Sport
Share this on:

?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out

  • ?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out
  • ?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out

Max Verstappen/Reuters.

SPA FRANCORCHAMPS - Formula 1 harus berterima kasih kepada bintang muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen. Karena gaya balapnya yang agresif, tak segan berduel dengan nama-nama besar, dan beragam kontroversi pengiringnya, mampu menarik jutaan penggamar balapan kelas premium ini.

Efek tersebut sangat dirasakan penyelenggara GP Belgia musim ini setelah tiket yang dijual ludes. Untuk kali pertama sejak masa emas Michael Schumacher bersama Ferrari, seluruh tiket grandstand terjual habis.

Bukan hanya untuk balapan Minggu, tapi juga Jumat dan Sabtu. Promotor GP Belgia Andre Maes mengatakan tiket sebanyak lebih dari 250 ribu untuk akhir pekan sudah terjual. Angka yang tidak pernah tercapai semenjak 2001.

''Atas permintaan otoritas dan alasan keamanan, kami sampai diminta untuk membatasi jumlah tiket yang dijual. Angka ini sudah kami capai, sekitar 260 ribu penonton adalah berbondong-bondang datang ke Spa selama tiga hari,'' terang Maes. GP Belgia akan berlangsung 25-27 Agustus.

Maes mengakui peningkatan penjualan tiket sudah terjadi secara signifikan sejak tahun lalu. Penyebab utamanya adalah ?Verstappen effects?.

Setiap tahun para penggemar pembalap Belanda kelahiran Belgia tersebut jumlahnya terus bertambah dan sama sekali tak tampak mengalami penurunan tahun ini.

Tahun lalu banyak grandstand yang dipenuhi penonton dengan baju dan atribut oranye, warna kebesaran Belanda. Diperkirakan ada 25 ribu fans Verstappen datang dari Belanda datang ke Belgia untuk memberi dukungan secara langsung.

''Max Verstappen Effect berlanjut menjadi sebuah kenyataan. Ini lebih penting bagi kami dibandingkan absennya GP Jerman tahun ini,'' jelas Maes.

Memang sebelumnya, peningkatan penjualan tiket GP Belgia disebut-sebut karena tahun ini GP Jerman tidak masuk kalender balap. Plus dengan hadirnya pembalap rookie Stoffel Vandoorne yang juga kelahiran Belgia. Namun membenarkan pengaruh dua faktor tersebut, tapi Verstappen Effects adalah yang terbesar.

Untuk lebih menyemarakkan rangkaian balapan GPBelgia ke-50 tahun ini, pihak penyelenggara menjanjikan pertunjukkan besar. Salah satunya adalah demo mobil Benetton B192 yang pernah dipakai Michael Schumacher kali pertama balapan di Spa. Itu menjadi kemenangan pertama dari rekor enam kali yang dicatatnya.

Verstappen sendiri tak lepas dari kontroversi. Terakhir, dia berduel sengit dengan pemuncak klasemen saat ini Sebastian Vettel di GP Inggris. Pada lap 14-15 Vettel berusaha menyalip anak muda 19 tahun itu beberapa kali tapi gagal. Vettel menganggap gaya balap Verstappen berbahaya karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

Tapi Verstappen tak menggubris kritikan tersebut dan malah berbalik menyindirnya. ''Aku tidak menganggapnya (kritikan Vettel) serius. Apalagi setelah semua yang sudah dia lakukan. Dia baru saja diganjar penalti poin. Aku rasa duel dengan Sebastian sangat bagus, keras tadi fair,'' ucap Verstappen merujuk pada penalti poin yang dijatuhkan kepada pemalap Jerman itu setelah sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Lewis Hamilton di Baku. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Duet Marquez-Lorenzo Bikin Repsol Honda Makin Kuat

Duet Marquez-Lorenzo Bikin Repsol Honda Makin Kuat

Tangan dingin Alberto Puiq mempertemukan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo di dalam satu tim.


Serena Out ditangan Pliskova

Serena Out ditangan Pliskova

Serena Williams sempat menyandang gelar ratu tenis dunia. Di usianya yang masuk 37 tahun, dia masih kompetitif untuk bersaing di WTA Tour.


Tiket Semifinal dan Final Indonesia Masters Sold Out

Tiket Semifinal dan Final Indonesia Masters Sold Out

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap bulu tangkis sangat tinggi.


Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Alonso Gunakan Mesin Chevrolet

Upaya McLaren mewujudkan mimpi Fernando Alonso memenangi tiga balapan klasik “Trple Crown” (GP Monako, Le Mans 24 jam, dan Indy 500) makin all out.


Verstappen Menjanjikan, Mesinnya Belum

Verstappen Menjanjikan, Mesinnya Belum

Pembalap Red Bull Max Verstappen menjadi salah satu perbincangan penting pasca Formula 1 2018 berakhir di Abu Dhabi Minggu kemarin.


Raih Gelar ke-9, Marcus/Kevin Bikin Sejarah

Raih Gelar ke-9, Marcus/Kevin Bikin Sejarah

Stabilitas ganda putra Indonesia tahun ini berlangsung konsisten.


Mayweather Merasa Tertipu

Mayweather Merasa Tertipu

Floyd Mayweather Jr kembali bikin gaduh. Senin kemarin dia secara mengejutkan mengumumkan bakal tanding di pertarungan Mix Martial Art (MMA) Jepang.


Halep Bisa Absen di WTA Final

Halep Bisa Absen di WTA Final

Ada dua kabar penting dari Simona Halep. Satu membahagiakan. Sayangnya, satu lagi malah bikin ketar-ketir para fansnya.


Dreadlocks Smalling Bikin Gempar

Dreadlocks Smalling Bikin Gempar

Kalau bicara soal gaya rambut yang nyleneh di Manchester United, biasanya gelandang Paul Pogba menempati rangking satu.


Raikkonen Bikin Wartawan Ger-geran

Raikkonen Bikin Wartawan Ger-geran

Kimi Raikkonen benar-benar menjadi bintang di Singapura.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!