Sport
Share this on:

?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out

  • ?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out
  • ?Verstappen Effect? Bikin Spa Sold-out

Max Verstappen/Reuters.

SPA FRANCORCHAMPS - Formula 1 harus berterima kasih kepada bintang muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen. Karena gaya balapnya yang agresif, tak segan berduel dengan nama-nama besar, dan beragam kontroversi pengiringnya, mampu menarik jutaan penggamar balapan kelas premium ini.

Efek tersebut sangat dirasakan penyelenggara GP Belgia musim ini setelah tiket yang dijual ludes. Untuk kali pertama sejak masa emas Michael Schumacher bersama Ferrari, seluruh tiket grandstand terjual habis.

Bukan hanya untuk balapan Minggu, tapi juga Jumat dan Sabtu. Promotor GP Belgia Andre Maes mengatakan tiket sebanyak lebih dari 250 ribu untuk akhir pekan sudah terjual. Angka yang tidak pernah tercapai semenjak 2001.

''Atas permintaan otoritas dan alasan keamanan, kami sampai diminta untuk membatasi jumlah tiket yang dijual. Angka ini sudah kami capai, sekitar 260 ribu penonton adalah berbondong-bondang datang ke Spa selama tiga hari,'' terang Maes. GP Belgia akan berlangsung 25-27 Agustus.

Maes mengakui peningkatan penjualan tiket sudah terjadi secara signifikan sejak tahun lalu. Penyebab utamanya adalah ?Verstappen effects?.

Setiap tahun para penggemar pembalap Belanda kelahiran Belgia tersebut jumlahnya terus bertambah dan sama sekali tak tampak mengalami penurunan tahun ini.

Tahun lalu banyak grandstand yang dipenuhi penonton dengan baju dan atribut oranye, warna kebesaran Belanda. Diperkirakan ada 25 ribu fans Verstappen datang dari Belanda datang ke Belgia untuk memberi dukungan secara langsung.

''Max Verstappen Effect berlanjut menjadi sebuah kenyataan. Ini lebih penting bagi kami dibandingkan absennya GP Jerman tahun ini,'' jelas Maes.

Memang sebelumnya, peningkatan penjualan tiket GP Belgia disebut-sebut karena tahun ini GP Jerman tidak masuk kalender balap. Plus dengan hadirnya pembalap rookie Stoffel Vandoorne yang juga kelahiran Belgia. Namun membenarkan pengaruh dua faktor tersebut, tapi Verstappen Effects adalah yang terbesar.

Untuk lebih menyemarakkan rangkaian balapan GPBelgia ke-50 tahun ini, pihak penyelenggara menjanjikan pertunjukkan besar. Salah satunya adalah demo mobil Benetton B192 yang pernah dipakai Michael Schumacher kali pertama balapan di Spa. Itu menjadi kemenangan pertama dari rekor enam kali yang dicatatnya.

Verstappen sendiri tak lepas dari kontroversi. Terakhir, dia berduel sengit dengan pemuncak klasemen saat ini Sebastian Vettel di GP Inggris. Pada lap 14-15 Vettel berusaha menyalip anak muda 19 tahun itu beberapa kali tapi gagal. Vettel menganggap gaya balap Verstappen berbahaya karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

Tapi Verstappen tak menggubris kritikan tersebut dan malah berbalik menyindirnya. ''Aku tidak menganggapnya (kritikan Vettel) serius. Apalagi setelah semua yang sudah dia lakukan. Dia baru saja diganjar penalti poin. Aku rasa duel dengan Sebastian sangat bagus, keras tadi fair,'' ucap Verstappen merujuk pada penalti poin yang dijatuhkan kepada pemalap Jerman itu setelah sengaja menabrakkan mobilnya ke mobil Lewis Hamilton di Baku. (cak/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Suksesnya Gelaran Indonesia Open 2019 Bikin BWF Terkesan

Suksesnya Gelaran Indonesia Open 2019 Bikin BWF Terkesan

Indonesia Open 2019 sudah selesai dilangsungkan, Minggu (21/07) kemarin, di Istora Senayan, Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.


Cibiran Ducati Bikin Honda Gregetan

Cibiran Ducati Bikin Honda Gregetan

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti dan Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig terlibat perang urat syaraf.


Tiket Online Indonesia Open 2019 Sold Out

Tiket Online Indonesia Open 2019 Sold Out

Perhelatan Indonesia Open 2019 akan berlangsung di Istora Senayan 16-21 Juli mendatang.


Marquez Bikin Sejarah Baru di Sachsenring

Marquez Bikin Sejarah Baru di Sachsenring

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mencatat sejarah baru di sirkuit Sachsenring, Jerman.


Diwarnai Aksi Walk Out, Marciano Norman Terpilih Jadi Ketum KONI

Diwarnai Aksi Walk Out, Marciano Norman Terpilih Jadi Ketum KONI

Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat XIII tahun 2019 diwarnai aksi walk out.


Adu Roda Verstappen-Leclerc Berbeda dengan Kasus Vettel

Adu Roda Verstappen-Leclerc Berbeda dengan Kasus Vettel

Keputusan FIA yang membebaskan Max Verstappen dari hukuman karena terlibat senggolan dengan Charles Leclerc di GP Austria terus mengundang kontroversi.


Kemenangan Kontroversial Verstappen

Kemenangan Kontroversial Verstappen

Aston Martin Red Bull Racing Honda membuat sensasi di Formula 1 GP Austria 2019, Minggu (30/6).


Tambah Mahal, Tiket Indonesia Open Sold Out

Tambah Mahal, Tiket Indonesia Open Sold Out

Idonesia Open 2019 bakal berlangsung di Istora Senayan Jakarta 16-21 Juli mendatang.


Problem Sasis Bikin Crutchlow Kedodoran

Problem Sasis Bikin Crutchlow Kedodoran

Ekspektasi rider LCR Honda Cal Crutchlow mendapatkan tunggangan hebat di musim ini ternyata jauh dari harapan.


Ni Ketut Siap All Out di Piala Sudirman

Ni Ketut Siap All Out di Piala Sudirman

PBSI sudah menentukan 20 pebulutangkis terbaik yang akan diturunkan pada ajang Piala Sudirman 2019.



Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!