Sport
Share this on:

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

  • Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda
  • Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini. Dalam pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, skuat Garuda Muda berada di atas angin.

Hal itu lantaran melihat hasil pertandingan sebelumnya. Dimana, Inonesia berhasil membugkam telak 4-0 Filipina di laga perdananya. Sedangkan, di laga sebelumnya, Filipina sendiri berhasil berpesta tujuh gol tanpa balas ke gawang Kepulauan Mariana Utara.

Muhammad Valeron dan kawan-kawan memang harus menang besar atas Kepulauan Mariana Utara untuk setidaknya mengamankan puncak klasemen dan pintu lolos ke fase kualifikasi babak selanjutnya. Meski demikian, hal tersebut tidak ingin dijadikan sebagai beban oleh sang pelatih Timnas Indonesia U-19, Bima Sakti.

Menurutnya, penampilan terbaik-lah yang diharapkan oleh Bima Sakti dalam laga tersebut. "Ya, pastinya kita tak perlu terbawa beban. Main dengan skema yang kita miliki. Dan kita juga perlu sabar serta fokus terhadap semuanya." ungkap Bima Sakti usai sesi latihan di Jakarta, Selasa (17/9) kemarin.

Bima juga meminta agar masyarakat Indonesia tidak terlalu memuji berlebihan kepada anak asuhnya, mengingat masih banyak pertandingan yang harus dilalui timnya. Selain itu, Bima juga meminta anak asuhnya tidak besar kepala terhadap pujian yang diberikan tersebut.

"Saya harap para pemain juga jangan dipuji berlebihan karena belum apa-apa. Lalu jangan pernah sombong karena mereka harus menjalani progres yang lebih baik ke depannya," tutur Bima.

Selain itu, saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Bima Sakti mengaku bakal melakukan rotasi pemain. Hal itu dilakukan demi memberikan waktu istirahat untuk beberapa pemain yang sudah menjalani pertandingan menghadpai Filipina dalam waktu penuh.

"Ya, pastinya kita akan melakukan beberapa rotasi pemain, karena ada pemain yang kemarin bermain (menghadapi Filipina) selama 90 menit," tutur pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu.

Sejatinya, Indonesia memiliki rekor bagus kala berjumpa oleh Kepulauan Mariana Utara sebelumnya. Ya, pada Kualifikasi Piala AFC U-16 2017 silam, Indonesia pernah membungkam mereka dengan skor sangat telak 18-0.

Saat itu timnas U-16, masih dipegang Fakhri Husaini dengan pemain seperti Sutan Zico, Bagus Kahfi dan lain-lainya yang kini sudah memperkuat Timnas U-19.

Melihat fakta tersebut, publik memprediksi akan ada kejutan di pertandingan besok. Bukan tidak mungkin Timnas Indonesia U-16 yang kini diasuh Bima Sakti akan menorehkan kemenangan besar lagi. Sebab sebelumnya, lawan mereka kalah 0-7 dari Filipina dan 1-5 dari Brunei Darussalam.

Meski demikian, hal itu tidak ingin menjadi patokan bagi Bima Sakti. Pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 itu tetap meminta anak asuhnya untuk mewaspadai dan tidak menganggap remeh Kepulauan Mariana Utara.

Apalagi, dari evaluasi yang dilakukan olehnya usai menang atas Filipina, pelatih yang merupakan mantan pemain sepak bola nasional itu terkait penyelesaian akhir anak asuhnya yang dinilainya masih kurang mampu dalam memanfaatkan peluang dengan baik.

Dalam sesi latihan di Stadion Madya, Selasa (17/9/2019), Bima pun melakukan sesi shooting ke gawang yang dilakukan para pemainnya. "Pada akhir sesi latihan tadi, ada sesi tendangan ke gawang. Karena kemarin kita saat menghadapi Filipina banyak membuang peluang," tuntas pelatih yang kini berusia 43 tahun tersebut.

Sebelumnya, bek tengah Timnas Indonesia U-16, Marcell Januar Putra mengaku bahwa dirinya gugup dengan atmosfer suporter yang ada di Stadion Madya. Hal itu dirasakananya saat timnya menghadapi Filipina, Senin (16/9) kemarin.

"Ini baru pertama kali kita tanding di Indonesia, jadi kita sempat tegang tadi, karena kita juga baru kali ini disaksikan oleh penonton sebanyak ini," tutur Marcell.

Marcel sendiri mengaku, timnya siap memberikan yang terbaik untuk bisa meraih kemenangan di laga berikutnya menghadapi Kepulauan Mariana Utara. "Masih ada laga yang harus kami jalani. Kami mesti fokus untuk kembali meraih kemenangan," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup G dengan poin tiga. Skuat Gardua Muda kalah selish gol dari Tiongkok yang berada di puncak klasemen dengan poin sama, yakni tiga. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Lawan Tiongkok, Timnas U23 Disambut Cuaca Dingin

Tim Tirai Bambu (sebutan Cina) menjadi lawan pertama Timnas U-23 Indonesia di laga pembuka CFA Team China Chongqing Gorges Bank Cup International Football Tourn


Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca Ekstrim Sambut Timnas di Dubai

Cuaca ekstrim menyambut kedatangan Tim Nasional Indonesia di Dubai, Kamis (3/10) pagi.


Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas ke Dubai Lebih Awal

Timnas berangkat menuju Kota Dubai lebih awal, tadi malam, untuk bersiap jelang laga kualifikasi melawan Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202


Satria Muda Gaet Pelatih Asal Serbia

Satria Muda Gaet Pelatih Asal Serbia

Satria Muda Pertamina (SM Pertamina) membuat gebrakan dengan menggaet pelatih anyar asal Serbia, Milos Pejic.


Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Timnas U23 Harus Juara Sea Games

Indra Sjafri telah memanggil 30 pemain untuk menjalani training camp (TC) Timnas U23 di Bogor, Selasa (1/10).


Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

Timnas U23 Daftarkan 40 Pemain untuk Sea Games

ersatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang.


Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Tetap di WSBK, Bautista Urung Balik ke MotoGP

Isu "comeback" pembalap veteran Alvaro Bautista ke MotoGP bersama tim KTM tahun depan resmi terbantahkan.


Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang

Setelah Timnas U16, Giliran U19 Berjuang


Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Mercedes Tetap Favorit

Mercedes Tetap Favorit

Mercedes masih menjadi favorit menjelang GP Singapura akhir pekan ini. Performa tim Silver Arrows di Singapura cukup konsisten sejak 2016 silam.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!