Sport
Share this on:

Tim MotoGP Kompak Pakai Sayap Internal

  • Tim MotoGP Kompak Pakai Sayap Internal
  • Tim MotoGP Kompak Pakai Sayap Internal

PHILIP ISLAND - Tim-tim pabrikan mulai pamer fairing baru. Pada hari kedua uji coba pra musim MotoGP di Sirkuit Phillip Island kemarin (16/2), Aprilia dan Suzuki menurunkan motor dengan konsep ?internal winglet? alias sayap internal untuk menggantikan ?external winglet? yang dilarang penggunaannya musim ini.

Dua pabrikan ini ternyata memiliki persepsi yang sama tentang sayap internal tersebut. Baik Suzuki GSX-RR dan Aprilia RS-GP mengadopsi konsep winglet tersebut di bagian batok kepala fairing.

Letaknya tepat di atas roda depan. Konsep ini berbeda dengan Yamaha yang menggunakan sirip pemecah angin di bagian tengah sampai bawah fairing. Alhasil, bodi motor jadi tampak lebih gembrot.

Dalam aturan FIM, peranti aerodinamika pada motor baru 2017 haruslah menyatu dengan fairing. Bukan dipasang terpisah seperti musim lalu. Ketika fairing itu diuji coba, bisa disimpulkan bahwa kedua pabrikan itu sudah lulus penilaian terkait legalisasi bentuk fairing itu.

''Kami memutuskan untuk menjajalnya pada saat terakhir sesi. Kesimpulannya belum terlalu pasti, karena aku hanya menggunakannya 10 lap,'' ucap rookie Suzuki Alex Rins.

Dia mengaku merasakan perbedaan dengan fairing normal. Tapi masih harus mengecek lebih jauh data untuk memastikan apakah fairing baru itu memperbaiki catatan waktu.

Salah satu perbedaan yang paling dirasakan Rins adalah berkurangnya wheelie (roda depan terangkat) ketika keluar tikungan. Dan inilah tujuan utama penggunakan winglet ini. ''Besok (hari ini) kami akan melanjutkan menggunakan fairing baru ini,'' tandasnya.

Rider Aprilia Aleix Espargaro justru merasakan keanehan dengan fairing barunya. Karena sirkuit Phillip Island memiliki banyak tikungan dan berkarakter cepat, fairing baru justru membuat motor menjadi lebih berat.

''Kami akan mencobanya lagi pada (uji coba) Qatar, karena perbedaannya akan dirasakan lebih besar. Kami perlu mencobanya di trek yang lebih ?normal?,'' ungkapnya. (cak/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Wusssss... Marquez Makin Cepat
Wusssss... Marquez Makin Cepat

Berita Berikutnya

Marquez vs Vinales, Siapa Lebih Cepat
Marquez vs Vinales, Siapa Lebih Cepat

Berita Sejenis

NBA Larang Clarkson ke Asian Games

NBA Larang Clarkson ke Asian Games

Harapan tim nasional basket Filipina bisa memainkan bintang NBA mereka Jordan Clarkson di Asian Games 2018 pupus.


Luthi Balik Kucing ke Moto2

Luthi Balik Kucing ke Moto2

Hasil buruk dalam sepuluh balapan pertama di MotoGP tahun ini membuat pembalap Marc VDS Tom Luthi tahu diri.


Cavaliers Bakal Terjun Bebas

Cavaliers Bakal Terjun Bebas

Puncak pergerakan tim-tim NBA berburu pemain baru di bursa free agent sudah lewat. Namun, seri reguler musim 2018-2019 masih cukup lama memulai start.


Bukan Hari Terbaik Minions

Bukan Hari Terbaik Minions

Kekalahan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di perempat final Kejuaraan Dunia 2018 menjadi tamparan keras bagi PP PBSI dan tim pelatih.


Kejar Rekor Megah Di Brno

Kejar Rekor Megah Di Brno

Melanjutkan kembali musim balap MotoGP 2018 usai jeda musim panas, dua pembalap penghuni klasemen teratas memasuki satu fase sejarah dalam karir mereka.


Ferrari Siapkan Perlawanan Berikutnya

Ferrari Siapkan Perlawanan Berikutnya

Usai memenangi GP Inggris di Sirkuit Silverstone 8 Juli lalu, Ferrari seakan mengonfirmasi bahwa merekalah tim terbaik di Formula 1 saat ini.


Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Sebelum memasuki jedah musim panas MotoGP 2018, juara bertahan Marc Marquez sudah unggul 46 poin sebagai pemuncak klasemen pembalap.


Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Mercedes Bantah Lakukan Team Order

Meski selalu dibantah, status pembalap nomor dua di sebuah tim Formula 1 nyata adanya.


Konsesi Hilang, Suzuki Malah Senang

Konsesi Hilang, Suzuki Malah Senang

Menjadi tim dengan hak konsesi membuat Suzuki sedikit demi sedikit mengejar ketertinggalan dari tim rival di MotoGP.


Wade Dirayu Tim Tiongkok

Wade Dirayu Tim Tiongkok

Dwyane Wade menjadi salah satu nama besar di bursa free agent yang belum menemukan tim baru sampai saat ini.



Populer

KPU kab

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!