Sport
Share this on:

Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

  • Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija
  • Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

**BOGOR ** - Tira Persikabo kembali melakoni laga kandang. Setelah, Jumat (12/7) lalu menjalani pertandingan menghadapi Madura United, kali ini tim berjuluk Laskar Padjajaran itu bakal menjamu Persija Jakarta.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sore (16/7) ini, Tira Persikabo berambisi untuk bisa meneruskan tren positifnya yang belum meraih kekalahan sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia musim ini.

Ya, seperti diektahui, kini Tira Persikabo menempati peringkat satu klasemen sementara dengan koleksi 16 poin dari delapan pertandingan yang sudah dilakoninya. Poin itu sendiri didapat, usai meraih empat kemenangan dan empat hasil imbang. Tak ayal Tira-Kabo ingin menjaga tren positif tanpa kekalahan demi tetap berada di puncak klasemen.

Demi menjaga ambisi tersebut, pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan mengaku sudah melakukan persiapan untuk laga tersebut. Akan tetapi pelatih yang akrab disapa RD itu mengaku persiapan yang dilakukannya lebih kepada recovery pemain dan evaluasi.

Mantan pelatih Mitra Kukar itu menjelaskan, recovery dan evaluasi itu berkaitan dengan padatnya jadwal pertandingan. Dimana sebelum laga ini, empat hari sebelumnya, Tira-Kabo berhadapan dengan Madura United.

Bahkan, sebelum menghadapi Madura United, Tira-Kabo telah menjalani tiga laga tandang melawan Seman Padang, Arema FC dan Bhayangkara FC. Dua laga itu masing-masing hanya berjarak empat hari.

"Kami lebih banyak program untuk mengembalikan kebugaran pemain pasca-pertandingan menghadapi Madura United kemarin. Kita tidak bisa menyerah deengan kondisi ini (jadwal padat), karena semua tim akan mengalami hal yang sama. Namun, menurut saya, tiga hari ideal untuk recovery, asal kita bisa mengatur dengan benar," ungkap RD dalam jumpa wartawan sebelum pertandingan, Senin (15/7) kemarin.

"Secara keseluruhan, evaluasi yang kita buat adalah penurunan kualitas kebugaran pemain di menit-menit akhir, terutama di 15 menit menjelang selesai pertandingan. Bukan karena fisik pemain, tapi efisiensi bermain. Itu yang menjadi satu catatan," sambunnya.

Oleh sebab itu, RD berharap pemain bisa lebih efisien dalam pertandingan nanti dengan tidak banyak melakukan gerak-gerakan yang tidak seharusnya dilakukan.

"Saya ingin pemain lebih efisien mulai dari babak pertama. Kalau tidak perlu dribbling, passing, bergerak, itu yang kadang sering menghamburkan energi tidak pada tempatnya, dan itu yang jadi evaluasi kita," tegasnya.

Meski demikian, RD tidak ingin menganggap remeh Persija. Diakuinya tim berjuluk Macan Kemayoran itu memiliki pemain-pemain yang berkualitas. Bahkan, RD mengakui bahwa salah satu pemain Persija yakni, Riko Simanjuntak menjadi perhatian dirinya untuk bisa diwaspadai.

"Riko pemain yang sangat menjadi perhatian tentunya. Jujur, dia punya kecepatan, punya skill bagus, dia sering menyulitkan lawan, dengan kualitas individu dia, passing dia, crossing dia, tentu kita akan sangat perhatikan Riko," tuturnya.

Sementara itu, salah satu penyerang Tira-Kabo Loris Arnaoud mengaku laga menghadapi Persija Jakarta bakal berlangsung sengit dan sulit. Meski demikian, Loris mengaku sangat antusias menghadapi Persija di laga tersebut.

"Besok kita akan menghadapi Persija, tim besar di Indonesia, juara musim lalu. Kita tahu akan sulit, tidak akan mudah menghadapi mereka, tapi kita juga baru menghadapi Madura United pertandingan yang sulit," tuturnya.

Disisi lain, pelatih Persija Jakarta Julio Banuelos mengaku bahwa dirinya sudah menganalisa kekuatan yang dimiliki Tira-Kabo. Meski Juli megeluhkan hal yang sama yakni, padatnya jadwal pertandingan, namun ia mengaku timnya siap untuk menghadapi Tira-Kabo.

"Persiapan kita sangat baik dimana beberapa pemain cedera sudah kembali ke tim. Persiapan sudah maksimal kami harap besok bisa tampil baik dan memenangkan pertandingan," ujar Julio di tempat yang sama.

"Memang kami datang dari jadwal padat sebelum lawan Persib kita hanya punya jeda dua hari setiap pertandingan dan setelah itu kita punya lebih sehari. Persiapan sudah maksimal kita juga sudah analisis kekuatan tim lawan tira dimana mereka dihuni pemain baik lokal maupun Asing berkualitas dan sudah analisis dan Target kita kesini untuk menang," tegasnya menambahkan.

Melihat dari rekam jejak pertandingan kedua tim, Tira-Kabo memiliki sejarah buruk saat berhadapan degan Persija. Bagaimana tidak? Dalam 10 pertemuannya ketika masih bernama PS TNI dan PS Tira, tim Laskar Padjajaran itu sudah menelan delapan kali kekalahan dan dua hasil imbang.

Akan tetapi, saat ini tren positif berpihak pada Tira-Kabo dari awal Liga 1 Indonesia musim ini. Dimana, Tira-Kabo belum menelan satu kali kekalahan pun dalam delapan pertandingannya. Bahkan, ia mampu menahan imbang tim-tim besar seperti, Persib, Arema FC, PSM Makassar dan terakhir Madura United yang terkenal dengan tim bertabur bintang. Dan kini Tira -Kabo menempati peringkat satu klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 denga raihan 16 poin.

Berbeda terbalik dengan Persija Jakarta yang di awal musim ini seakan 'melempem'. Dimana tim kebanggaan masyarakt Ibukota itu kini menempati posisi 15 di klasemen sementara dengan riahan 6 poin dari enam pertandingannya. Persija sendiri baru satu kali meriah kemenangan, denga dua hasil tiga hasil imbang dan dua kekalahan. (gie/zul/fin/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada
Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Berita Sejenis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Sembuh dari Cedera, Messi Siap Hadapi Betis

Ada kabar gembira untuk pencinta Barcelona jelang duel sang juara bertahan kontra Real Betis di pekan kedua La Liga, akhir pekan ini.


Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Tersingkir, Minions Takluk dari Ganda Korea Selatan Choi/Seo

Langkah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di World Championships 2019 harus terhenti lebih awal.


Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Ikuti Jejak KTM, Tech3 Pamit dari Moto2

Pamor Moto2 semakin meredup. Sejumlah tim racing mulai hengkang dari kasta kedua MotoGP tersebut.


Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Quartararo Tak Sabar Ketemu Rossi Lagi

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo tampil impresif di race MotoGP Austria, Minggu (11/8) lalu.


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Takluk dari Arsenal, Petaka Gaya Bertahan Bruce

Pelatih Newcastle Steve Bruce harus menelan pil pahit di laga pekan pertama Premier League 2019.


Isu Lorenzo Keluar dari Honda Semakin Kencang

Isu Lorenzo Keluar dari Honda Semakin Kencang

Setelah 24 tahun mengaspal di grand prix MotoGP tak ada satupun rumor yang membuat suprise Valentino Rossi.


Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

Tiga Kali Kalah Beruntun, PSIS Semarang Pecat Jafri Sastra

PSIS Semarang mengumumkan tidak lagi memakai jasa Jafri Sastra sebagai pelatih tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.


Wakil Merah Putih Habis di Thailand Open

Wakil Merah Putih Habis di Thailand Open

Indonesia sudah tak memiliki wakil di babak semifinal Thailand Open 2019. Hasil itu setelah empat wakil yang tembus ke babak perempatfinal menelan kekalahan.


32 SMA/SMK Berebut Tiket ke Semarang

32 SMA/SMK Berebut Tiket ke Semarang

32 tim futsal dari SMA/SMK sederajat se eks Karesidenan Pekalongan mengikuti Hydro Coco National Futsal Tournament (HCNFT) di GOR Wisanggeni Tegal, Jumat (2/8)



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!