Sport
Share this on:

Tenis Lapangan Bidik Dua Emas di SEA Games 2019

  • Tenis Lapangan Bidik Dua Emas di SEA Games 2019
  • Tenis Lapangan Bidik Dua Emas di SEA Games 2019

JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) membidik dua medali emas pada perhelatan SEA Games 2019 di Filipina. Induk cabang olahraga (cabor) tenis di Tanah Air tersebut cukup optimistis target itu bisa tercapai menyusul pencapaian di Asian Games 2018 di mana tenis mampu menyumbang satu emas dari ganda campuran.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar. Menurutnya, dua target medali emas yang dicanangkannya itu diharapkan mampu didapatkan dari pasangan ganda campuran Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi dan ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rompies.

"Dalam Asian Games 2018 saja, kita tidak menargetkan apa-apa, namun kita bisa meraih emas dari ganda campuran. Dan ini levelnya SEA Games kami mengharapkan Christo/Aldila dapat emas kembali," ungkap Rildo kepada wartawan dalam acara buka puasa bersama pengurus PP Pelti di Stadion Tenis GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5) kemarin.

"Selain itu, satu lagi kita juga mengharapkan dari ganda putri, Beatrice Gumulya/Jessy Rompies yang saat ini sedang fight agar bisa meraih emas juga," sambungnya.

Guna merampungkan target tersebut PP Pelti diakuinya bakal langsung melakukan persiapan menjelang ajang dua tahunan 30 November hingga 10 Desember mendatang itu. Ditambahkan Wakil Ketua Umum PP Pelti Sutikno Muliadi, Pelti akan segera menggelar pelatihan nasional (pelatnas).

Menurut Sutikno, pelatnas itu akan dilangsungkan pada 20 Mei 2019 di Wisma Sanita Pejompongan Jakarta. "Training untuk SEA Games akan kita mulai pada 20 Mei di Pejompongan. Kita memilih Pejompongan karena di sana ada dua lapangan serta ada penginapannya. Jadi lebih efisian dan efektif dibandingkan lapangan tenis di GBK ini," tutur Sutikno.

Sutikno mengaku dalam pelatnas tersebut, pihaknya akan menambah atlet diluar SK (Surat Keputusan) Pelatnas SEA Games 2019. Dari 16 atlet yang masuk dalam SK SEA Games 2019, Pelti diakui Sutikno bakal menambah delapan atlet lainnya.

Sebanyak 16 atlet yang masuk SK SEA Games 2019 itu di antaranya, Christopher Rungkat, David Susanto, Anthony Susanto, Muhammad Rifqi Fitriadi, Odeda Muhammad Arazza, Ari Fahresi, Muhammad Ali Akbar, Nauvaldo Jati Agatra, Beatrice Gumulya, Aldila Sutjiadi, Jessy Priskila Rompies, Deria Nurhaliza, Priska Madelyn Nugroho, Janice Tjen, Fitriana Sabrina, dan Fitriani Sabatini.

"Yang masuk SK Pelatnas SEA Games ada 16 atlet, tapi kita akan menambah delapan atlet lainnya di luar SK tersebut. Tambahannya, ada empat atlet putra dan empat petenis wanita. Hal itu kita lakukan untuk membentuk tim lapis keduanya," terang Sutikno.

Namun, dari total atlet yang mengikuti pelatnas itu nantinya akan dipangkas menjadi sepuluh petenis yang akan diikutsertakan dalam SEA Games 2019, dengan rincian lima atlet putra dan lima atlet putri.

Selain pelatnas, Pelti juga menyiapkan beberapa agenda uji coba dan training camp untuk para atlet. Sedangkan agenda TC, try in dan try out yang akan diikuti, yakni ITF Wolrd Tennis Tour Men Hongkong 25K pada 3-16 Juni, ITF Junior J5 Nonthaburi di Thailand (10-22 Juni), ITF Wolrd Tennis Tour Women 25K di Jepang (19-25 Agustus).

Lalu, ITF Junior J5 di Thailand (12-17 Agustus), ITF Junior J4 di Jepang (28 Agustus - 1 September), ITF World Tennis Tour Women Japan 25K (2-8 September), Davis Cup Indonesia vs Selandia Baru di Palembang (14-15 September), ITF Junior J4 di Thailand (21-26 Oktober) dan terakhir TC di Thailand selama sebulan, sebelum akhirnya terjun di SEA Games Filipina.

"Kita berharap dengan banyakanya turnamen yang mereka ikuti, bakal menambah lmu dan pengalaman mereka menjelang bertarung di SEA Games 2019 nanti," tukas Sutikno. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya


Berita Sejenis

Mental The Minions Benar-benar Teruji

Mental The Minions Benar-benar Teruji

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengaku akan lebih mempersiapkan mental saat berlaga di babak kedua turnamen Blibli Indonesia Open 2019.


Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Dari kekuatan yang ada, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra untuk meraih gelar di turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berusaha fokus menikmati permainan mereka di Blibli Indonesia Open 2019 pekan ini.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.


Panpel Indonesia Open Dikejar Deadline

Panpel Indonesia Open Dikejar Deadline

Panitia penyelenggara Blibli Indonesia Open 2019 mengebut pengerjaan fasilitas pendukung di kawasan Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.


 Fajar/Rian Buta Kemampuan Lawan

Fajar/Rian Buta Kemampuan Lawan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal menghadapi wakil China, Huang Kai Xiang/Liu Cheng di babak pertama Indonesia Open 2019.


Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Penantang Marquez Ternyata Bukan Duo Ducati, tapi Yamaha

Paruh kedua MotoGP 2019 sebentar lagi, Marc Marquez masih bertengger di puncak klasemen dengan raihan 185 poin.


Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jojo Target Tembus Delapan Besar

Jonatan Christie menargetkan bisa tembus hingga ke babak delapan besar di ajang Indonesia Open 2019.


Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Menjelang perhelatan Indonesia Open 2019 yang tinggal menghitung hari, mematangkan persiapan tentu bakal dilakukan seluruh peserta.


Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Hancurkan Mimpi Madagaskar, Tunisia Tantang Senegal

Kejutan Madagaskar di Piala Afrika berakhir di babak perempat final Piala Afrika 2019, setelah dikalahkan Tunisia 0-3.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!