Sport
Share this on:

The Next Marquez Ke Suzuki

  • The Next Marquez Ke Suzuki
  • The Next Marquez Ke Suzuki

HAMAMATSU - Sejak kembali ke MotoGP 2015 lalu, Suzuki belum pernah salah memilih talenta muda untuk dipupuk menjadi seorang bintang besar. Setelah Maverick Vinales dan Alex Rins, kini giliran pembalap Spanyol, Joan Mir direkrut untuk menunggang GSX-RR 1000 musim depan.

Mir datang untuk mengisi kursi milik Andrea Iannone yang hengkang ke Aprilia. Pembalap 20 tahun tersebut bakal bertandem dengan Rins dua tahun ke depan.

Pamor Mir melesat sekitar setahunan lalu ketika berhasil menjuarai kelas Moto3 musim 2017. Dia memenangi 10 dari 18 balapan yang berlangsung dalam satu musim.

Dominasi itu menyamai rekor juara bertahan MotoGP saat ini Marc Marquez di kelas yang sama (saat itu 125 cc) tujuh tahun sebelumnya. Jadi bukan alasan, jika Mir disebut-sebut sebagai The Next Marquez.

Tahun ini, dia naik kelas ke Moto2. Adaptasinya dengan motor baru berkubikasi 600 cc tersebut terbilang cepat. Dari enam seri yang sudah berlangsung, Mir saat ini bercokol di posisi kelima klasemen pembalap. Dia juga sudah meraih dua podium beruntun di dua balapan terakhir GP Prancis dan Italia.

''Mir baru 20 tahun dan sudah menjadi juara dunia dengan jumlah kemenangan mengagumkan tahun lalu,'' puji Bos Suzuki Ecstar Davide Brivio. ''Dia sangat “kejam” di lintasan, tapi di saat yang sama dia juga anak yang lucu, dan sangat-sangat cepat,'' imbuhnya.

Kecemerlangan Mir di kelas Moto3 dan Moto2 menjadikannya salah satu buruan terbesar tim-tim pabrikan. Dia bahkan sudah sempat menjalin pra-kontrak dengan Repsol Honda. Namun setelah Honda memilih mendatangkan Jorge Lorenzo sebagai partner Marquez, Mir akhirnya berlabuh di Suzuki.

Mir saat ini membalap untuk tim Marc VDS Moto2. Bertandem dengan adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez. Di saat Mir sudah memastikan diri naik kelas ke MotoGP, Marquez kecil belum memutuskan untuk promosi.

Dia masih bertarung merebut gelar juara Moto2 musim ini bersaing dengan Francesco Bagnaia. Bagnaia juga sudah dipastikan naik ke MotoGP tahun depan bersama Pramac Ducati. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Warriors Juara Back to Back
Warriors Juara Back to Back

Berita Berikutnya

Vettel Sukses Kudeta Hamilton
Vettel Sukses Kudeta Hamilton

Berita Sejenis

Iannone Hengkang dari Suzuki

Iannone Hengkang dari Suzuki

Satu lagi tim pabrikan MotoGP mengumumkan pecah kongsi dengan pembalapnya.


Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Strategi ’’melarikan diri’’ yang dipraktikkan juara bertahan MotoGP Marc Marquez sejak MotoGP Amerika Serikat tetap jitu dipakai di Sirkuit Jerez.


Menanti Duel Vinales-Marquez

Menanti Duel Vinales-Marquez

Tiga seri pembuka MotoGP terlewati dan tiga pembalap berbeda keluar sebagai pemenang.


Honda Cari Pengganti Pedrosa

Honda Cari Pengganti Pedrosa

Honda sedang serius mencari calon rekan satu tim Marc Marquez untuk musim depan.


Yamaha dan Suzuki Mulai Bangkit

Yamaha dan Suzuki Mulai Bangkit

Tiga seri pembuka MotoGP berakhir di Texas, Amerika Serikat dinihari kemarin. Sejumlah kejutan lahir dari seri balapan pembuka.


Rossi Ogah Bertemu Marquez

Rossi Ogah Bertemu Marquez

Pembahasan soal Termas Clash sama sekali tak reda meski nyaris dua pekan berlalu.


Marquez Sempurna di Austin

Marquez Sempurna di Austin

Kalau saja tidak terjadi insiden Marc Marquez menabrak Valentino Rossi di GP Argentina, seri ketiga balapan MotoGP pekan ini tidak akan terlalu menarik.


2019, Marc VDS-Suzuki

2019, Marc VDS-Suzuki

Balapan di Austin, Texas akhir pekan ini bakal menjadi momentum penting bagi Suzuki.


Ducati Belum Sempurna, Suzuki Percaya Diri

Ducati Belum Sempurna, Suzuki Percaya Diri

Insiden antara Valentino Rossi (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda) di GP Argentina (8/4) menjadi berkah bagi Andrea Dovizioso.


Suzuki Buru Tandatangan Lorenzo

Suzuki Buru Tandatangan Lorenzo

Suzuki masih kesulitan mengembalikan performa terbaiknya setelah ditinggal Maverick Vinales ke Yamaha akhir 2016 lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!