Berlatarbelakang Polisi, Novel Baswedan Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan, Habiburokhman: Itu kan Alumni Akpol

JAKARTA - Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan tidak lolos tes wawasan kebangsaan sebagai bagian dari proses alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini membuat Anggota Komisi III DPR Habiburokhman merasa heran.
Legislator Fraksi Gerindra itu menilai Novel memiliki latar belakang polisi, yang otomatis sudah melewati banyak tes berjenjang setelah diterima sebagai taruna akademi kepolisian (Akpol).

“Kalau tes wawasan kebangsaan, Pak Novel itu kan alumni Akpol, saya pikir ketika masuk Akpol ada pendidikan berjenjang,” kata Habiburokhman di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/5).

Pria Lampung itu menuntut pihak yang melakukan tes terhadap Novel berlaku transparan.

Misalnya mengumumkan nilai Novel saat menjalani tes, sehingga tidak lolos menjadi ASN.

“Kami dorong untuk transparan saja hasil tesnya. Kayak dahulu zaman kuliah, kalau tidak lulus diumumkan nilai kamu ini, segini di mata kuliah ini,” ujar dia dikutip dari JPNN.

Novel Baswedan telah memberikan pernyataan tentang kabar dirinya dan puluhan pegawai lembaga antirasuah tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

Mantan anggota Polri itu menganggap ada upaya menyingkirkan orang-orang berintegritas dari komisi antikorupsi tersebut.

“Upaya untuk menyingkirkan orang-orang yang berintegritas dari KPK adalah upaya lama yang terus dilakukan. Bila info tersebut benar, tentu saya terkejut karena baru kali ini upaya tersebut justru dilakukan oleh pimpinan KPK sendiri,” kata Novel melalui layanan pesan, Selasa (4/5). (jpnn/fajar/ima)

Baca Juga:

  • Wakil Gubernur Jatim Akui Berselingkuh saat Belum Kenal Arumi Bachsin.
  • Arumi Bachsin Takut Suaminya Wakil Gubernur Jatim Menikah Lagi, Emil Dardak: Punya Satu Istri Saja Sudah Repot.

Berita Terkait

Berita Terbaru