Sport
Share this on:

Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

  • Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah
  • Tunggal Putra Belum Konsisten, Tunggal Putri Payah

NANNING - Skuad Indonesia tidak pulang dengan tangan hampa. Setidaknya pada ajang Piala Sudirman 2019 ini mereka mampu naik podium, meski terpaksa harus puas berada diurutan ketiga. Capaian ini masih lebih baik jika dibandingkan 2017 ketika tim menjadi juru kunci grup.

Hendra Setiawan dkk berada diposisi sebagai semifinalis ditemani Thailand. Negara tetangga itu sampai saat ini juga masih belum bisa menjadi juara. Tercatat sudah tiga kali Thailand gagal melangkah ke partai final.

Sama seperti Indonesia, mereka harus menunggu dua tahun lagi untuk mencoba membawa pulang trofi turnamen yang dicetuskan oleh Dick Sudirman itu. Atas hasil ini tim Merah Putih harus mulai evaluasi total. Sampai kapan kita akan terdampar sebagai semifinalis atau runner-up turnamen beregu campuran tersebut.

Kentara sekali empat sektor, selain ganda putra, masih sangat lemah dan mudah dikoyak lawan. Untuk memenangkan pertandingan beregu, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan sektor ganda saja.

Semua harus saling melengkapi agar beban yang dipikul juga bisa dibagi. Jika hanya bermodal kuat disalah satu sektor saja, maka nasib pemain kita masih akan sama.

Harapan membawa pulang Piala Sudirman ke tanah air rasanya bakal lama baru bisa diwujudkan. Saat ini Indonesia masih timpang sebelah untuk masalah pemerataan sektor. Belum seperti Tiongkok maupun Jepang yang kentara sekali dominasinya di dunia.

"Pastinya kami tidak puas dengan hasil ini, tapi harus terima. Ini akan jadi bahan evaluasi tim secara keseluruhan sehingga pada kejuaraan yang akan datang kami bisa perbaiki kekurangan dan kelemahan tim," ucap Achmad Budiharto, Chef de Mission Tim Indonesia.

Pekerjaan rumah yang masih menumpuk bagi Indonesia ialah mengangkat sektor tunggal yang masih angin-anginan. Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie belum bisa dikatakan konsisten terhadap persaingan tingkat dunia. Sepanjang Piala Sudirman, nomor ini hanya berhasil menyumbang poin satu kali saja.

Kalau tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani lebih parah lagi. Sektor ini masih jadi kunci mati bagi tim, karena tidak mampu untuk menghadapi pebulu tangkis dunia. Daya tahan terhadap gempuran lawan sangat lemah.

"Konsistensinya harus ditingkatkan. Kalau peringkat mereka sudah punya. Cuma konsistensi pada saat main itu yang harus ditingkatkan lagi, karena kadang bisa main bagus, eh, tahu-tahu nggak stabil," ujar manajer tim Susy Susanti.

Setelah ini Indonesia masih punya banyak turnamen yang menanti. Harus ada perubahan yang ditunjukkan mengingat tahun ini telah memasuki kualifikasi olimpiade. Tidak akan ada artinya kalau berhasil tampil di Tokyo 2020 nanti, tetapi tidak bisa bersaing dengan pemain lainnya. (nia/zul/ful)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

Indonesia Hanya Sisakan The Daddies dan Minions

Indonesia hanya bisa meloloskan dua ganda putra ke babak semifinal Indonesia Open 2019, Sabtu (20/7) hari ini..


Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak dua turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Dari kekuatan yang ada, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra untuk meraih gelar di turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Greysia Ingin Fokus, Hendra Lebih Excited

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berusaha fokus menikmati permainan mereka di Blibli Indonesia Open 2019 pekan ini.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.


Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo Tak Mau Kalah dari Persija

Tira Persikabo berambisi untuk bisa meneruskan tren positifnya yang belum meraih kekalahan sejak bergulirnya Liga 1 Indonesia musim ini.


Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Kalteng Putra harus mengoptimalkan pemain lokal saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (16/7).


Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Tim Ganda Putri Lakukan Recovery

Menjelang perhelatan Indonesia Open 2019 yang tinggal menghitung hari, mematangkan persiapan tentu bakal dilakukan seluruh peserta.


Tenis Meja Bidik Emas di ASG 2019

Tenis Meja Bidik Emas di ASG 2019

Tim Tenis Meja dan Basket Putri Indonesia menargetkan meraih medali emas pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) di Semarang.


Kalah Lagi, Semen Padang Belum Pernah Menang di Liga 1

Kalah Lagi, Semen Padang Belum Pernah Menang di Liga 1

Semen Padang FC kembali menelan kekalahan pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2019.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!