Sport
Share this on:

Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

  • Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan
  • Zandvoort Masuk Kalender F1 Musim Depan

ZANDVOORT - Setelah tertidur selama 35 tahun, Sirkuit Zandvoort di Belanda akhirnya kembali akan menggelar balap Formula 1 selama tiga musim mulai 2020 mendatang. Kepastian kembalinya Zandvoort ini ditegaskan bos Formula 1 Chase Carey dalam pernyataan resmi, Selasa (14/5) kemarin.

"Dari awal kami menjabat di Formula 1, kami ingin balapan di arena-arena yang lalu, sekaligus menghormati akar sejarah olahraga ini di Eropa," terang Chase Carey seperti dilansir Reuters.

Bagusnya, di GP Belanda nanti juga akan dikuti Max Verstappen, pembalap lokal yang saat ini berusia 21 tahun. Verstappen adalah pembalap tim Red Bull Racing, dia adalah pembalap Belanda tersukses dan menjadi pembalap termuda yang menjuarai Formula 1.

"Musim depan, kami akan memiliki balapan jalanan baru yang akan digelar di Ibukota Vietnam, Hanoi. Dan juga kembalinya Zandvoort, setelah absen selama 35 tahun," tambah Chase Carey.

Carey mengatakan, tingginya antusiasme publik Belanda, khususnya dukungan mereka terhadap Max Verstappen akan menjadi hal yang sangat menarik di Zandvoort. "Ini adalah trek yang ikonik dan bersejarah," kata Verstappen.

Verstappen mengaku membalap di Zandvoort ketika masih di Formula 3. Baginya, pengalaman itu sangat menyenangkan. Dia membandingkan trek itu dengan Suzuka, dimana kedua sirkuit sama-sama berkarakter cepat.

"Keren banget, dan dengan absennya area run-off, cukup sulit menemukan batasan. Di trek lain bisa lebih mudah, tapi itu lah yang membuatnya lebih menarik," kata Verstappen yang saat ini berada di peringkat tiga klasemen itu.

Balapan tahun depan akan menjadi GP Belanda ke-31 yang menjadi kalender resmi Formula 1. Zandvoort sendiri pertama kali menggelar balapan F1 pada 1952, saat itu pembalap Ferrari Alberto Ascari yang tampil sebagai juara. Almarhum juara dunia asal Inggris Jim Clark menang di sana empat kali. Sedangkan 1985 merupakan tahun terakhir GP Belanda digelar.

Sementara itu Red Bull Racing Christian Horner menyambut positif bergabungnya Zandvort dalam kalender F1 musim depan. Menurutnya, popularitas Zandvoort dan Max Verstappen akan bisa saling mendukung.

"Aku rasa GP Belanda, dengan popularitas Verstappen, akan sangat besar. Aku kira itu positif untuk Formula 1," kata Christian Horner.

Balapan di Zandvoort merupakan kontrak kedua setelah Vietnam yang diraih Liberty Media sejak mengambil alih kepemilikan F1 pada 2017 dari Bernie Ecclestone. (wsa/zul/fin)

Berita Sebelumnya

PSSI Izinkan Pakai Logo Baru
PSSI Izinkan Pakai Logo Baru

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar

Tahun Depan, Alonso Ikut Reli Dakar

Mimpi Fernando Alonso mengarungi debut barunya bersama Reli Dakar akhirnya kesampaian.


Trek Silverstone Masih Diragukan

Trek Silverstone Masih Diragukan

Penuh Genangan air dan licin menjadi gambaran menakutkan para rider dalam seri Silverstone dalam gelaran MotoGP Inggris musim lalu.


Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Kapan Ferrari Angkat Tropi Lagi?

Dua belas seri berlalu, namun Ferrari belum pernah mengangkat trofi juara hingga balapan Formula 1 mengambil jeda musim panas setelah GP Hungaria pada awal bula


Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Russell Resmi Milik Golden State Warriors

Akhirnya, point guard All-Star DAngelo Russell resmi menandatangani kontrak maksimum empat tahun senilai 117 juta dolar bersama Golden State Warriors musim ini.


Zarco Buka Peluang ke Moto2

Zarco Buka Peluang ke Moto2

Johann Zarco mengatakan akan tetap berada MotoGP hingga musim depan, meski telah memutuskan kontrak bersama tim Red Bull KTM, awal bulan lalu.


Ducati Siap Cetak Sejarah di Balapan Musim Depan

Ducati Siap Cetak Sejarah di Balapan Musim Depan

Ducati dikabarkan akan memasok empat sepeda motor prototipe untuk gelaran MotoGP 2020.


Jack Miller Teken Kontrak Baru

Jack Miller Teken Kontrak Baru

Jack Miller akhirnya meneken kontrak baru dengan Pramac Ducati hingga musim 2020, Rabu (14/8).


Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Mesin Ferrari Harus Tambah Tenaga

Jeda musim Formula 1 2019 menjadi momentum penting buat para tim untuk mengevalusi kinerja mobil mereka. Salah satu yang paling bersemangat adalah Ferrari.


Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

Tahun Depan, KTM Pamit dari Moto2

KTM melakukan gebrakan baru. Pabrikan motor asal Austria itu akan mengundurkan diri dari Moto2 pada musim MotoGP 2020.


Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Momen Mengesankan Brad Binder di Red Bull Ring

Musim pertama yang mengesankan. Ini tentu disandang Brad Binder (Red Bull KTM Ajo).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!