Sport
Share this on:

Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

  • Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian
  • Tunggal Putra Siap Tampil Mati-matian

JAKARTA - Tiga pemain tunggal putra Indonesia siap tampil habis-habisan pada Piala Sudirman 2019 yang bakal berlangsung di Nanning, China pada 19 hingga 26 Mei 2019, mendatang. Ketiga tunggal putra Merah Putih yang bakal diturunkan dalam ajang perebutan lambang supremasi beregu campuran itu adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

"Siapapun yang diturunkan, baik saya (Jonatan), Anthony ataupun Mas Vito (Shesar), kami pasti akan berjuang mati-matian demi menyumbangkan poin bagi tim Indonesia," ungkap Jonatan dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Jumat (10/5) kemarin.

Dalam ajang ini, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah menentukan 20 pebulutangkis terbaik yang akan diturunkan. Induk Bulu Tangksi Indonesia itu menurunkan 12 pemain putra dan delapan atlet putri.

Dari sektor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran PB PBSI membawa tiga wakil. Sedangkan untuk nomor tunggal putri Indonesia hanya mempersiapkan dua wakil. Namun, untuk ganda putri PBSI hanya mengirim satu wakil yakni, pasangan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Jonatan mengatakan, seluruh atlet yang bakal diturunkan di setiap pertandingan diyakini bakal memberikan kemampuan terbaiknya untuk bisa meraih kemenangan. Hal itu juga akan dilakukan olehnya yang akan bertarung di sektor tunggal putra.

"Ini kan pertandingan beregu, jadi semuanya memiliki tanggung jawab terhadap tim. Jadi saya yakin, di setiap sektor pasti memiliki rasa ingin memberikan yang terbaik untuk bisa menyumbangkan poin. Begitu juga dengan kami dari tunggal putra," ungkap Jonatan.

Jonatan menegaskan, dirinya serta para pemain lainnya diyakini akan memberikan yang terbaik untuk menyumbangkan poin dalam ajang Piala Sudirman 2019 ini. Bahkan diakuinya, performa terbaik yang akan diberikan pada ajang tersebut mampu mengalahkan penampilan-penampilan di ajang sebelumnya. "Kami akan lebih maksimalkan lagi penampilan di Piala Sudirman," tukas Jonatan.

Sebelum Piala Sudirman bergulir, memang grafik kemampuan ketiga tunggal putra Indonesia ini mulai meningkat meski sebelumnya sempat mengalami kendala di ajang-ajang sebelumnya.

Seperti Anthony, yang sempat menurun usai meraih gelar juara di turnamen China Open 2018 Super 1000, namun pada ajang Singapore Open 2019 ia brhasil mencapai laga final sebelum akhirnya dihentikan oleh wakil Jepang, Kento Momota. Namun, di beberapa kali pertemuannya, Anthony tercatat beberapa kali mengalahka tunggal putra terbaik dunia tersebut.

Selain itu, grafik penampilan Jonatan juga tersu meningkat belakangan ini. Pada ajang Malaysia Open 2019 Super 750 beberapa waktu lalu, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu berhasil memulangkan dua juara dunia sekaligus.

Ya, Jojo memulangkan Momota di babak kedua usai menang dengan dua gae langsung dengan skor 22-20 dan 21-15. Selain Momota ia juga berhasil menyingkirkan wakil Denmark, Viktoer Axelsen dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-19.

Namun sayang, di babak semifinal peraih medali emas Asia Games 2018 itu harus terhenti setelah ditaklukan wakil China, Chen Long dalam pertarungan rubber game dengan skor 12-21, 21-10 dan 15-21.

Penampilan Shesar juga kian meningkat. Dalam ajang Badminton Asia Championship 2019 pekan lalu, Shesar membuat kejutan dengan berhasil mengalahkan pemain tunggal terbaik milik India, Kidambi Srikanth di babak pertama.

Menurut, Ketua Kontingen Indonesia untuk Piala Sudirman 2019, Achmad Budiharto menyebutkan bahwa nomor tunggal putra adalah salah satu nomor andalan untuk merebut angka kemenangan pada ajang tersebut.

"Tunggal putra menjadi nomor andalan bersama nomor ganda putra dan ganda campuran. Nomor ganda putri, merupakan sektor yang dijagokan untuk menyumbang angka. Sedangkan, untuk nomor tunggal putri meski tak diunggulkan, namun diharapkan mampu memberikan kejutan," tuturnya.

Hingga saat ini, tim tunggal putra sudah menjalani program persiapan menuju Piala Sudirman sejak, Rabu (8/5) kemarin. Rencanaya, tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 akan bertolak ke Nanning, China, pada Rabu (15/5) mendatang. (gie/fin/zul/wsa)

Berita Sebelumnya

Marquez Masih yang Tercepat
Marquez Masih yang Tercepat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Akhirnya Mampu Lalui Reli Panjang

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke babak dua turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Ganda Putra Tumpuan Indonesia

Dari kekuatan yang ada, Indonesia hanya bertumpu pada sektor ganda putra untuk meraih gelar di turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019.


Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Level Tinggi, Mamota Tetap Waspada

Tunggal putra Jepang Kento Momota, walaupun menjadi unggulan pertama di turnamen Blibli Indonesia Open 2019, tidak akan lengah.


Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Dijamu Persib, Kalteng Putra Dibuat Pusing

Kalteng Putra harus mengoptimalkan pemain lokal saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (16/7).


Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Akhirnya Menang Juga

Persela Lamongan mengakhiri 'mimpi buruk' tanpa kemenangan setelah mengalahkan Kalteng Putra 3-0, kemarin..


Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Rossi dan Vinales Siap Ujicoba Motor Baru 2020

Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menguji coba purwarupa motor Yamaha M1 untuk musim 2020 setelah balapan GP Ceko di sirkuit Brno, bulan depan.


Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Hendrawan Tetap Latih Tunggal Putera Malaysia

Teka-teki nasib pelatih asal Indonesia Hendrawan di Malaysia terjawab sudah.


PSS Sleman Curi Poin di Kandang Kalteng Putra

PSS Sleman Curi Poin di Kandang Kalteng Putra

Berstatus sama-sama sebagai tim promosi, PSS Sleman sukses menggunduli Kalteng Putra dengan skor 2-0, Minggu (7/7)


BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

BAM Ingin Pensiunkan Hendrawan

Federasi Badminton Malaysia (BAM) mempertimbangkan untuk memutus kontrak pelatih tunggal putra Hendrawan.


PBSI Terus Dongkrak Kemampuan Tunggal Putri

PBSI Terus Dongkrak Kemampuan Tunggal Putri

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) terus berupaya mendongkrak kemampuan tunggal putri Tanah Air.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!