Sport
Share this on:

Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

  • Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape
  • Tour d'Indonesia 2020 Tambah Etape

JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) akan menambah etape kejuaraan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia (TdI) pada tahun 2020 menjadi enam hingga tujuh etape. "Melihat keberhasilan tahun ini dan antusias berbagai pihak, kita berharap untuk Tour d'Indonesia tahun depan bisa menambah etape hingga menjadi enam atau tujuh etape," kata Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari di Geopark Batur, Kintamani, Bali.

Tour d'Indonesia 2019 yang berjarak 825,2 km terdiri dari lima etape. Jumlah ini lebih banyak satu etape dibanding Tour d'Indonesia 2018. Menurut tokoh muda yang akrab dipanggil Okto itu, Tour d'Indonesia adalah lomba balap sepeda jalan raya paling bergengsi di Indonesia dan selayaknya untuk terus ditingkatkan levelnya.

"Tour d'Indonesia ini menjadi barometer prestasi balap sepeda kita. Oleh karena itu dari tahun ke tahun harus ditingkatkan," kata Okto.

Bahkan, kata Okto, sangat mungkin Tour d'Indonesia ini dinaikan levelnya sehingga setara dengan kejuaraan balap sepeda lain seperti Le Tour de Langkawi di Malaysia. "TdI tahun ini masih level 2.1 UCI. Target kami bisa setara dengan Tour de Langkawi yaitu 2. HC (Hors Class). Memang tak mudah dan harus kerja keras," katanya.

Untuk naik ke level itu, banyak yang harus ditingkatkan. Dari sisi peserta misalnya, tidak hanya diikuti level continental, tapi juga harus melibatkan tim pro-continental dan world tour. Begitu juga dengan perangkat pendukung, seperti fasilitas juga harus disesuaikan dengan level kejuaraan.

Tour d'Indonesia 2019 merupakan yang kedua dengan level 2.1 UCI dan saat ini menjadi kejuaraan tertinggi di Indonesia. Selain Tour d'Indonesia, di tanah air ada juga Tour de Singkarak dan Tour de Ijen Banyuwangi. Namun, levelnya baru 2.2 UCI.

Sebelumnya juga ada Tour de Flores yang terakhir diselenggarakan pada 2017. Sementara itu, di Etape kelima atau terakhir lomba balap sepeda Bank BRI Tour d'Indonesia dari Gilimanuk menuju Geopark Batur, masih menyisakan pertarungan seru untuk meraih gelar terbaik.

Pada kategori individu, Thomas Lebas dari Kinan Cycling Team paling berpeluang menjadi yang terbaik. Pebalap asal Prancis ini, di etape keempat, Kamis, berhasil menyodok ke puncak klasemen berkat finis di posisi kedua.

Lebas menggeser Angus Lyons dari puncak klasemen yang didudukinya sejak etape pertama. Kalau tidak ada kejadian yang mengejutkan, Lebas hanya perlu mewaspadai pebalap Oliver's Real Food, Angus Lyons, serta pebalap-pebalap tim Sapura Cycling Malaysia yang secara beregu sangat kompak.

Libas saat ini unggul 1,37 menit dari Lyons sehingga ia diperkirakan akan mewaspadai pergerakan saingan terdekatnya itu. Lebas akan menjaga tetap berada dalam satu peleton dengan Angus.

Di tengah persaingan kedua pebalap itu, duo Sapura, Cristian Raileanu dan Jesse Ewart, akan berupaya mencuri kesempatan. Dengan dukungan tim Sapura yang sangat solid, Raileanu dan Jesse bisa saja menyodok ke atas.

Raileanu saat ini tertinggal 3,27 menit dari Lebas, sedangkan Jesse tertinggal 4,36 menit. Selain di nomor umum, Lebas juga berpeluang mengunci gelar sebagai raja tanjakan, apalagi medan etape lima masih menyisakan tanjakan terjal menuju kawasan dataran tinggi Geopark Batur.

Di perebutan jersey biru sebagai simbol raja tanjakan, Lebas sudah nengumpulkan 55 poin, unggul jauh dari peringkat kedua Amir Kolahdozagh (Taiyuan Miogee Cycling Team) yang memiliki poin 37. Bahkan, Lebas pun berpeluang merebut jersey merah karena diperebutan poin stage sprint, Libas yang mengumpulkan 22 poin berada di posisi kedua di bawah Duplooy Rohan dari ProTouch yang mengumpulkan poin 39.

Sementara itu di kategori beregu, tim Sapura tampaknya sulit di kejar. Kekompakan tim yang selalu terjaga dan kemampuan pebalap yang merata, membuat tim asal negeri jiran ini konsisten menempatkan pebalapnya di tiga besar setiap etape.

Untuk kategori pebalap Indonesia, Aiman paling berpeluang naik podium menjadi yang terbaik dari rekan-rekan senegaranya. Aiman yang berlomba untuk tim PGN mencatatkan akumulasi waktu 16:34:37, sedangkan peringkat kedua dan ketiga ditempati dua pebalap tim KFC, Selamat Juangga dan Muhamad Abdurrohman.

Juangga berselisih waktu 7,28 menit dan Abdurrahman 10,41 menit dari Aiman. Etape kelima atau etape terakhir Bank BRI Tour d'Indonesia sepanjang 151,9 km masih menyisakan tantangan medan berat terutama di kilometer 100 hingga menjelang finis di Geopark Batur. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer
Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Berita Sejenis

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 vs Kepulauan Mariana, Tetap Fokus Garuda Muda

Timnas U16 bakal menjalani laga kedua babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G menghadapi Kepulauan Mariana Utara, Rabu (18/9) malam ini.


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Tatap Laga Pertama, Timna U16 Kian Optimis

Pelatih kepala skuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku optimis, menatap perhelatan babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup


Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Lawan Filipina, Timnas U16 Jangan sampai Bikin Malu

Timnas Indonesia U-16 bersiap mengarungi babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G.


Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Pemerintah Tak Sigap Atasi Polemik Djarum

Penghentian pencarian bakat atlet bulu tangkis oleh Djarum Foundation pada 2020 disesalkan Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati.


The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

The Minions dan The Daddies Bersaing ke Olimpiade 2020

Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) baru saja menerbitkan daftar peringkat pemain-pemain bulu tangkis terbaru.


Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Audisi Djarum Dihentikan, Pembinaan Bulutangkis Pemula Terancam Mandek

Program Olahraga Djarum Foundation dengan terpaksa mengehentikan audisi beasiswa bulu tangkis pada 2020.


Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Tahun Depan, MotoGP Tambah Dua Seri

Seri Thailand dan Finlandia akhirnya menambah jumlah balapan dalam gelaran MotoGP 2020. Otomatis, jumlah seri balapan musim depan menjadi 20 laga.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!