Sport
Share this on:

Teco Pamitan, Persija Rekrut Ivan Kolev

  • Teco Pamitan, Persija Rekrut Ivan Kolev
  • Teco Pamitan, Persija Rekrut Ivan Kolev

JAKARTA - Teka-teki ke mana Stefano Cugurra Teco akan berlabuh musim depan belum terpecahkan. Usai berpamitan setelah berhasil memberikan gelar juara Liga 1 kepada Persija Jakarta, rumor ke mana perginya pelatih asal Brazil itu jadi perbincangan hangat. Tim-tim besar Liga 1 seperti Madura United dan Bali United dikaitkan jadi pelabuhan selanjutnya Teco.

Tapi, diantara dua klub tersebut, Bali United yang punya peluang besar merekrut Teco. Ambisi untuk bisa jadi juara pada Liga 1 musim 2019 jadi salah satu alasannya. Teco dirasa jadi sosok tepat untuk bisa memberikan prestasi bagi tim yang baru berdiri pada 15 Februari 2015 tersebut.

Komunikasi antara Bali United dan Teco pun sudah cukup intens. Seperti yang diungkapkan oleh CEO Bali United Yabes Tanuri. Dia membenarkan jika timnya sudah melakukan komunikasi untuk menjadikan mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya itu sebagai juru taktik baru.

Tapi Yabes enggan menyebut jika komunikasi itu hanya dilakukan dengan Teco saja. Bali United sendiri menurutnya juga menjalin komunikasi dan kemungkinan untuk merekrut pelatih asing lainnya. Sebut saja nama-nama seperti Mario Gomez, Dejan Antonic, hingga Robert Rene Alberts juga masuk radar Bali United. Bahkan komunikasi dengan pelatih yang belum pernah mencicipi atmosfir sepak bola Indonesia juga dilakukan.

’’Ya dengan Teco sudah ada komunikasi tapi belum ada keputusan,’’ katanya.

Yabes berharap suporter Bali United bisa bersabar. Manajemen benar-benar ingin menyeleksi pelatih terbaik untuk menangani tim yang identik dengan warna merah itu. ’’Sabar. Sebentar lagi diumumkan. Mungkin dua hari sebelum latihan perdana,’’ jelasnya.

Jika apa yang dikatakan oleh Yabes benar, kemungkinan besar Bali United akan memperkenalkan pelatih anyarnya pada 13 Januari mendatang. Sebab, latihan perdana Ilija Spasojevic dkk dilakukan pada 15 Januari. ’’Kenapa harus diumumkan cepat-cepat? Kompetisi musim ini belum dimulai dan latihan juga akan dilakukan pertengahan bulan,’’ tegasnya.

Sementara itu, kepergian Teco direspon cepat oleh manajemen Persija. Tidak butuh waktu lama, Macan Kemayoran pun sudah punya penggantinya. Dia adalah Ivan Kolev, eks pelatih timnas Indonesia yang bakal didapuk jadi pengganti Teco.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Utama Persija Gede Widiade. Bahkan, pengusaha asal Surabaya itu menyebut Kolev sudah tanda tangan kontrak dengan timnya. Satu musim jadi waktu untuk pelatih berusia 61 tahun itu menangani Persija.

’’Saya masih bicarakan satu tahun, belum ketemu. Kemungkinan besok tanggal 12 atau 13 Januari datang,’’ jelasnya.

Kehadiran Kolev mendapat reaksi negatif dari sebagian The Jak (suporter Persija). The Jak menganggap pelatih asal Bulgaria itu tidak tepat menggantikan Teco. Track record yang kurang ciamik ketika menangani PS Tira pada musim 2017 lalu jadi buktinya.

Bersama Kolev, PS Tira terkatung-katung di papan bawah. Bahkan hampir terdegradasi dengan menepati posisi 15 klasemen. Satu setrip di atas zona degradasi. Catatan negatif itu ditegaskan Gede tidak membuatnya ragu merekrut Kolev. Dia beranggapan pelatih yang berhasil membawa Indonesia menjadi runner-up pada ajang Piala AFF 2002 itu sangat bagus kualitasnya.

’’Selalu PS Tira, itu tidak bisa jadi acuan. Di PS Tira dia punya kesempatan mempersiapkan tim gak? Di sini ada waktu 4 bulan,’’ tegasnya.

Di samping anggapan tersebut, Gede juga sudah berkonsultasi dengan beberapa pelatih senior lainnya terkait Kolev. Sebut saja Fakhri Husaini, Indra Sjafri, hingga Direktur Teknik PSSI Danurwindo dimintai saran terkait Kolev. ’’Dari beberapa diskusi di luar itu juga, masih ada waktu untuk persiapan dan mempercepat rekruitmen,’’ paparnya. (rid/ali/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Gaji Besar Menanti Mourinho
Gaji Besar Menanti Mourinho

Berita Sejenis

Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Tiga Pilar Persija Jakarta Dipanggil Timnas U-19

Persija Jakarta lagi-lagi menjadi salah satu tim yang terus menyumbangkan pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di berbagai usia.


Skuad Persija Jakarta Mulai Percaya Diri

Skuad Persija Jakarta Mulai Percaya Diri

Persija Jakarta akhirnya mampu mengakhiri rentetan kekalahannya setelah berhasil meraih kemenangan atas Bali United 1-0, Minggu (5/5) lalu.


Bangkit, Persija Lolos ke Semifinal Piala Presiden

Bangkit, Persija Lolos ke Semifinal Piala Presiden

Persija Jakarta lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2019, usai menang 1-0 atas Bali United di leg kedua 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (5/5)


Persija Tersingkir dari Piala AFC, Kolev Bela Pemainnya

Persija Tersingkir dari Piala AFC, Kolev Bela Pemainnya

Persija Jakarta dipastikan tersigkir dari ajang Piala AFC 2019 setelah kembali menelan kekalahan di babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019


Butuh Kemenangan, Persija Janji Bangkit di Melawat

Butuh Kemenangan, Persija Janji Bangkit di Melawat

Persija Jakarta ingin bangkit dari rentetan kekalahan dalam beberapa laga terakhir.


Persija Butuh Keajaiban

Persija Butuh Keajaiban

Persija Jakarta gagal meraih kemenangan pada matchday keempat babak penyisiha Grup G Piala AFC 2019.


Jalani Jadwal Padat, Persija Hanya Bisa Pasrah

Jalani Jadwal Padat, Persija Hanya Bisa Pasrah

Tim raksasa Indonesia, Persija Jakarta kembali dihadapkan dengan jadwal padat dalam dua pekan ke depan.


Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

Lawan Persija, Teco dan Matos Siap Reuni

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar undian atau drawing babak delapan besar Piala Indonesia 2018.


Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Bisa Dipenjara

Dugaan Pelecehan Seksual, Marko Simic Bisa Dipenjara

Kasus pelecehan seksual yang menimpa Striker Persija Jakarta Marko Simic terus bergulir.


Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

Rekrut Johan Zarco, KTM Berpotensi Naik Kasta

Misi besar diusung salah satu tim pabrikan, Red Bull KTM Factory Racing di musim MotoGP 2019.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!