Sport
Share this on:

Zak Brown Gantikan Ron Dennis di McLaren

  • Zak Brown Gantikan Ron Dennis di McLaren
  • Zak Brown Gantikan Ron Dennis di McLaren

LONDON - McLaren kemarin akhirnya mengumumkan sosok Executive Director baru yang mereka tunjuk menggantikan Ron Dennis. Sosok tersebut adalah Zak Brown. Penunjukan pria 45 tahun asal Los Angeles, Amerika Serikat (AS) tersebut menegaskan program restrukturisasi manajemen McLaren saat ini adalah demi menggaet pundi-pundi uang lebih banyak dari para sponsor.

Seperti diketahui, minggu lalu (16/11) McLaren memberhentikan Dennis sebagai Executive Director. Padahal, pria 69 tahun itu sudah menduduki jabatan tersebut selama 35 tahun.

Dialah otak dibalik pencapaian-pencapaian hebat McLaren dalam perjalanannya di F1 tiga dekade terakhir. Termasuk tujuh kali menjadi juara dunia.

Sumber motorsport menuturkan, pertengkaran Dennis dengan dua pemegang saham McLaren lain yakni Bahrain Mumtalakat Investment dan Mansour Ojjeh menjadi alasan utama Dennis tersingkir dari jabatannya. Perseteruan mereka terjadi dalam rapat pemegang saham akhir oktober lalu.

Dua minggu pasca kejadian tersebut, Bahrain Mumtalakat Investment dan Mansour Ojjeh yang menguasai 75% saham McLaren Racing Limited mengumumkan secara resmi Dennis telah diberhentikan. Meski, Dennis masih akan bertahan di dewan komisaris dengan 25 % saham yang dia miliki.

Alasan yang disebut saat memberhentikan Dennis adalah lantaran dia dianggap sudah tidak mampu lagi mengemban tanggung jawab. Mereka beranggapan, manajemen McLaren di bawah pimpinan Dennis gagal menggaet sponsor-sponsor kakap baru.

Brown sendiri bukan muka lama di dunia motorsport. Selain pernah berkarier sebagai pembalap karting maupun Formula 3, dia juga pendiri perusahaan agensi marketing olahraga motorsport terbesar di dunia saat ini yakni Just Marketing International (JMI).

JMI kini bertindak sebagai agensi marketing dan advertising untuk event F1, Nascar, motoGP, IndyCar, maupun World Rally Championship.

Pada 2013 perusahaan yang dia dirikan pada 1995 tersebut diakuisisi oleh CSM Sport & Entertainment dimana Brown saat ini duduk sebagai Chief Executive Officer (CEO). Setelah menerima pinangan McLaren, Brown mengaku telah mengundurkan diri dari jabatan itu.

?Rasanya begitu terhormat dan bangga bisa bergabung dengan McLaren Technology Group,? ucap Brown dilansir Motorsport. ?Aku menyimpan kekaguman terhadap segala segi bisnis yang telah mereka capai sampai saat ini. Dan aku berharap bisa berkontribusi penting di perkembangan perusahaan ini selanjutnya,? tambah pria yang juga pemilik tim balap United Autosport yang berkompetisi di GT Cup dan 24 Hours tersebut.

Dengan bagroundnya di bidang marketing, Brown nantinya tidak hanya berwenang dalam urusan teknik tim McLaren. Dia juga akan diberi wewenang dalam menentukan strategi bisnis tim itu. Dalam hal ini dia akan berkolaborasi dengan Chief Operating Officer Jonathan Neale. (irr/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Toro Rosso Bikin Honda Tersenyum

Susah payah Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne menutupi buruknya performa McLaren selama uji coba pra musim 2018. Namun data dan statistik tidak berbohong.


Si Pepaya Mulai Tebar Ancaman

Si Pepaya Mulai Tebar Ancaman

Minggu lalu, Fernando Alonso mengunggah video yang menggambarkan kekagumannya pada sosok mobil baru McLaren, MCL33.


Tampilan McLaren Baru Sangat Cantik

Tampilan McLaren Baru Sangat Cantik

Fernando Alonso tak mampu menyembunyikan kegirangannya setelah melihat sendiri sosok MCL33, mobil McLaren terbaru Formula 1 2018.


Dahsyat, 25 Balapan Dalam Setahun

Dahsyat, 25 Balapan Dalam Setahun

Keputusan bintang McLaren Fernando Alonso turun di ajang World Endurance Championship bakal memperpanjang jadwal balapannya menjadi 25 seri tahun ini.


Ancaman Serius McLaren

Ancaman Serius McLaren

Dua bulan dari sekarang, mobil baru McLaren MCL33 bakal menggelinding di Barcelona dalam sebuah acara peluncuran tim musim 2018.


Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Gatlin Pecat Langsung Dua Pelatihnya

Sprinter terbaik Amerika Serikat Justin Gatlin langsung mengambil tindakan tegas kepada pelatih dan juga agennya yakni Dennis Mitchell dan Robert Wagner.


WADA-McLaren Terima Gugatan

WADA-McLaren Terima Gugatan

Tiga pembalap sepeda Rusia resmi mengajukan tuntutan hukum kepada Badan Anti Doping Dunia (WADA) dan ketua tim investigasi WADA, Richard McLaren.


Sainz ke Renault, Peluang Kubica Tertutup

Sainz ke Renault, Peluang Kubica Tertutup

Deal besar-besaran mengiringi usaha McLaren untuk mendapat pasokan mesin Renault musim depan.


McLaren-Renault Tahun Depan

McLaren-Renault Tahun Depan

McLaren kabarnya akan mengumumkan keputusannya terkait mesin yang bakal dipakai untuk musim 2018 pekan ini.


McLaren Semakin Terdesak

McLaren Semakin Terdesak

Apakah ini tanda-tanda bahwa Fernando Alonso akan hengkang dari McLaren?



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!