BLP Setda Brebes Beri Pemahaman dan Pembinaan Pengadaan Barang dan Jasa di Desa

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Badan Layanan dan Pengadaan (BLP) Setda setempat melaksanakan sosialisasi dan pembinaan pengadaan barang dan jasa di desa di wilayah Kecamatan Larangan, Selasa (5/7).

Kepala BLP Setda Pemkab Brebes Nur Ismawan Laksono mengatakan, sosialisasi tersebut tidak lain menindaklanjuti keprihatinan pihaknya lantaran beberapa tahun terakhir banyak permasalahan terkait pengadaan barang dan jasa di tingkat desa. Apalagi, aturan pengadaan barang dan jasa sudah ada peraturan bupati (perbup)-nya.

"Terkait pengadaan barang dan jasa ini sudah ada perbupnya sejak 2020 lalu. Yakni, Perbup Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di desa," ujarnya.

Dijelaskannya, sejauh ini pihaknya tidak hanya memiliki tanggung jawab terkait proses pendampingan barang dan jasa dari APBD ataupun APBN. Melainkan, kata dia, pihaknya juga memberikan pendampingan pengadaan barang dan jasa di tingkat desa.

"Kita harapkan adanya sosialisasi ini, desa bisa melakukan pengadaan barang dan jasa sesuai etika aturan yang ada," ujarnya.

Diketahui, tahun ini, sosialisasi ini akan dilaksanakan di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Tahun sebelumnya pihaknya juga melaksanakan sosialisasi di enam kecamatan.

"Kita harapkan, tahun depan kami akan melakukan sosialisasi di lima kecamatan. Sehingga, seluruh desa di Kabupaten Brebes bisa memahami aturan terkait pengadaan barang dan jasa," ucapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Brebes Idza Priyanti, Staf Ahli Bidang Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan (Ekbang) M. Furqon mengatakan, harapan adanya sosialisasi ini ke depan tidak ada masalah lagi terkait pengadaan barang dan jasa.

"Kita harapkan pelaksanaan pembangunan dan pengadaan barang jasa tidak ada masalah, sehingga pembangunan desa lancar dan dapat mengurangi angka kemiskinan," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Semua Polisi yang Halangi Penyidikan Tewasnya Brigadir J Bisa Dipidana, Kompolnas: Mohon Sabar.
  • Sadis! Senjata Brigadir J Disebut Dipakai Pelaku Lain untuk Buat Alibi Baku Tembak.

Berita Terbaru