Sport
Share this on:

Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

  • Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian
  • Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

JAKARTA - Tiga pemain tunggal putra Indonesia siap tampil habis-habisan pada Piala Sudirman 2019 yang bakal berlangsung di Nanning, China pada 19 hingga 26 Mei 2019, mendatang. Ketiga tunggal putra Merah Putih yang bakal diturunkan dalam ajang perebutan lambang supremasi beregu campuran itu adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

"Siapapun yang diturunkan, baik saya (Jonatan), Anthony ataupun Mas Vito (Shesar), kami pasti akan berjuang mati-matian demi menyumbangkan poin bagi tim Indonesia," ungkap Jonatan dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Jumat (10/5) kemarin.

Dalam ajang ini, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah menentukan 20 pebulutangkis terbaik yang akan diturunkan. Induk Bulu Tangksi Indonesia itu menurunkan 12 pemain putra dan delapan atlet putri.

Dari sektor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran PB PBSI membawa tiga wakil. Sedangkan untuk nomor tunggal putri Indonesia hanya mempersiapkan dua wakil. Namun, untuk ganda putri PBSI hanya mengirim satu wakil yakni, pasangan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Jonatan mengatakan, seluruh atlet yang bakal diturunkan di setiap pertandingan diyakini bakal memberikan kemampuan terbaiknya untuk bisa meraih kemenangan. Hal itu juga akan dilakukan olehnya yang akan bertarung di sektor tunggal putra.

"Ini kan pertandingan beregu, jadi semuanya memiliki tanggung jawab terhadap tim. Jadi saya yakin, di setiap sektor pasti memiliki rasa ingin memberikan yang terbaik untuk bisa menyumbangkan poin. Begitu juga dengan kami dari tunggal putra," ungkap Jonatan.

Jonatan menegaskan, dirinya serta para pemain lainnya diyakini akan memberikan yang terbaik untuk menyumbangkan poin dalam ajang Piala Sudirman 2019 ini. Bahkan diakuinya, performa terbaik yang akan diberikan pada ajang tersebut mampu mengalahkan penampilan-penampilan di ajang sebelumnya. "Kami akan lebih maksimalkan lagi penampilan di Piala Sudirman," tukas Jonatan.

Sebelum Piala Sudirman bergulir, memang grafik kemampuan ketiga tunggal putra Indonesia ini mulai meningkat meski sebelumnya sempat mengalami kendala di ajang-ajang sebelumnya.

Seperti Anthony, yang sempat menurun usai meraih gelar juara di turnamen China Open 2018 Super 1000, namun pada ajang Singapore Open 2019 ia brhasil mencapai laga final sebelum akhirnya dihentikan oleh wakil Jepang, Kento Momota. Namun, di beberapa kali pertemuannya, Anthony tercatat beberapa kali mengalahka tunggal putra terbaik dunia tersebut.

Selain itu, grafik penampilan Jonatan juga tersu meningkat belakangan ini. Pada ajang Malaysia Open 2019 Super 750 beberapa waktu lalu, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu berhasil memulangkan dua juara dunia sekaligus.

Ya, Jojo memulangkan Momota di babak kedua usai menang dengan dua gae langsung dengan skor 22-20 dan 21-15. Selain Momota ia juga berhasil menyingkirkan wakil Denmark, Viktoer Axelsen dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-19.

Namun sayang, di babak semifinal peraih medali emas Asia Games 2018 itu harus terhenti setelah ditaklukan wakil China, Chen Long dalam pertarungan rubber game dengan skor 12-21, 21-10 dan 15-21.

Penampilan Shesar juga kian meningkat. Dalam ajang Badminton Asia Championship 2019 pekan lalu, Shesar membuat kejutan dengan berhasil mengalahkan pemain tunggal terbaik milik India, Kidambi Srikanth di babak pertama.

Menurut, Ketua Kontingen Indonesia untuk Piala Sudirman 2019, Achmad Budiharto menyebutkan bahwa nomor tunggal putra adalah salah satu nomor andalan untuk merebut angka kemenangan pada ajang tersebut.

"Tunggal putra menjadi nomor andalan bersama nomor ganda putra dan ganda campuran. Nomor ganda putri, merupakan sektor yang dijagokan untuk menyumbang angka. Sedangkan, untuk nomor tunggal putri meski tak diunggulkan, namun diharapkan mampu memberikan kejutan," tuturnya.

Hingga saat ini, tim tunggal putra sudah menjalani program persiapan menuju Piala Sudirman sejak, Rabu (8/5) kemarin. Rencanaya, tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 akan bertolak ke Nanning, China, pada Rabu (15/5) mendatang. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Marquez Masih yang Tercepat
Marquez Masih yang Tercepat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Timnas U16 Waspadai Kecepatan Pemain Cina

Indonesia kembali tampil perkasa dan menang besar di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 Grup G. Kali ini yang menjadi korban keganasan skuat Garuda Asia adal


Pesepakbola Belanda Ditembak Mati

Pesepakbola Belanda Ditembak Mati

Sepakbola tak melulu bicara tentang keindahan lapangan hijau. Kisah tragis juga tercipta di tengahnya.


Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Hanya Tersisa Ginting

Tunggal Putra Indonesia, Tommy Sugiarto tak berdaya saat melawan Kento Momota pada putaran kedua China Open 2019.


Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Timnas U16 Akan Teruskan Rotasi

Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Tiga Pebalap Indonesia Siap Terjun ke Moto2

Garuda muda tak selalu identik dengan sepakbola. Kancah dunia racing juga dilakoni para milenial di lintasan balap.


Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Tommy Tantang Kento, Jojo Kandas di Tangan Vito

Hasil berbeda diterima dua tunggal putra andalan Indonesia, Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie pada babak pertama ajang China Open 2019 di Olympic Sports Cente


kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

kalahkan Filipina 4-0, Timnas U16 Masih Sering Buang-buang Peluang

Timnas Sepakbola Indonesia U-16 tampil gemilang dalam laga perdana babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020.


Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Naturalisasi Juara F4, Indonesia Berpeluang Tampil di F1 Lagi

Setelah Rio Haryanto, Indonesia akan menambah para pembalap yang akan berkiprah di ajang jet darat, Formula One (F1).


KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

KO Poirier, Khabib Hanya Butuh Tiga Ronde

Lampu latar yang begitu semarak, ditambah dukungan penonton, membuat Khabib Nurmagomedov tampil percaya diri di The Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dini hari,


Emery Ingatkan Skuatnya Kurangi Kesalahan

Emery Ingatkan Skuatnya Kurangi Kesalahan

Arsenal tampil luar biasa dalam derbi London Utara kontra Tottenham Hotspur, dini hari kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!