Sport
Share this on:

Tiga Klub Berpotensi Ikuti Bali United Bermain di Pasar Modal

  • Tiga Klub Berpotensi Ikuti Bali United Bermain di Pasar Modal
  • Tiga Klub Berpotensi Ikuti Bali United Bermain di Pasar Modal

**JAKARTA ** - Bali United menginspirasi tiga klub lainnya di Indonesia untuk melantai di Bursa Efek. Ini setelah saham klub berjuluk Serdadu Tridatu itu resmi masuk Bursa Efek Indonesia, kemarin (18/6).

Ya, klub yang berkandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, itu sebagai klub pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang go public. PT Bali Bintang Tbk, perusahaan yang mengelola klub sepak bola Bali United, tercatat dengan kode saham BOLA. Dari pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO), perseroan memperoleh dana segar Rp350 miliar.

Sebanyak dua miliar saham dilepas atau setara dengan 33,33 persen saham pada harga penawaran perdana Rp175 per saham. Tidak hanya diminati investor pasar modal, saham Bali United juga diminati fansnya.

Dampaknya cukup positif. Yakni, terjadi kelebihan permintaan sampai dengan 110 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) saham yang ditawarkan masyarakat. Sejak melantai di pasar modal, sahamnya langsung melejit 69,14 persen ke posisi Rp296 per saham.

Melantainya Bali United jadi trigger bagi klub sepak bola lain di Indonesia. Hal itu dikatakan Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna. Ada tiga klub yang mungkin menyusul jejak Bali United.

Ketiganya adalah Arema FC, Persib Bandung, dan Persija Jakarta. Bahkan, khusus Arema FC, pihaknya sudah melakukan pertemuan. Nantinya menyusul Persib dan Persija. "Arema sudah kami approach, tentunya mereka sekarang sedang konsolidasi internal dulu apa saja yang disiapkan," jelas Nyoman kemarin di BEI.

Nyoman berharap tiga klub tersebut bisa segera menyusul Bali United ke pasar modal tahun ini. Dengan meningkatnya reputasi menjadi perusahaan tercatat akan meningkatkan kepercayaan dari fansnya. Mereka bisa mengikuti perkembangan yang terjadi, termasuk performance-nya.

"Tidak hanya menjadi fans, mereka juga bisa memiliki sahamnya," imbuh Nyoman.

Menurut Direktur Utama PT Kresna Sekuritas Octavianus Budianto, IPO Bali United sangat menarik dan memiliki potensi besar dari para pendukung fanatik. Antusiasme masyarakat Bali, khususnya fans, sangat besar. Sejak masa penawaran pada 10 Juni lalu, di hari kedua sudah oversubscribed. "Komposisi investor ritel sendiri sebanyak 41 persen dan investor institusi 59 persen," jelasnya.

Pengamat ekonomi Indef Eko Listiyanto mengatakan, ini awal yang baik bagi klub bola untuk mau go public. Dengan begitu, pendanaan akan lebih variatif dan memungkinkan meningkat dalam waktu cepat.

Syaratnya tentu saja kinerja dan prestasi tim, serta kompetisi sepak bola yang fair dan profesional. "Jika Bali United berhasil, dapat menjadi role model bagi klub-klub yang lain. Apalagi, penonton bola di Indonesia banyak dan fanatik," terangnya.

Jika prestasi tim terus meningkat, terbuka peluang untuk menjaring investor potensial dari luar negeri juga. Klub yang sudah melantai di pasar modal harus disiplin dalam aspek governance, terutama soal keuangan. "Pasar modal menuntut adanya transparansi, sehingga aspek-aspek tata kelola keuangan harus benar-benar diperhatikan agar mendapat kepercayaan investor," imbuhnya.

Sementara itu, CEO Bali United Yabes Tanuri mengungkapkan, melantainya Bali United ini merupakan salah satu cara untuk memiliki tim secara bersama-sama. Artinya, menjadi suporter Bali United tidak hanya mendukung klub dalam bentuk membeli tiket atau merchandise lagi, tapi juga bisa memilikinya secara utuh.

"Jadi, mendukungnya itu lebih. Contoh, bapak minjem motor sama nyetir motor sendiri pasti dukungannya akan lebih. Saya sebagai suporter, sebagai fans, dan pemilik. Kami merasakan senangnya untuk ke depannya sebagai pemilik," paparnya.

Plt Ketua Umum PSSI Iwan Budianto juga menyambut baik apa yang sudah dilakukan Bali United. Dia menyebut, ketika sebuah klub melepas saham, itu berarti sudah mau dituntut semakin transparan dan lebih baik. "Itu yang kami inginkan di sepak bola Indonesia. Kalau semua klub itu punya transparansi yang sama seperti melepas saham ke bursa, pasti sepak bolanya akan lebih bagus. Baik dari segi finansial dan segi segalanya," terangnya.

Bagi PSSI, masuknya klub ke bursa saham memudahkan untuk melakukan verifikasi. Saat ini, dia mengakui PSSI susah mendapatkan transparansi dana tiap klub. Misalnya, berapa belanja pemain. "Tapi, ketika mencalonkan di bursa, ada laporan tahunan, kami bisa baca terbuka. Punya satu lembar saham saja kami bisa tahu oh uangnya sekian ratus miliar untuk ini untuk itu," tegasnya.

Masalah regulasi, pria yang akrab disapa IB itu mengatakan bahwa PSSI masih konsultasi ke FIFA. Sebab, tataran untuk melarang dari PSSI hanya sebatas cross ownership. Artinya, tidak boleh klub lain memiliki klub lainnya lagi di kompetisi Indonesia.

"Kami pelajari itu, apakah pemilik klub lain tidak boleh beli saham klub lainnya lagi. Kalau misalnya jumlah tidak pada saham mayoritas, yang tidak sebagai saham pengendali, boleh atau tidaknya kami sedang konsultasi ke FIFA," tuturnya. (nis/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Garuda muda tak selalu identik dengan sepakbola. Kancah dunia racing juga dilakoni para milenial di lintasan balap.


Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Delapan Kemenangan Bali United Terhenti di Bekasi

Bhayangkara FC berhasil mematahkan rentetan delapan kemenangan beruntun Bali United pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia.


Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Sebelum dibukanya pendaftaran calon ketua umum PSSI, tercatat sudah ada tiga nama yang tertarik maju sebagai kandidat.


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,


Koeman-Gullit Bela De Ligt

Koeman-Gullit Bela De Ligt

Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman, angkat bicara terkait penampilan mengecewakan Matthijs de Ligt bersama klub barunya, Juventus.


Bintang-bintang NBA Menuju Tiongkok dengan Modal Optimistis

Bintang-bintang NBA Menuju Tiongkok dengan Modal Optimistis

Di venue yang sama saat meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000, Team USA sukses memenangi laga eksibisi melawan Kanada 84-68.


PON 2020 Akan Digelar di Tiga Daerah

PON 2020 Akan Digelar di Tiga Daerah

Setelah mendapatkan kendala yang begitu berat, akhirnya penyelenggaraan Pekan Olahragan Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) 2020 melibatkan


PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

PSS Sleman Optimis, PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif

Para penggawa PSM harus melanjutkan tren kemenangan saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

David De Gea membuat cemas Manchester United. Meskipun sudah menyetujui kesepakatan baru, kiper tim nasional Spanyol tersebut belum juga menandatangani kontrak


Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!