Brebes Diguncang Gempa 3 Skala Richter

BREBES - Gempa dengan magnitudo 3.0 terjadi di wilayah Kabupaten Brebes wilayah selatan, Selasa (28/9). Gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Brebes wilayah selatan tersebut terjadi sekitar pukul 08.40 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie membenarkan informasi tersebut. Dikatakannya, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 3.0. Di mana, gempa bumi terletak pada koordinat 7,17 LS dan 109,03 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah Timur Laut Bumiayu Brebes pada kedalaman 11 KM.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar baribis kendeng segmen Brebes," ujarnya melalui pesan singat WhatApp.

Dijelaskannya, guncangan gempa bumi ini dirasakan dirasakan di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes II MMI. Di mana, gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda ringan yang bergoyang. Namun, sampai saat ini, pihaknya belum mendapatkan laporan terkaiy dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Untuk hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Ditambahkannya, hingga pukul 10.00 WIB dari, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Meski demikian, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, masyarakat diminta periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa dan pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya. (ded/zul)

Baca Juga:

  • Soal Cuitan Polisi Diganti Satpam Bank, Kapolri: Jangan Antikritik, Introspeksi untuk Menjadi Lebih Baik.
  • Stop Penggunaan Sinovac, Thailand Beralih Gunakan Vaksin yang Efektif Lawan Varian Baru Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru