Sport
Share this on:

Tembus 10 Besar Dunia, Anthony Mulai Stabil

  • Tembus 10 Besar Dunia, Anthony Mulai Stabil
  • Tembus 10 Besar Dunia, Anthony Mulai Stabil

JAKARTA - Usai menjuarai turnamen level Super 1000 China Terbuka 2018 akhir pekan lalu, peringkat BWF Anthony Sinisuka Ginting melompat empat anak tangga. Kini anak Medan kelahiran Cimahi, Jawa Barat tersebut menembus Top 10 BWF dan bertengger di peringkat 9.

Dinamika pergeseran peringkat di kelompok 10 besar yang dikeluarkan BWF per 27 September 2018 memang cukup dinamis. Peringkat 1 yang sebelumnya ditempati Viktor Axelsen (Denmark) kini disodok Kento Momota (Jepang). Bahkan pemain jangkung tersebut kini terjerambab dua anak tangga ke posisi 3. Posisi kedua diduduki Shi Yuqi yang naik ke posisi kedua.

Prestasi Ginting mengalami loncatan besar seiring dengan penampilannya yang begitu ciamik di China Terbuka. Mulai dari babak pertama hingga final juara Indonesia Masters 2018 ini membunuh para pemain unggulan. Mulai dari unggulan 1 Viktor Axelsen di babak pertama hingga unggulan 3 Kento Momota di final.

Di belakang Ginting, ada dua pemain lain yang berada di kelompok 15 besar dunia. Mereka adalah Tommy Sugiarto yang duduk di peringkat 14 dan Jonatan Christie di peringkat 15. Dua pemain senior-junior yang disebut terakhir baru saja bentrok di semifinal Korea Terbuka.

Dan laga sarat gengsi tersebut dimenangkan Tommy Sugiarto. Sayangnya, di final Tommy gagal menundukkan Chou Tien Chen dari Taiwan, sehingga ia harus naik panggung sebagai runner up.

Namun diperkirakan dengan pencapaian Tommy hingga ke final Korea Terbuka peringkatnya bisa saja berubah, paling tidak naik satu peringkat ke urutan 13. Pasalnya, selisih poin antara Tommy dan peringkat di atasnya Prannoy HS dari India hanya 20 poin saja. Tommy memiliki poin 52400 sementara Prannoy memiliki poin 52420.

Kabid Bimpres PBSI Susi Susanti menyambut baik kebersilan Anthony menembus 10 besar BWF," Anthony sekarang mulai stabil. Kepercayaan dirinya juga mulai membaik. Dia memetik pelajaran dari kegalan di Asian Games," kata Susi, kemarin.

Namun sayang, kondisi ini berbeda dengan Jonatan. Meski sukses meraih emas Asian Games, permainnya belum stabil. "Jonatan masih belum stabil, dia masih perlu untuk menambah kepercayaan dirinya terutama bertemu pemain unggulan," paparnya.

Sementara legenda Liem Swie King senang dengan mulai bangkitnya sektor tunggal putra. "Saya senang tunggal putra mulai bangkit dengan merajai turnamen besar," paparnya. (bam/jpg)

Berita Sebelumnya

Makin Kompetitif dengan Peserta Asing
Makin Kompetitif dengan Peserta Asing

Berita Berikutnya

Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi
Tunggal Putri Butuh 5 Tahun Lagi

Berita Sejenis

Beban Besar Penerus Owi/Butet

Beban Besar Penerus Owi/Butet

Sepeninggal Liliyana Natsir pensiun setelah Indonesia Masters kelak akan memberikan tekanan buat ganda campuran pelapis di pelatnas.


Bulls Pecat Hoiberg

Bulls Pecat Hoiberg

Memulai awal musim ini dengan buruk membuat Chicago Bulls berani mengambil keputusan besar. Kemarin mereka resmi memecat head coach Fred Hoiberg.


Hamilton Kecelakaan di Jerez

Hamilton Kecelakaan di Jerez

Liburan juara dunia Formula 1 2018 Lewis Hamilton tidak jauh-jauh dari balap.


Bintang Ngefans Bintang

Bintang Ngefans Bintang

Meski sama-sama berstatus atlet elit, petenis putri ranking empat dunia Elina Svitolina tidak jaim (jaga image).


Raksasa La Liga Runtuhkan Dominasi NBA

Raksasa La Liga Runtuhkan Dominasi NBA

Perang finansial Real Madrid dan Barcelona bukan lagi soal besar pemasukannya per musim.


Owi/Butet Pastikan Turun di Indonesia Masters

Owi/Butet Pastikan Turun di Indonesia Masters

Perpisahan Liliyana Natsir dari dunia bulu tangkis dunia bakal ditunda.


Kans Amankan Slot Final

Kans Amankan Slot Final

Hanya butuh satu kemenangan di babak 8 besar bagi dua ganda campuran Indonesia untuk menggamit slot babak final Syed Modi IBC 2018.


Fury Minta Bantuan Roach

Fury Minta Bantuan Roach

Persiapan Tyson Fury menghadapi duel kontra Deontay Wilder untuk perebutan sabuk juara dunia kelas berat WBC, 1 Desember mendatang.


Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Indonesia Berpotensi Tempatkan Dua Wakil

Bentrok antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting kembali berlangsung di Hongkong Open 2018.


Kans ke BWF Finals Habis

Kans ke BWF Finals Habis

Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF) membuat pengumuman mengejutkan kemarin.



Berita Hari Ini

IKLAN ARIP

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!