Sport
Share this on:

Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

  • Tim Ganda Putri Lakukan Recovery
  • Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

JAKARTA - Menjelang perhelatan Indonesia Open 2019 yang tinggal menghitung hari, mematangkan persiapan tentu bakal dilakukan oleh seluruh peserta salah satu seri turnamen BWF World Tour yang menyandang kategori Super 1000 tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh atlet bulu tangkis Indonesia dari nomor ganda putri yang kini terus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ajang yang bakal bergulir di Istora Senayan, Jakarta, 16-21 Juli mendatang.

Beberapa persiapan yang tak kalah penting dilakukan oleh para atlet ganda putri di pemusatan latihan nasional (pelatnas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Cipayung, Jakarta adalah persiapan fisik dan persiapan teknik.

Untuk menjaga kondisi fisik, para pemain diminta untuk melakukan lari di jogging track, latihan angkat beban di gym, dan program recovery dengan berendam di air es. Menurut pelaih fisik tim ganda putri, Ary Subrakah, berendam di air es dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi otot para pemain yang telah menjalani latihan berat dalam sebulan terakhir jelang Indonesia Open 2019.

"Seperti kita ketahui para atlet sudah menjalani latihan fisik yang berat sekali, dan mereka butuh recovery," ungkap Ary seprti dikutip Fajar Indonesia Network (FIN) dari situs resmi PBSI, Sabtu (13/7) kemarin.

"Karena persiapan jelang Indonesia Open sudah sebulan lebih dan sangat melelahkan, banyak terjadi inflamasi pada otot. Berendam air es bisa membantu recovery dan membuat robekan ototnya merapat kembali," jelas Ary.

Ary mengatakan, para pemain diharuska merendam seluruh tubuhnya hingga leher ke dalam drum yang sudah disiapkan air es. "Berendam di air es dilakukan tiap pemain selama 30 detik. Dan hal itu diulang hingga sepuluh kali. Namun setelah berendam di air es, meraka harus menyirakan tubuhnya dengan air dengan suhu normal," terangnya.

Selain itu, dikatakan Ary, para atlet ganda puutri juga melakukan reocovery dengan melakukan pijat (message), kompres bagian-bagian tertentu dengan es, erta melakukan contrass bath yaitu berendam di air es dan air hangat secara bergantian.

"Sebetulnya bisa juga berendam di air es langsung ke air hangat, tapi teknik seperti ini (rendam air es saja tanpa air hangat) juga ada," tuturnya.

Lebih lanjut, Ary mengatakan program recovery itu sebaikya dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Namun, Ary mengatakan intensitas dan frekuansi program tersebut harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet.

"Jadi melakuka recovery itu ada indeksnya dan juga ada hitungannya sendiri," tegasnya.

Dilanjutkan Ary setelah melakukan recovery dengan cara seperti itu, para pemain juga akan diberikan nutrisi melalui makanan. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memaksimalkan kondisi tubuh para pemain menjelang Indonesia Open 2019.

"Setelah itu (recovery) pemain pun harus makan makanan yang berprotein tinggi dan carbo loading. Setelah menjalani latihan berat, recovery dan relaksasi, lalu tubuh disuplai nutrisi, sehingga siap menghadapi turnamen," tuntas Ary.

Ary juga mengaku, recovery itu juga tiak akan dilakukan pada saat menjalnai program lataihan saja, pada jalanny kejuaraan pihaknya juga akan menyiapkan program recovery dengan mempersiapkan beberapa peralatan seperti salah satunya adalah recovery pump. (gie/zul/der/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Jojo Target Tembus Delapan Besar
Jojo Target Tembus Delapan Besar

Berita Sejenis

Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

Belum Juga Teken Jontrak, David De Gea Bikin Cemas MU

David De Gea membuat cemas Manchester United. Meskipun sudah menyetujui kesepakatan baru, kiper tim nasional Spanyol tersebut belum juga menandatangani kontrak


Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Langkah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di World Championships 2019 harus terhenti lebih awal.


Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ronald/Annisa Saufika dan Rinov/Pitha Terhenti

Ganda campuran Ronald/Annisa Saufika langsung mengalami kekalahan di laga pertamanya pada World Championships 2019.


Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua Tunggal Putri Merah Putih Ditunggu Duo Raksasa

Dua tunggal putri Indonesia, Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung tampil gemilang di laga awal Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2019.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Lorenzo Siap Balapan Lagi di Silverstone

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig akhirnya bisa bernafas lega. Salah satu pebalapnya Jorge Lorenzo berhasil melewati masa pemulihanya.


Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Pamor Moto2 semakin meredup. Sejumlah tim racing mulai hengkang dari kasta kedua MotoGP tersebut.


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Indonesia Incar Satu Gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tim Merah Putih menargetkan meraih satu gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle Basel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.


Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

PSIS Semarang mengumumkan tidak lagi memakai jasa Jafri Sastra sebagai pelatih tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!