Sport
Share this on:

The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

  • The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020
  • The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

**JAKARTA ** - Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) baru saja menerbitkan daftar peringkat pemain-pemain bulu tangkis terbaru. Pada pekan ke-36 atau tepatnya 3 September lalu, terjadi persaingan sengit di puncak rangking dunia untuk sektor ganda putra.

Sampai dengan kemarin (8/9), posisi peringkat pertama masih dikuasai oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan yang lebih dikenal dengan julukan The Minions itu memimpin posisi puncak dengan total poin 101.353.

Sementara itu, menempel ketat di bawah The Minions, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan yang dijuluki The Daddies itu menduduki rangking kedua dunia dengan total poin 89.937.

Saat ini, poin keduanya hanya terpaut 11.416. Bukan hal mustahil bagi Ahsan/Hendra untuk menggantikan posisi The Minions. Atau bisa saja Marcus/Kevin yang terus bertahan di posisi teratas.

Berdasarkan data BWF, Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra sudah 10 kali bertemu di lapangan. Dari seluruh pertemuan tersebut, Marcus/Kevin tercatat sudah menang delapan kali atas The Daddies. Pelatih bulu tangkis ganda putra nasional Indonesia Herry Iman Pierngadi pun mengatakan peta persaingan menuju kejuaraan bergengsi itu sudah mulai terbaca.

"Sekarang proses kualifikasi itu sudah setengah jalan dan peta persaingan juga mulai terbaca. Menurut saya, saat ini sudah 50 persen bisa diperkirakan siapa yang bisa lolos ke Olimpiade 2020," kata Herry.

Marcus/Kevin pertama kali menduduki singgasana rangking satu ganda putra dunia pada September 2017, atau lebih tepatnya usai menjuarai turnamen Japan Open 2017. Posisi rangking satu dunia itu berhasil direbut oleh The Minions dari pasangan ganda putra asal Denmark Mathias Boe/Carsten Morgensen.

Meskipun tak berhasil menjadi juara ganda putra di kejuaraan All England 2019 maupun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF 2019, posisi Marcus/Kevin tidak tergeser dari peringkat satu dunia sampai dengan saat ini. Menurut Herry Iman Pierngadi, performa The Minions hingga kini masih stabil dan tidak mengalami penurunan.

"Penampilan Marcus/Kevin tidak menurun, masih stabil, buktinya masih berada di posisi rangking satu dunia sampai sekarang. Kalau memang belum juara dunia, itu belum rezeki saja," kata Herry.

Seperti diketahui, Marcus/Kevin dikalahkan oleh pasangan asal Korea Selatan Choi Sol-Gyu/Seo Seung-jae pada babak kedua Kejuaraan Dunia BWF 2019 dalam tiga gim dengan skor 21-16, 14-21, 21-23. Sebelumnya, The Minions juga tersingkir di babak pertama turnamen All England Open 2019 yang diselenggarakan pada Maret 2019, usai ditaklukkan oleh pasangan China Liu Cheng/Zhang Nan dengan perolehan 19-21, 22-20, 17-21.

Herry mengatakan ekspektasi masyarakat terhadap Marcus/Kevin amat sangat tinggi, sehingga ketika pasangan itu mengalami kekalahan dalam suatu kejuaraan, maka akan langsung dianggap sebagai masalah besar. "Ekspektasi masyarakat terhadap Marcus/Kevin itu harus diakui luar biasa, sangat tinggi. Jadi, ketika mereka kalah dalam satu pertandingan saja, langsung timbul kesan seolah-olah mereka sudah gagal total. Padahal tidak begitu," ujar Herry.

Sepanjang 2019, Marcus/Kevin sudah berhasil menjuarai empat turnamen bulu tangkis internasional, antara lain Malaysia Masters 2019, Indonesia Masters 2019, Indonesia Open 2019, dan Japan Open 2019. Usai Kejuaraan Dunia BWF, The Minions dijadwalkan akan kembali berlaga dalam turnamen bulu tangkis level Super 1.000 China Open 2019 yang diselenggarakan pada 17 hingga 22 September di Changzhou, China.

Sementara itu, mengenai Olimpiade Tokto 2020, Herry mengaku tidak ingin ikut campur terkait pasangan mana yang akan tampil. Pelatih berjuluk Naga Api itu berharap hanya pasangan dengan peringkat terbaik yang bertanding di Olimpiade nanti.

"Yang pasti, fighting spirit mereka (Marcus/Kevin) bagus. Buktinya, setelah gagal di All England 2019, mereka langsung bangkit, cepat move on dan bisa menjadi juara di dua turnamen berikutnya, yaitu Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019. Jadi, kita lihat saja nanti," ungkap Herry. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Bawa Puilang Piala Suhandinata, Skuat Junior Diguyur Bonus Rp500 Juta

Bawa Puilang Piala Suhandinata, Skuat Junior Diguyur Bonus Rp500 Juta

Ajang Kejuaraan Bulutangkis Junior baru saja berlalu. Namun, cerita Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan tim Merah Putih junior merebut Piala Suhandinata belum


Bawa Pulang Piala Suhandinata dan Satu Juara Dunia

Bawa Pulang Piala Suhandinata dan Satu Juara Dunia

Pencapaian gemilang didapat tim bulutangkis junior Indonesia pada ajang World Junior Championships 2019 atau Kejuaraan Bulutangkis Dunia Junior 2019.


KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

KOI Targetkan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olimpade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari langsung membidik percepatan proses persiapan Indonesia mengambil alih


11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

11 Nama Akan Berebut Ketum PSSI 2019-2023

Nama-nama bakal calon ketua umum (ketum), wakil ketua umum (wakteum), dan anggota eksekutif (exco) PSSI 2019-2023 mendatang, sudah diumumkan..


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

Kemenpora Soroti Balap Mobil di GBK

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyoroti even otomotif GBK Race (Gelora Bung Karno) yang merupakan rangkaian kegiatan I Indonesia Senayan Festival


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Pemerintah Dukung Program Djarum Foundation

Pemerintah Dukung Program Djarum Foundation

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan dukungannya, terhadap program Djarum Foundation di bidang pendidikan vokasi.


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!