Sport
Share this on:

Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

  • Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba
  • Tiga Cabor Terancam Gagal Uji Coba

JAKARTA - Panitia penyelenggara Asian Games 2018 INASGOC dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) sepakat akan batal menyelenggarakan nomor pertandingan, jika jumlah peserta kurang dari jumlah minimal. Hingga saat ini, sepakbola, bola voli, dan basket belum juga memenuhi ketentuan. Otomatis tiga cabor tersebut terancam batal mengikuti test event Asian Games 10-24 Februari mendatang.

Ketua INASGOC Erick Tohir menuturkan, hingga saat ini sudah ada 21 negara yang memastikan mengikuti test event Asian Games. Jumlah atlet yang terdaftar sudah mencapai 1030 orang. ”Mungkin besok (hari ini, Red) sudah bertambah lagi jumlah,” ucapnya.

Dia menegaskan setiap nomor cabor harus diikuti minimal oleh empat negara untuk test event. Sedangkan saat games time harus minimal terdapat enam negara partisipan. INASGOC, lanjut dia, masih menunggu konfirmasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) dan Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

Pihaknya, sudah menerima surat dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dua hari lalu. Mereka meminta kepada INASGOC untuk memberikan tambahan waktu pengumpulan konfirmasi kehadiran negara peserta test event.

Erick lantas menanggapi dengan memberi kesempatan hingga hari Senin minggu depan. ”Saya tidak mau ada istilahnya arogansi dari INASGOC. Ini kan pestanya cabang olahraga kok malah kita arogan,” ujarnya. Rencananya, besok dirinya akan bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha untuk membahas masalah itu.

Mantan Ketua Komite Olimpiade Indonesia tersebut berharap masalah menjelang persiapan uji coba nanti bisa selesai saat itu juga. ”Untuk basket dan voli kami juga akan ketemu mereka satu per satu. Supaya jangan hanya dari media saja kami bicara,” tandasnya.

Erick berharap tiga cabor tersebut sudah ada kepastian hingga batas waktu yang sudah ditentukan. ”Jika sampai minggu depan belum memenuhi ya mohon maaf. Terpaksa kami tidak selenggarakan,” tegasnya.

Test event Asian Games 2018 nanti merupakan ajang kolaborasi dan uji coba semua bidang INASGOC untuk menggelar pertandingan, baik dari bidang registrasi peserta, transportasi, akomodasi, katering, penyiaran, maupun sistem teknologi-informasi, termasuk para relawan.

INASGOC kembali membuka pendaftara volunteer gelombang kedua. Mengingat, saat gelaran multieven terbesar di Asia itu berlangsung dibutuhkan 13 ribu volunteer. 11 ribu orang ditempatkan di Jakarta dan sisanya untuk di Palembang. Gelombang pertama sudah tersaring 1574 orang.

Pendaftaran secara online di website resmi volunteer Asian Games 2018 sudah dibuka kemarin. Kebutuhan volunteer akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Protocol Assistant, NOC Assistant, dan Liaison Officer. Dari tiga kategori itu akan dialokasikan ke 19 departemen seperti venue, medical dan doping control, media dan public relations, ceremonial, ticketing, katering, dan transportasi.

Proses seleksi akan melalui beberapa tahap. Antara lain, Psikotes, kemampuan komunikasi, interpersonal skill, etika dan manner, serta pengetahuan pariwisata dan budaya,” terang Koordinator HRD Volunteer Pusparani Hajim Chappy Hakim. (han/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Duh... Wawrinka Juga Tumbang
Duh... Wawrinka Juga Tumbang

Berita Sejenis

Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Menang Tiga Set, Minions Belum Panas

Ketangguhan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapatkan ujian cukup berat dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.


Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Upaya McLaren mewujudkan mimpi Fernando Alonso memenangi tiga balapan klasik “Trple Crown” (GP Monako, Le Mans 24 jam, dan Indy 500) makin all out.


Tiga Beruntun Pertama Lakers

Tiga Beruntun Pertama Lakers

Di tujuh menit pertama pertandingan Los Angeles Lakers tertinggal 8-25 dari sang tamu Phoenix Suns. Tapi setelah itu LeBron James cs bangkit.


Bebaskan Atlet Pelatnas di Kejurnas Panahan

Bebaskan Atlet Pelatnas di Kejurnas Panahan

Akhir tahun ini menjadi momentum penting bagi seluruh pengurus cabor olahraga Indonesia melakukan evaluasi.


Peluang Fajar/Rian Raih Gelar

Peluang Fajar/Rian Raih Gelar

Tiga pekan terakhir merupakan waktu superpadat yang harus dijalani Fajar Alfian/M. Rian Ardianto. Mereka tampil dalam tiga turnamen beruntun.


Tiga Ganda Putra di Semifinal

Tiga Ganda Putra di Semifinal

Hongkong Open 2018 menjadi ajang show of force pasukan ganda putra Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga pasangan yang lolos ke semifinal hari ini.


Thompson Catat Rekor Tertinggi Tembakan Tiga Angka dalam Sejarah

Thompson Catat Rekor Tertinggi Tembakan Tiga Angka dalam Sejarah

Tembakan tiga angka Klay Thompson dari sisi sebelah kiri saat kuarter ketiga tersisa 4 menit dan 53 detik membuat Golden State Warriors memimpin.


Marquez Gagal, Yamaha Akhirnya Menang Juga

Marquez Gagal, Yamaha Akhirnya Menang Juga

Saking bungahnya, Ramon Forcada sampai berlari kencang menuju parc ferme untuk memeluk dan memberi selamat kepada Maverick Vinales.


Pulang, Osaka Menangis

Pulang, Osaka Menangis

Satu-satunya wakil Asia di WTA Finals, Naomi Osaka, gagal meneruskan langkahnya menuju semifinal.


Tak Terhibur Anugerah Gol Terbaik

Tak Terhibur Anugerah Gol Terbaik

Timnas U-16 memang gagal meraih tiket Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan. Namun, bukan berarti timnas U-16 pulang tanpa prestasi.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!