Sport
Share this on:

Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah

  • Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah
  • Tiket Mahal, Tapi Lebih Murah

JAKARTA - Tiket Asian Games 2018 sempat dikeluhkan terlalu mahal oleh masyarakat. Untuk nonton upacara pembukaan pada 15 Agustus, misalnya, kita harus merogoh kocek minimal Rp750 ribu.

Itupun untuk kursi kategori C. Kategori B dihargai Rp1,5 juta, sedangkan yang termahal, kategori A dibanderol Rp5 juta. Sedangkan harga tiket pertandingan bervariasi. Popularitas cabang olahraga turut memperngaruhi.

Yang termurah Rp 50 ribu untuk satu pertandingan. Paling mahal bisa menyentuh hingga Rp 1,2 juta. Makin tinggi babak kompetisinya, tiket ikut meroket juga. Tiket itu relatif mahal, salah satunya, karena sudah dilengkapi dengan asuransi.

''Tiket untuk opening ceremony sudah 50 persen terjual,'' klaim Direktur Ticketing Inasgoc Sarman Simanjorang kemarin.

Saat ini, tiket sudah bisa dibeli secara online. Masyarakat sudah banyak membeli. Meskipun, Sarman belum mau memberitahukan jumlah pastinya. Dia menyatakan, belum mendapat laporan dari pihak KiosTix sebagai rekanan pengelola penjualan tiket.

Ketika dikonfirmasi ke pihak KiosTix, CEO Sulistioputra juga enggan mengungkap. ''Itu wewenang Inasgoc untuk memberitahu. Kami hanya melakukan manajemen saja,'' ujarnya.

Mahalnya harga tiket tersebut tidak selaras dengan tujuan pemerintah untuk memeriahkan Asian Games. Beberapa atlet bahkan khawatir tidak ada suporter yang menonton mereka bertanding.

Ketua Inasgoc Erick Thohir menanggapi keluhan terkait harga tiket. Dia menuturkan tiket pertandingan idealnya dibanderol Rp200 ribu hingga Rp1,6 juta. Itu seperti pada penyelenggaraan Asian Games di luar negeri. Kenyataannya, harga yang dirilis Inasgoc tak semahal itu.

"Malah kalau diskon bisa Rp30 ribu sampai Rp480 ribu," ujar Erick setelah bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla kemarin (27/7). Beberapa bank memberikan diskon 50 persen untuk nasabahnya.

Erick lantas membandingkannya dengan Asian Games sebelumnya. Dia mengambil contoh tiket opening ceremony. Pada edisi 2000 di Guangzhou, Tiongkok, tiket termurahnya adalah Rp3,5 juta. Sedangkan yang tertinggi Rp16,8 juta.

Sementara empat tahun lalu, di Incheon, Korea, yang termurah Rp1,8 juta. Yang tertinggi hampir Rp8 juta. ''Jadi (harga tiket ) kita hanya sepertiga dari harga internasional," kata Erick.

Dari hasil pantauan Inasgoc, tiket pertandingan Asian Games sudah banyak yang terbeli. Sudah ada pendukung dari 18 negara peserta yang memesan via website Asian Games. (han/jun/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Fokus Lawan Pertama Dulu
Fokus Lawan Pertama Dulu

Berita Sejenis

Tiket Opening Ceremony Terjual 70 persen

Tiket Opening Ceremony Terjual 70 persen

Hari ini Asian Games sudah memulai geliatnya, melalui cabang olahraga sepak bola.


Yamaha Diupgrade, Ducati Yakin Kompetitif Sejak Awal

Yamaha Diupgrade, Ducati Yakin Kompetitif Sejak Awal

Yamaha biasanya tampil lebih kuat di paro kedua musim.


Tak Terdeteksi Tapi Efektif

Tak Terdeteksi Tapi Efektif

Meski belum tutup, klimaks bursa transfer NBA di offseason 2018 bisa dibilang telah lewat.


M1 2019 Lebih Gelap

M1 2019 Lebih Gelap

Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Valentino Rossi dan Maverick Vinales dipastikan akan mengalami perubahan livery musim depan.


Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Tebus Mahal CR7 demi Trofi Impian

Apa yang masih ingin diraih Juventus? Bila pertanyaan tersebut ditujukan untuk level domestik, jelas itu adalah lelucon karena Juve.


Ayton Lebih Dominan

Ayton Lebih Dominan

Pertandingan yang ditunggu-tunggu di Las Vegas Summer League terjadi kemarin (8/7).


Regulasi Baru Lebih Menguntungkan

Regulasi Baru Lebih Menguntungkan

IWF (Federasi angkat besi dunia) sudah memutuskan adanya regulasi baru untuk menyongsong Olimpiade Tokyo 2020.


Assen Lebih Berpihak pada Marquez

Assen Lebih Berpihak pada Marquez

Loyalis Valentino Rossi, penggemar Andrea Dovizioso, atau pendukung Maverick Vinales pasti akan memaafkan jagoan mereka kalah dalam GP Assen tadi malam.


Ginting Kalah Cerdik

Ginting Kalah Cerdik

Pebulutangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting harus angkat koper lebih cepat dari gelaran Malaysia Open.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!