Sport
Share this on:

Wawrinka Tumbang, Pintu Federer Makin Terbuka

  • Wawrinka Tumbang, Pintu Federer Makin Terbuka
  • Wawrinka Tumbang, Pintu Federer Makin Terbuka

ROTTERDAM - Digadang-gadang mampu menjadi batu sandungan Roger Federer merebut tahta ranking satu dunia, Stanislas Wawrinka malah tampil anti klimaks di Rotterdam Open. Kemarin petenis mantan ranking 3 dunia itu langsung takluk di babak pertama. Dia disingkirkan petenis tuan rumah ranking 259 dunia Tallon Griekspoor dalam tiga set 4-6, 6-3, 6-2.

Hasil ini menunjukkan bahwa Wawrinka belum mampu mengembalikan performa terbaik pasca comeback dari istirahat panjang selama enam bulan lantaran cedera lutut. Musim lalu Wawrinka mengakhiri musim lebih cepat yakni pada Agustus akibat cedera tersebut.

Sejak comeback di awal musim ini, performa Wawrinka masih labil. Dia terhenti di babak kedua Australia Terbuka. Sementara di Sofia Open minggu lalu, langkahnya terhenti di semifinal. “Ini adalah hari-hari yang berat. Saya harus bekerja lebih keras untuk kembali ke performa terbaik,” ucap Wawrinka dilansir Associated Press.

Di lain sisi, kemenangan atas Wawrinka menjadi raihan terbaik yang dicapai Griekspoor sepanjang karir. Victory kemarin menjadi kemenangan pertama petenis 21 tahun tersebut selama dua kali turun di ajang ATP Tour.

Di babak kedua dia bakal menghadapi pemenang dari laga antara Thiemo de Bakker dan Robin Haase. Keduanya adalah rekan senegara Griekspoor. “Saya masih belum percaya. Menang melawan seorang juara sejati. Saya tidak bisa berkata apa-apa,” ucap Griekspoor.

Di lain sisi, kekalahan Wawrinka membuat langkah Federer merebut tahta ranking satu dunia dari tangan Rafael Nadal makin terbuka lebar. Sebelumnya, Federer dan Wawrinka diprediksi bakal bersua di perempat final.

Federer punya syarat sedikitnya harus menembus semifinal untuk kembali menahbiskan diri sebagai ranking satu dunia. Petenis Swiss tersebut dini hari tadi memulai pertarungan pertama dengan menghadapai petenis kualifikasi asal Jerman Ruben Bemelmans.

Jika benar-benar mampu mencapai semifinal, Federer bakal menjadi petenis tertua yang mampu menduduki ranking satu dunia. Dengan usia 36 tahun, dia memecahkan rekor petenis ranking 1 dunia tertua sebelumnya yakni Andre Agassi yang menduduki posisi itu di usia 33 tahun pada September 2003.

Kali terakhir Federer menduduki ranking satu dunia adalah lima tahun silam yakni pada Oktober 2012. Federer sampai saat ini juga masih tercatat sebagai petenis putra yang menduduki ranking satu dunia terlama yakni sebanyak 302 minggu. Pete Sampras berada di posisi kedua dengan mengumpulkan 286 minggu. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Shaun White Beri Emas ke-100 AS
Shaun White Beri Emas ke-100 AS

Berita Berikutnya

Buriram Milik Honda dan Ducati
Buriram Milik Honda dan Ducati

Berita Sejenis

Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Juara di Le Mans, Marquez Makin Pede

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez kembali naik podium saat menjadi yang tercepat di MotoGP seri GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5).


Tahun Depan Suzuki Bakal Sendirian

Tahun Depan Suzuki Bakal Sendirian

Tim Suzuki MotoGP makin percaya diri menghadapi gelaran musim 2019 ini. Mereka pun secara terang-terangan tidak akan merekrut tim satelit hingga tahun depan.


United Siap Jual Lukaku

United Siap Jual Lukaku

Manchester United terbuka untuk menjual Romelu Lukaku musim panas ini, jika menemukan klub cocok.


Owi/Winny ke Babak Kedua Tanpa Berkeringat

Owi/Winny ke Babak Kedua Tanpa Berkeringat

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil mendapatkan tiket babak kedua India Terbuka 2019 tanpa mengeluarkan keringat.


Juara di Swiss, Fajar/Rian Langsung ke Hong Kong

Juara di Swiss, Fajar/Rian Langsung ke Hong Kong

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyelamatkan muka Indonesia di ajang Swiss Terbuka 2019.


Rinov/Pitha Gagal Juarai Swiss Super 300

Rinov/Pitha Gagal Juarai Swiss Super 300

Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal meraih gelar turnamen bulu tangkis level super 300 Swiss Terbuka, Minggu (17/3)..


Duet Marquez-Lorenzo Bikin Repsol Honda Makin Kuat

Duet Marquez-Lorenzo Bikin Repsol Honda Makin Kuat

Tangan dingin Alberto Puiq mempertemukan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo di dalam satu tim.


Final Ideal Australia Terbuka Terwujud

Final Ideal Australia Terbuka Terwujud

Final tunggal putra Australia Terbuka tahun ini menyajikan duel klasik sekaligus terbaik. Novak Djokovic bakal bertemu lawan bebuyutannya yakni Rafael Nadal.


Tsitsipas Pulangkan Federer

Tsitsipas Pulangkan Federer

Berhenti menganggap Stefanos Tsitsipas hanya jago di kelas junior. Petenis 20 tahun itu membuktikan dia sudah sangat siap bersaing di jajaran senior.


Asa Empat Wakil Asia

Asa Empat Wakil Asia

Empat petenis putri Asia tengah berjuang di putaran ketiga Australia Terbuka 2019.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!