Sport
Share this on:

Zhang Shuai Permalukan Juara AS Terbuka

  • Zhang Shuai Permalukan Juara AS Terbuka
  • Zhang Shuai Permalukan Juara AS Terbuka

Zhang Shuai.

MELBOURNE - Zhang Shuai menunjukkan bahwa petenis Asia tak bisa dianggap enteng lagi. Dia menumbangkan juara Amerika Serkat (AS) Terbuka tahun lalu, Sloane Stephens, di babak pertama Australia Terbuka di Margaret Court Arena kemarin.

Datang dengan titel petenis nonunggulan, ranking 34 dunia itu malah mampu mengempaskan Stephens yang merupakan unggulan ke-13. Petenis 28 tahun tersebut mempermalukan petenis AS itu dalam drama 1 jam 58 menit dengan skor akhir 6-2, 6-7(2), 2-6.

Kemenangan diraih Zhang Shuai dengan menegangkan. Stephens lebih dulu nyaris menyelesaikan laga dengan kemenangan, setelah meraih served for the match saat unggul 5-4 di set kedua.

Namun, Zhang Shuai bangkit mencuri set tersebut melalui tie break, lantas mengakhiri perlawanan Stephens di set terakhir. Hasil ini membuat Zhang Shuai punya peluang kembali menyamai raihan apiknya di Australia Terbuka 2016 silam.

Saat itu, dia melaju sampai perempat final sebelum takluk di tangan petenis Inggris Johanna Konta. Itu sekaligus menjadi capaian grand slam terbaiknya sepanjang karir sampai saat ini.

“Sangat amat bahagia dengan hasil ini,”ucap Zhang Shuai usai laga dilansir South China Morning Post. “Saya tahu seberapa keras telah bekerja mempersiapkan diri. Jadi saya akan siap untuk setiap pertandingan, melawan siapapun,” jelas pemilik 2 gelar WTA Tour tersebut.

Di babak kedua, Zhang Shuai ditantang petenis kualifikasi asal Republik Ceko Dennisa Allertova. Di babak pertama kemarin, dia menumbangkan Pauline Parmentier dua set langsung 6-3, 6-0.

Bagi Stephens, kekalahan atas Zhang Shuai membuat sinarnya makin redup. Pasalnya, sejak menjadi juara AS Terbuka September lalu, petenis 24 tahun itu belum meraih satu kemenangan pun dalam delapan pertandingan berturut-turut.

“Saya tidak akan menyerah,” ucap Stephens dilansir Straits Times. “Tetap berpikir positif dan kembali bekerja keras menemukan permainan terbaik,” tambahnya.

Stephens bukan satu-satunya petenis AS yang sial di Australia Terbuka babak pertama tahun ini. Unggulan kelima Venus Williams langsung pulang pasca takluk di tangan petenis Swiss Belinda Bencic 3-6, 5-7.

Satu petenis AS lainnya yakni unggulan sepuluh Coco Vandeweghe juga langsung pulang pasca ditumbangkan petenis Hungaria Timea Babos 7-6(4), 6-2. Sementara itu, juara Prancis Terbuka 2017 asal Latvia Jelena Ostapenko meneruskan capaian positif pada laga pertamanya di 2018.

Petenis 20 tahun itu melaju ke babak kedua pasca menaklukkan sesama juara Prancis Terbuka yakni kampiun 2010 asal Italia Francesca Schiavone. Ostapenko menang dua set langsung 6-1, 6-4.

“Saya tahu pertandingan tidak akan mudah. Dia sangat berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi di Tour,” ucap Ostapenko usai laga. (irr/tom/jpg)

Berita Sebelumnya

Baru Diresmikan, Kursi SUGBK Rusak
Baru Diresmikan, Kursi SUGBK Rusak

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Belum Saatnya Juara Serena

Belum Saatnya Juara Serena

Serena Williams masih jauh dari performa terbaiknya.


Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Lorenzo Juara, Marquez Semakin Tak Terkejar

Ducati dengan susah payah mempertahankan statusnya sebagai Raja Red Bull Ring tadi malam.


Cornet sang Penakluk Raksasa

Cornet sang Penakluk Raksasa

Rasanya baru kemarin Angelique Kerber mencium trofi juara Wimbledon 2018. Saat itu dia begitu perkasa di hadapan sang ratu tenis Serena Williams.


Greysia/Apriani ke Semifinal

Greysia/Apriani ke Semifinal

Ambisi Kevin/Marcus menyabet juara dunia bulutangkis (World Championships 2018) kembali pupus.


Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Juara Lagi, Hamilton Unggul Satu Balapan dari Vettel

Nyaris saja, balapan GP Hungaria tadi malam berakhir membosankan.


Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Yamaha Berharap, Dovi Tak Pikirikan Juara

Sebelum memasuki jedah musim panas MotoGP 2018, juara bertahan Marc Marquez sudah unggul 46 poin sebagai pemuncak klasemen pembalap.


Joshua Masih Inginkan Fury

Joshua Masih Inginkan Fury

Juara dunia kelas berat Anthony Joshua memang sudah pasti akan naik ring kontra Alexander Povetkin pada 22 September mendatang di Stadion Wembley.


Pacman Tantang Mayweather lagi

Pacman Tantang Mayweather lagi

Setelah kembali merebut sabuk juara dunia kelas welter WBA dari Lucas Matthysse Minggu lalu (15/7), kepercayaan diri Manny Pacquiao makin tebal.


Rossi Desak Reshuffle Di Yamaha

Rossi Desak Reshuffle Di Yamaha

Sejak 2016 Valentino Rossi sudah mengeluh bahwa Yamaha tidak mampu bersaing Honda dalam perebutan gelar juara MotoGP.


Serena bisa Bangkit lagi di AS Terbuka

Serena bisa Bangkit lagi di AS Terbuka

Tampilnya Serena Williams di final grand slam Wimbledon Sabtu kemarin (14/7) seakan memberi rambu, mendapatkan performa terbaik.



Populer

KPU kab

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!