Sport
Share this on:

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

  • Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus
  • Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

BASEL - Tiga tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket babak kedua Kejuaran Bulu Tangkis Dunia 2019 atau World Championhsips 2019. Kepastian itu didapat setelah ketiganya berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak pertama di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Senin (19/8) kemarin.

Anthony menjadi tunggal putra yang memastikan ke babak 32 besar tersebut usai wakil Mauritius, Georges Julien Paul. Melewati laga 35 menit, Anthony berhasil mengalahkan lawannya tersebut dua game langsung dengan skor 21-15 dan 21-15.

"Tadi sih kalau dari mainnya kurang puas, masih ada beberapa feeling permainan yang belum pas. Tapi saya coba buat atasi juga. Selain itu, karena lawan masih di bawah saya, saya juga manfaatin pertandingan hari ini buat adaptasi lagi," usai pertandingan seperti dikutip situs resmi PBSI, kemarin (19/8).

Di babak kedua, Anthony akan berhadapan dengan pemenang antara Raul Must (Estonia) dan Toby Penty (Inggris). Meski peringkat lawan cukup jauh dibawahnya, Anthony enggan menganggap remeh. "Pastinya, meski nggak terlalu capek, tetap harus recovery lagi. Sama diingat lagi apa yang tadi masih belum enak di lapangan. Mungkin habis ini masih ada latihan struk sedikit buat enakin," tuturnya.

"Lawan Toby Penty atau Raul Must juga nggak gampang. Sama Toby sudah ketemu, kalau Raul belum. Mungkin besok atau nanti akan nonton pertandingannya lagi," tambah unggulan keenam tersebut.

Setelah Anthony, Tommy Sugiarto berhasil menyusulnya setelah menyingkirkan wakil Sri Lanka, Niluka Karunaratne. Sama halnya dengan Anthony, Tommy juga berhasil menang mudah dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

"Di awal-awal saya main terlalu hati-hati. Jadi saya tidak enak untuk masuk ke permainan saya. Tapi di pertengahan game saya mencoba untuk bisa lebih enjoy dan menikmati. Di awal game lawan lebih siap buat menyerang. Tapi pas ada peluang untuk menyamakan kedudukan, saya langsung ambil. Dia juga tidak bisa membaca permainan saya," jelas Tommy.

Selanjutnya di babak dua, Tommy akan ditantang Jan O Jorgensen (Denmark). Tommy dan Jan sudah tiga kali berhadapan sebelumnya, terakhir mereka bertemu di Hong Kong Open 2018. Saat itu Tommy kalah 21-17, 19-21, 10-21. Total skor pertemuan mencatat, Tommy sementara tertinggal 1-2 dari Jan.

"Saya dan Jan O sudah sama-sama tahu permainan. Yang bisa membedakan di lapangan nanti adalah stamina dan ketenangan fokus di lapangan," tegasnya.

Pada ajang yang sama tahun 2014 lalu, Tommy berhasil meraih medali perunggu. Pencapaian terbaik itu diharapkan mampu kembali diulangnya. Meski diakuinya hal itu tidak akan mudah, jikamelihat lawan-lawan yang akan dihadapinya.

"Saya sudah beberapa kali ikut World Championships. Jadi pasti saya ingin hasil yang terbaik. Sebelumnya saya pernah dapat bronze medal, pengennya sekarang bisa sama atau bahkan lebih. Tapi saya fokus satu demi satu babak dulu, karena ini tidak mudah. Apalagi sekarang saya merupakan pemain independent," tuntasnya.

Sementara itu, Jonatan menjadi tunggal putra terakhir yang berhasil melangkah ke babak kedua tersebut. Pemain yang akrab disapa Jojo itu berhail melangkah ke babak kedua usai menundukkan wakil Inggri Rajiv Ouseph dua game langsung dengan skor 21-15 dan 21-19.

Kemenangan Jojo yang merupakan unggulan keempat dalam ajang ini sekaligus merubah skor rekor pertemuan mereka menjadi 3-2. Jojo unggul atas Rajiv. Namun di pertemuan sebelumnya, Jojo kalah oleh Rajiv pada Denmark Open 2017, 21-15, 17-21 dan 18-21.

Hasil ini, membuat tiga wakil Indonesia di nomor tunggal putra belum ada yang terhenti. Ya, Indonesia hanya menurunkan tiga wakil pada sektor tunggal putra di ajang bulu tangkis paling bergengsi di dunia tersebut. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas
Rossi Mulai Berumur, Yamaha Telat Panas

Berita Berikutnya

Silverstone, Asa De Javu Lorenzo
Silverstone, Asa De Javu Lorenzo

Berita Sejenis

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Meski duel hari ini masih mempertandingkan babak perempatfinal, namun sektor ganda putra Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal Korea Open 2019.


Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Kevin/Marcus Jumpa Goh/Tan Lagi

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melangkah ke babak kedua, Korea Open 2019.


Sinyal Bahaya dari Vettel

Sinyal Bahaya dari Vettel

Ferrari sukses menghentikan pesta Mercedes dalam tiga balapan terakhir. Situasi itu memberikan sinyal bahaya bagi Tim Silver Arrows bila tidak segera melakukan


Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Momota Stabil, Ginting Luar Biasa

Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan perlawanan yang begitu keras dalam duel kontra unggulan pertama Kento Momota di partai final tunggal putra Victor China Ope


Kalahkan Sai Praneeth, Anthony Ginting Buka Asa ke Final

Kalahkan Sai Praneeth, Anthony Ginting Buka Asa ke Final

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2019, Jumat (20/9) malam.


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Garuda muda tak selalu identik dengan sepakbola. Kancah dunia racing juga dilakoni para milenial di lintasan balap.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Mantan Kapolres Tegal Maju sebagai Calon Ketua PSSI

Sebelum dibukanya pendaftaran calon ketua umum PSSI, tercatat sudah ada tiga nama yang tertarik maju sebagai kandidat.


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!