Sport
Share this on:

Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

  • Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba
  • Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

JAKARTA - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 INASGOC dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) sepakat akan batal menyelenggarakan nomor pertandingan, jika jumlah peserta kurang dari jumlah minimal. Hingga saat ini, sepakbola, bola voli, dan basket belum juga memenuhi ketentuan. Otomatis tiga cabor tersebut terancam batal mengikuti test event Asian Games 10-24 Februari mendatang.

Ketua INASGOC Erick Tohir menuturkan, hingga saat ini sudah ada 21 negara yang memastikan mengikuti test event Asian Games. Jumlah atlet yang terdaftar sudah mencapai 1030 orang. ”Mungkin besok (hari ini, Red) sudah bertambah lagi jumlah,” ucapnya.

Dia menegaskan setiap nomor cabor harus diikuti minimal oleh empat negara untuk test event. Sedangkan saat games time harus minimal terdapat enam negara partisipan. INASGOC, lanjut dia, masih menunggu konfirmasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) dan Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

Pihaknya, sudah menerima surat dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dua hari lalu. Mereka meminta kepada INASGOC untuk memberikan tambahan waktu pengumpulan konfirmasi kehadiran negara peserta test event.

Erick lantas menanggapi dengan memberi kesempatan hingga hari Senin minggu depan. ”Saya tidak mau ada istilahnya arogansi dari INASGOC. Ini kan pestanya cabang olahraga kok malah kita arogan,” ujarnya. Rencananya, besok dirinya akan bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha untuk membahas masalah itu.

Mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia tersebut berharap masalah menjelang persiapan uji coba nanti bisa selesai saat itu juga. ”Untuk basket dan voli kami juga akan ketemu mereka satu per satu. Supaya jangan hanya dari media saja kami bicara,” tandasnya.

Erick berharap tiga cabor tersebut sudah ada kepastian hingga batas waktu yang sudah ditentukan. ”Jika sampai minggu depan belum memenuhi ya mohon maaf. Terpaksa kami tidak selenggarakan,” tegasnya.

Test event Asian Games 2018 nanti merupakan ajang kolaborasi dan uji coba semua bidang INASGOC untuk menggelar pertandingan, baik dari bidang registrasi peserta, transportasi, akomodasi, katering, penyiaran, maupun sistem teknologi-informasi, termasuk para relawan.

INASGOC kembali membuka pendaftara volunteer gelombang kedua. Mengingat, saat gelaran multieven terbesar di Asia itu berlangsung dibutuhkan 13 ribu volunteer. 11 ribu orang ditempatkan di Jakarta dan sisanya untuk di Palembang. Gelombang pertama sudah tersaring 1574 orang.

Pendaftaran secara online di website resmi volunteer Asian Games 2018 sudah dibuka kemarin. Kebutuhan volunteer akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Protocol Assistant, NOC Assistant, dan Liaison Officer. Dari tiga kategori itu akan dialokasikan ke 19 departemen seperti venue, medical dan doping control, media dan public relations, ceremonial, ticketing, katering, dan transportasi.

Proses seleksi akan melalui beberapa tahap. Antara lain, Psikotes, kemampuan komunikasi, interpersonal skill, etika dan manner, serta pengetahuan pariwisata dan budaya,” terang Koordinator HRD Volunteer Pusparani Hajim Chappy Hakim. (han/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Duh... Wawrinka Juga Tumbang
Duh... Wawrinka Juga Tumbang

Berita Sejenis

Menanti Duel Vinales-Marquez

Menanti Duel Vinales-Marquez

Tiga seri pembuka MotoGP terlewati dan tiga pembalap berbeda keluar sebagai pemenang.


Yamaha dan Suzuki Mulai Bangkit

Yamaha dan Suzuki Mulai Bangkit

Tiga seri pembuka MotoGP berakhir di Texas, Amerika Serikat dinihari kemarin. Sejumlah kejutan lahir dari seri balapan pembuka.


Farah, Kipchoge, Bekele Menuju London

Farah, Kipchoge, Bekele Menuju London

Ada tiga sosok penting yang bakal menyita perhatian di perhelatan London Marathon 2018, 22 April mendatang.


Pedrosa Terancam Absen Di Austin

Pedrosa Terancam Absen Di Austin

Ada insiden serius di GP Argentina yang pamornya tertutupi oleh perseteruan Valentino Rossi dan Marc Marquez.


Gara-gara Kopling Bermasalah

Gara-gara Kopling Bermasalah

Sean Gelael gagal memburu podium di sprint race seri pembuka Formula 1 di Bahrain kemarin.


Gagal Ukir Kenangan Manis

Gagal Ukir Kenangan Manis

Keinginan CLS Knights Indonesia untuk menutup dua laga terakhir ASEAN Basketball League (ABL) 2018 dengan kemenangan sepertinya takkan terwujud.


Gagal Jadi Nomor 1 Lagi

Gagal Jadi Nomor 1 Lagi

Keinginan petenis nomor dua dunia Caroline Wozniacki merampas mahkota ranking satu dunia milik Simona Halep melalui Indian Wells Masters gagal terwujud.


Caps Istimewa Yaya Talisca

Caps Istimewa Yaya Talisca

Kemarin WIB (13/3), Tite merilis nama-nama yang akan dia panggil untuk dua uji cobanya Brasil bulan ini.


Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Susah payah Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne menutupi buruknya performa McLaren selama uji coba pra musim 2018. Namun data dan statistik tidak berbohong.


Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

Vettel Pecahkan Rekor 10 Tahun

Sejak hari pertama uji coba pra musim di Circuit de Barcelona-Catalunya pekan kedua, Ferrari tak pernah menjamah ban yang berkompon soft.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!