh dari balap.


Ferrari Buru Gelar Konstruktor

Ferrari Buru Gelar Konstruktor

Gelar juara dunia Formula 1 2018 memang sudah jatuh ke tangan pembalap Mercedes Lewis Hamilton.


Team USA Boyong Starter Warriors

Team USA Boyong Starter Warriors

Tidak ada yang meragukan kedigdayaan tim Golden State Warriors di NBA saat ini.


Bottas Ogah Dikasihani

Bottas Ogah Dikasihani

Bos Mercedes Toto Wolff mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan team order Mercedes di GP Rusia Minggu kemarin.


Vettel Sial Lagi, Hamilton Pepet Ferrari

Vettel Sial Lagi, Hamilton Pepet Ferrari

Kesialan masih saja membelit langkah Sebastian Vettel dalam memburu defisit poin dari rival terdekatnya, Lewis Hamilton.


Langkah Ferrari Makin Berat

Langkah Ferrari Makin Berat

Kesempatan pembalap Ferrari Sebastian Vettel untuk menipiskan jarak poin dengan pimpinan klasemen yakni pembalap Mercedes Lewis Hamilton di GP Italia.


Kali ini Milik Vettel

Kali ini Milik Vettel

Persaingan pembalap Ferrari Sebastian Vettel dan Mercedes Lewis Hamilton makin seru.


Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Nyaris saja, balapan GP Hungaria tadi malam berakhir membosankan.


Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Meski selalu dibantah, status pembalap nomor dua di sebuah tim Formula 1 nyata adanya.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!