Traveling
Share this on:

Dinobatkan Kampiun Wisata Halal di Dunia,Indonesia Ungguli 130 Negara

  • Dinobatkan Kampiun Wisata Halal di Dunia,Indonesia Ungguli 130 Negara
  • Dinobatkan Kampiun Wisata Halal di Dunia,Indonesia Ungguli 130 Negara

Foto: hilmanmuchsin.blogspot.com

JAKARATA - Di tengah maraknya bencana alam dan aksi teror lima tahun terakhir, Indonesia masih menjadi sasaran wisata halal dunia. Selasa (9/4) malam, Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent menempatkan Indonesia sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Untuk meraih ini, butuh waktu lima tahun bagi Indonesia ditempatkan sebagai peringkat pertama standar GMTI dengan skor 78 bersama dengan Malaysia yang sama-sama berada di ranking teratas. CEO Crescent Rating Fazal Bahar mengatakan, Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

Upaya Indonesia meningkatkan standar destinasi wisata halal sangat progres, diantara 130 negara lainya, katanya disela penyampaian laporan GMTI 2019 di Pullman Hotel Jakarta. Hadir dalam acara release report GMTI 2019 Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizky Handayan dan Pengarah Tim Percepatan Wisata Halal Riyanto Sofyan, dan sejumlah pejabat pariwisata dari Singapura dan Malaysia.

Fazal Bahardeen mengatakan, ada empat kriteria yang menjadi rujukan GMTI dari penilain itu. Diantaranya: Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan. Upaya Indonesia untuk mencapai posisi terbaik dilakukan secara serius di antaranya dengan membuat Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang mengacu pada standar GMTI.

"Indonesia dan semua daerah sangat gencar melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air," terangnya.

Sementara Menpar Arief Yahya mengapresiasi lembaga pemeringkat dunia Mastercard Crescent Global Muslim Travel Index yang memberikan penilaian tertinggi pada Indonesia. Akhirnya, target yang kita impikan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tercapai. Ini membuktikan untuk mencapai kemenangkan harus direncanakan, kata Menpar Arief Yahya.

Ia mengatakan, rencana itu telah dirancang sejak 2015 yang berlanjut dengan kerja sama Mastercard CrescentRating untuk membuat IMTI dengan mengacu standar global GMTI. Kami terus meningkatkan performa 10 destinasi wisata halal unggulan pada IMTI 2018 dan 2019. Terbukti pengaruhnya sangat besar saat berlangsungnya penilaian di GMTI 2019.

"Apa yang kita rencanakan akhirnya tercapai dengan menjadi ranking teratas," kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya berharap naiknya peringkat Indonesia pada posisi teratas sebagai destinasi halal tourism terbaik dunia diharapkan akan semakin banyak mengundang minat wisatawan dunia berkunjung ke Indonesia, yang tahun ini menargetkan kunjungan 20 juta wisman dengan sebanyak 5 juta atau 25 persennya adalah wisman halal tourism.

Sementara Direktur Mastercard Indonesia Tommy Singgih menjelaskan, pasar wisata halal merupakan salah satu segmen pariwisata dengan tingkat pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Diproyeksikan pada 2016 kontribusi sektor pariwisata halal melonjak hingga 35 persen menjadi 300 miliar dolar AS terhadap perekonomian global atau meningkat dari 220 miliar dolar AS pada 2020. (rls/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

2019, RI Bidik Lima Juta Wisatawan Muslim

2019, RI Bidik Lima Juta Wisatawan Muslim

Wisatawan mancanegara (wisman) menunjukkan tren kenaikan setiap tahunnya. Tahun ini, pemerintah manargetkan sebanyak 5 juta wisatawan muslim masuk Indonesia.


Yuk... Jalan-jalan ke Halal Park

Yuk... Jalan-jalan ke Halal Park

Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengisi hari menjelang coblosan dengan menjalankan agenda kenegaraan sebagai presiden.


Lima Museum Terbaik di Belanda yang Wajib Anda Kunjungi

Lima Museum Terbaik di Belanda yang Wajib Anda Kunjungi

Belanda adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali museum. Berbagai macam jenis museum terdapat di Negeri Kincir Angin tersebut.


Tempat Wisata di Bali yang Ngehits, tapi Bisa Dikunjungi dengan Budget Minim dan Murah

Tempat Wisata di Bali yang Ngehits, tapi Bisa Dikunjungi dengan Budget Minim dan Murah

Tempat wisata di Bali sudah pasti menarik setiap wisatawan untuk mengunjunginya.


Lima Tempat Wisata di Jakarta yang Sering Terlewatkan

Lima Tempat Wisata di Jakarta yang Sering Terlewatkan

Beberapa tempat wisata di Jakarta, seperti misalnya Monas, Taman Mini atau Kota Tua – bisa jadi sudah khatam banget kamu hafal, ya?


Lombok Mulai jadi Primadona

Lombok Mulai jadi Primadona

Nama Indonesia makin populer di mata turis Korea Selatan. Lombok menjadi destinasi wisata favorit turis Korsel.


Kyoto, Kota Tua Jepang yang Menakjubkan

Kyoto, Kota Tua Jepang yang Menakjubkan

Jepang menjadi destinasi wisata incaran wisatawan mancanegara, terutama kota Tokyo, Osaka hingga Kyoto.


Begini Indahnya Bukit Isawwa di Watukumpul, Pemalang

Begini Indahnya Bukit Isawwa di Watukumpul, Pemalang

Bukit Isawwa merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Desa Watukumpul, Kecamatan Watukumpul.


Menikmati Nuansa Hutan Cagar Alam di Moga, Pemalang

Menikmati Nuansa Hutan Cagar Alam di Moga, Pemalang

Cempaka Wulung dan Hutan Gondang Kinasih (CWGK) mulai digagas sebagai embrio di Desa Wisata Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.


Keindahan Curug Sidok Moga Kian Pikat Wisatawan

Keindahan Curug Sidok Moga Kian Pikat Wisatawan

Liburan lebaran banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berkunjung ke sejumlah lokasi wisata.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!