Sport
Share this on:

Trek Silverstone Masih Diragukan

  • Trek Silverstone Masih Diragukan
  • Trek Silverstone Masih Diragukan

SILVERSTONE - Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu. Drainase yang buruk dan kondisi trek yang bergelombang terlalu berbahaya hingga membuat gelaran MotoGP Inggris 2018 harus dibatalkan.

Meski demikian, masih banyak yang sudah yakin bahwa kejadian memalukan musim lalu tidak akan terulang. Ya, selama dua bulan lebih pengelola Sirkuit Silverstone telah melakukan pengaspalan ulang di Inggris jelang race pada Minggu (25/8). Alhasil, pada Juli lalu, sirkuit yang berlokasi 70 mil dari Lonond berhasil menghelat gelaran F1 Inggris.

Dilansir dari Crash, salah satu pengelola Silverstone, Stuart Pringle, memastikan tidak ada lagi genangan air dan lintasan bisa dipakai sedia kala. "Kejadian tahun lalu tidak akan terulang akhir pekan ini," tegasnya, Senin (19/8).

Itu dibuktikan setelah pembalap Skotlandia Niall Mackenzie melakukan uji coba di lintasan Silverstone dengan permukaan aspal barunya. Hasilnya, pembalap GP 500 dan 250 mengakui tidak menemukan area bergelombang (bumpy) di setiap lintasan dan aman buat pembalap.

Namun laporan teknis F1 di Silverstone berkata lain. Lintasan baru Silverstone mendapatkan kritikan dari Pembalap Renault F1, Daniel Ricciardo. Ia menyebutkan, bahwa dirinya kesulitan melakukan cornering di tikungan ke-6 karena trek yang bumpy.

Menurutnya, pembalap MotoGP tidak akan suka dengan kondisi tikungan ke-6 Silverstone. Laporan Daniel patut diwaspadai. Pasalnya, jika pembalap F1 saja mengeluhkan kondisi itu, maka hal yang sama juga akan dirasakan pembalap MotoGP.

Para pabrikan suku cadang juga masih dirundung keraguan dan tak mau ambil resiko. Seperti yang dilakukan Michelin dengan membawa empat ban baru ke Silverstone. Michelin telah memilih ban versi lunak, sedang dan keras untuk bagian depan dan belakang.

"Kami paham gagalnya penyelenggaraan di Silverstone memberikan rasa kecewa yang besar. Namun, pengelola sirkuit telah melakukan pekerjaan dengan baik. Tapi kami belum tahu seperti apa bentuk perubahan di sana," ujar Manajer Teknis Michelin Motorsport Piero Taramasso.

Menurutnya, ban baru yang dibawa ditentukan sesuai dengan kondisi aspal Silverstone yang cenderung bergelombang. "Kami belum mengetahui secara lugas kondisi di sana, kami hanya ounya beberapa informasi tentang jenis batu dan bahan lain apa yang telah digunakan untuk membuat permukaan aspal sirkuit itu," paparnya.

Bagi Piero, minimnya informasi mengenai infrastruktur Silverstone yang baru menjadi tantangan tersendiri ban pabrikan Italia tersebut. "Kami menganggapnya tantangan. Ini sebabnya kami hanya bisa memberi empat ban untuk setiap pengendara," paparnya.

Diketahui, Michelin membawa ban depan dengan struktur lunak dan sedang untuk gelaran minggu depan. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?
Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Berita Berikutnya

Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus
Tiga Tunggal Putra Merah Putih Mulus

Berita Sejenis

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Sayang, Fajar/Rian Harus Ketemu Kevin/Marcus Lagi

Meski duel hari ini masih mempertandingkan babak perempatfinal, namun sektor ganda putra Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal Korea Open 2019.


Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Jika Kalah Lagi, Tekanan Giampaolo Makin Besar

Nada pesimistis meluncur dari mulut Marco Giampaolo, kemarin. Sang juru taktik AC Milan itu mengakui skuatnya hanya membutuhkan waktu untuk kembali pada trek ke


Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Masih Tercecer, Lorenzo Tolak Dikasihani

Ada dua persamaan yang melekat antara Pembalap KTM, Johann Zarco dan rider Repsol Honda asal Spanyol, Jorge Lorenzo.


Mercedes Tetap Favorit

Mercedes Tetap Favorit

Mercedes masih menjadi favorit menjelang GP Singapura akhir pekan ini. Performa tim Silver Arrows di Singapura cukup konsisten sejak 2016 silam.


Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco Pilih Mundur

Johann Zarco memilih mengundurkan diri dari MotoGP 2019 disaat race masih tersisa enam balapan lagi, Kamis (19/9) kemarin.


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Unggul Jauh, Kans Marquez Juarai MotoGP Lebih Awal

Gelaran MotoGP tinggal tujuh seri lagi. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez masih memuncaki klasemen rider MotoGP dengan 250 poin.


Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Legenda Timnas Sebut Indonesia Lemah di Semua Lini

Kekalahan Timnas Indonesia 2-3 saat menjamu Malaysia di laga perdana putaran kedua Grup G Piala Dunia 2019, Kamis (5/9) lalu masih menyisakan luka.


Liga Premier Minim Pemain Lokal

Liga Premier Minim Pemain Lokal

Industri sepak bola Inggris masih menjadi liga sepakbola rujukan pencinta bola.


Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Absen Separuh Abad, Polandia Masih Terlalu Kuat

Polandia memantapkan status mereka sebagai juara Grup A Piala Dunia FIBA 2019 usai mengalahkan Pantai Gading 80-63, Rabu (4/9) kemarin.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!